Analisis Kinerja Guru Penggerak dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Muhammadiyah Kota Makassar

  • Nasruni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sandi Pratama Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mamal Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Guru Penggerak, Mutu, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kinerja guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, memahami reformasi pendidikan, mengembangkan pembelajaran yang inovatif bagi siswa, dan mengembangkan program strategis pemberdayaan guru. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pemberdayaan guru, dan siswa di SMP Muhammadiyah 1 Makassar dan SMP Unismuh Makassar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan triangulasi. Hasil Penelitian menggambarkan bahwa pengembangan diri guru dapat dicapai melalui program guru penggerak yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 1 Makassar dan SMP Unismuh Makassar, keduanya merupakan sekolah Muhammadiyah terkemuka di tingkat Sekolah Menengah Pertama di Makassar. SMP Muhammadiyah 1 Makassar memiliki satu guru penggerak, sementara SMP Unismuh Makassar memiliki tiga guru penggerak. Setiap guru penggerak di sekolah-sekolah ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing. Dapat disimpulkan bahwa Guru penggerak memiliki tanggung jawab yang signifikan dalam memimpin, menginspirasi, dan membimbing siswa serta sesama guru untuk mencapai keberhasilan baik secara akademis maupun pribadi. Dengan keahlian, komitmen, dan semangat yang tinggi, guru penggerak mampu menciptakan suasana belajar yang inklusif, kreatif, dan fokus pada pencapaian hasil yang baik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Ginanjar, M. H. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02, 376–396. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37

Hamid H Lubis, S., Milfayetti, S., Lubis, M. J., & Purba, S. (2022). Peningkatan Sumber Daya Manusia Guru Melalui Program Guru Penggerak. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 823–832. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i6.441

Hidayati, Z. U. (2022). Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital Pada Era New Normal (Studi Kasus Di Mts. Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21607%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/21607/1/502190048_ZAYYINI ULFAH HIDAYATI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Komarudin, K., & Nurpratiwiningsih, L. (2023). Pelatihan Dasar Kepemimpinan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SD Negeri Pebatan 01. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 124–134. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1136

Kusumadewi, R., Susilowati, N., Hariyani, L., & Nita, A. F. (2023). Peranan Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka Era Merdeka Belajar. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 821–827. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.2692

Neny Sulviana, Happy Fitria, & Achmad Wahidy. (2021). Manajemen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management, 2, 15–31. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.624

Pribadi, R. A., Azizah, M., & ... (2023). Kinerja Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka. JISIP (Jurnal Ilmu …, 7(3), 2510–2517. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5495/http

Purwono. (2017). Konsep dan definisi. Evaluation, 16. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PUST2241-M1.pdf

Riandari, H. (2022). Mentoring Pengimbasan Pendidikan Guru Penggerak di Sekolah Binaan Tahun 2022. Jurnal Edukasi Indonesia, 3. https://www.jurnaledukasiindonesia.com/wp-content/uploads/2022/11/Henry-Riandari.pdf

Rizal, S. (2023). PENDAMPINGAN KOMUNITAS GURU RA MENJADI GURU PENGGERAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN JEMBER. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 5–24.

Saifuddin, R. (2019). Improving the Quality of Education Through Policy Synergy Between the Province, District, and City Governments. Inovasi Pembangunan –Jurnal Kelitbangan, 7(3), 253–264. http://journalbalitbangdalampung.org

Sakti, P., Raya, J., & No, H. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar Thd Kom Pedagogik. 8(2), 252–260.

Setiawan, S. Wp. (2023). PERAN GURU PENGGERAK SEBAGAI AGEN PERUBAHAN PENDIDIKAN. Jurnal Guru Kita PGSD, 4(1), 88–100.

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53

Strauss, A., & Corbin, J. (2007). Teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan. Pengolahan Air Limbah Domestik Individual Atau Semi Komunal, 189–232.

Suharsimi Arikunto. (2002). Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta, Cet.XII)an Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, Cet.XII), 107.

Swadayaningsih, M. (2020). (FGD) Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 74. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24102

Usman. (2011). Menciptakan Lingkungan Belajar dengan Latar Motivasi dalam Belajar dan Pembelajaran Menuju Terbentuknya Perkembangan Pribadi, Sosial dan Moral. Jurnal Sulesana, 6(2), 156–178.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6545480/5-peran-guru-penggerak-terpilih-dan-tanggapan-menteri-nadiem

https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/7-Manfaat-Program-Guru-Penggerak

Published
08-05-2024
How to Cite
Nasruni, Pratama, S., & Mamal. (2024). Analisis Kinerja Guru Penggerak dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Muhammadiyah Kota Makassar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1879-1888. https://doi.org/10.58230/27454312.574