Analisis Faktor Kesulitan Siswa dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf: Studi di Kelas VI Sekolah Dasar

  • Vina Vindya Sari Affandi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Honest Ummi Kaltsum Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Kesulitan belajar, siswa, Bahasa Indonesia

Abstract

Kesulitan Belajar adalah Keadaan di mana siswa menghadapi kesulitan dalam memenuhi tuntutan pembelajaran yang diperlukan, sehingga hasilnya belum memuaskan, merupakan tantangan tersendiri bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan faktor yang menjadi penyebab siswa SD 2 Terkesi mengalami kesulitan belajar menentukan ide pokok dan Untuk mengetahui kesulitan siswa SD 2 Terkesi dalam menentukan ide pokok. Pendekatan kualitatif dipilih karena tujuannya adalah untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang gambaran kejadian secara nyata, logis dan akurat. Data didapat melalui analisis yang kemudian dideskripsikan dengan kejadian dan memiliki tujuan utama untuk menyusun deskripsi yang sesuai, logis, dan akurat mengenai fakta yang ada. Pendekatan kualitatif diambil dalam penelitian ini untuk kegiatan yang berfokus pada siswa kelas 6 dalam menyelesaikan  soal Bahasa Indonesia tentang menentukan ide pokok paragraf, dimana peneliti dapat memberikan makna dari proses yang diteliti dan objek penelitian dibatasi dengan data – data yang factual yang dapat digali peneliti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena peneliti mengamati dan memberikan penjelasan terperinci mengenai semua aspek yang terjadi dalam suatu kegiatan atau situasi tertentu, sehingga perbandingan yang teliti dapat memberikan wawasan yang bermanfaat untuk pengembangan solusi atau tindakan yang tepat. Metode penelitian kualitatif ini juga diterapkan untuk mendapatkan informasi dari partisipan, peneliti menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi  dalam hal ini.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa  siswa VI SD 2 Terkesi yang mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok pada pembelajaran bahasa, karena kurangnya kreatifitas pendidik terhadap teknik pembelajaran yang diajarkan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik, 4(1 Maret 2017), 53–64.

Budiningtyas, A. K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menemukan Gagasan Pokok Pada Tema Cuaca Subtema Pengaruh Cuaca Bagi Kehidupan Manusia Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 75–81. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7707

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Danesi, M. (2016). What is Language? New Vico Studies, 13, 43–54. https://doi.org/10.5840/newvico1995132

Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689

Eka Oksani Harahap. (2018). No HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. BMC Microbiology, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.biotechadv.2018.09.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.bbamem.2015.10.011%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27100488%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26126908%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cbpa.2017.03.014%0Ahttps://doi.org/

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hendriana, E. C., Guru, P., Dasar, S., & Singkawang, S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. 2(1), 55–62.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261

Magdalena, I., Ulfi, N., Awaliah, S., & Tangerang, U. M. (n.d.). PADA SISWA KELAS IV DI SDN GONDRONG 2. 3, 243–252.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Dr. Marlina, S.Pd., M. S. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Group.Belajar. 183.

Maryani, Ika, dkk. (20018). Mobel Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. K- Media.

Ntelu, A. (2016). Bahasa Indonesia di perguruan tinggi (Cet.4). Ideas Publishing,.

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Puri, P. R., Samsudin, A., & Siddik, R. R. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Mi Muslimin Yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(3), 191. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i3.7171

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rostina, R. (2021). Pengembangan Paragraf Dalam Menulis Sebuah Tulisan. Juripol, 4(2), 87–95. https://doi.org/10.33395/juripol.v4i2.11063

Safira, N., & Wardana, D. (2022). Implementasi Pohon Pintar dalam Menentukan Ide Pokok Pada Siswa Kelas 5 SD Laboratorium Percontohan UPI Serang. 7(1), 279–286.

Safitri, F., Ali, F. N., & Latipah, E. (2022). Ketidakmampuan Membaca (Disleksia) dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Anak. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7713

Safitri, N. A. (2020). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 938, 6–37.

Sari, Y. D. K., Chamisijatin, L., & Santoso, B. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas Iv Dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran Di Sdn 1 Sumbersari Kota Malang. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3181

Shaffat, I. (2019). Optimized Learning Strategy. Prestasi Pustaka.

Shansabilah, L., Fadhillah, D., & Latifah, N. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Dalam Menentukan Suatu Ide Pokok Paragraf Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 94. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5706

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutama. (2019). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, PTK, mix method, R&D. Jasmine.

Syatauw, G. R., Solehun, S., & Rumaf, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 80–86. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.495

Toste, J. R., Didion, L., Peng, P., Filderman, M. J., & McClelland, A. M. (2020). A Meta-Analytic Review of the Relations Between Motivation and Reading Achievement for K–12 Students. Review of Educational Research, 90(3), 420–456. https://doi.org/10.3102/0034654320919352

Triandy, R. (2017). Pembelajaran Mengidentifikasi Ide Pokok Dalam Artikel Dengan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas X Sma Pasundan 2 Bandung. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(2), 143. https://doi.org/10.23969/literasi.v7i2.525

Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91

Published
25-05-2024
How to Cite
Vina Vindya Sari Affandi, & Honest Ummi Kaltsum. (2024). Analisis Faktor Kesulitan Siswa dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf: Studi di Kelas VI Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2453-2464. https://doi.org/10.58230/27454312.576