Analisis Kinerja Guru Penggerak dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Muhammadiyah Kota Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kinerja guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, memahami reformasi pendidikan, mengembangkan pembelajaran yang inovatif bagi siswa, dan mengembangkan program strategis pemberdayaan guru. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pemberdayaan guru, dan siswa di SMP Muhammadiyah 1 Makassar dan SMP Unismuh Makassar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan triangulasi. Hasil Penelitian menggambarkan bahwa pengembangan diri guru dapat dicapai melalui program guru penggerak yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 1 Makassar dan SMP Unismuh Makassar, keduanya merupakan sekolah Muhammadiyah terkemuka di tingkat Sekolah Menengah Pertama di Makassar. SMP Muhammadiyah 1 Makassar memiliki satu guru penggerak, sementara SMP Unismuh Makassar memiliki tiga guru penggerak. Setiap guru penggerak di sekolah-sekolah ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing. Dapat disimpulkan bahwa Guru penggerak memiliki tanggung jawab yang signifikan dalam memimpin, menginspirasi, dan membimbing siswa serta sesama guru untuk mencapai keberhasilan baik secara akademis maupun pribadi. Dengan keahlian, komitmen, dan semangat yang tinggi, guru penggerak mampu menciptakan suasana belajar yang inklusif, kreatif, dan fokus pada pencapaian hasil yang baik.
Metrics
References
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Ginanjar, M. H. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02, 376–396. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37
Hamid H Lubis, S., Milfayetti, S., Lubis, M. J., & Purba, S. (2022). Peningkatan Sumber Daya Manusia Guru Melalui Program Guru Penggerak. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 823–832. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i6.441
Hidayati, Z. U. (2022). Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital Pada Era New Normal (Studi Kasus Di Mts. Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21607%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/21607/1/502190048_ZAYYINI ULFAH HIDAYATI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf
Komarudin, K., & Nurpratiwiningsih, L. (2023). Pelatihan Dasar Kepemimpinan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SD Negeri Pebatan 01. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 124–134. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1136
Kusumadewi, R., Susilowati, N., Hariyani, L., & Nita, A. F. (2023). Peranan Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka Era Merdeka Belajar. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 821–827. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.2692
Neny Sulviana, Happy Fitria, & Achmad Wahidy. (2021). Manajemen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management, 2, 15–31. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.624
Pribadi, R. A., Azizah, M., & ... (2023). Kinerja Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka. JISIP (Jurnal Ilmu …, 7(3), 2510–2517. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5495/http
Purwono. (2017). Konsep dan definisi. Evaluation, 16. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PUST2241-M1.pdf
Riandari, H. (2022). Mentoring Pengimbasan Pendidikan Guru Penggerak di Sekolah Binaan Tahun 2022. Jurnal Edukasi Indonesia, 3. https://www.jurnaledukasiindonesia.com/wp-content/uploads/2022/11/Henry-Riandari.pdf
Rizal, S. (2023). PENDAMPINGAN KOMUNITAS GURU RA MENJADI GURU PENGGERAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN JEMBER. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 5–24.
Saifuddin, R. (2019). Improving the Quality of Education Through Policy Synergy Between the Province, District, and City Governments. Inovasi Pembangunan –Jurnal Kelitbangan, 7(3), 253–264. http://journalbalitbangdalampung.org
Sakti, P., Raya, J., & No, H. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar Thd Kom Pedagogik. 8(2), 252–260.
Setiawan, S. Wp. (2023). PERAN GURU PENGGERAK SEBAGAI AGEN PERUBAHAN PENDIDIKAN. Jurnal Guru Kita PGSD, 4(1), 88–100.
Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53
Strauss, A., & Corbin, J. (2007). Teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan. Pengolahan Air Limbah Domestik Individual Atau Semi Komunal, 189–232.
Suharsimi Arikunto. (2002). Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta, Cet.XII)an Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, Cet.XII), 107.
Swadayaningsih, M. (2020). (FGD) Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 74. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24102
Usman. (2011). Menciptakan Lingkungan Belajar dengan Latar Motivasi dalam Belajar dan Pembelajaran Menuju Terbentuknya Perkembangan Pribadi, Sosial dan Moral. Jurnal Sulesana, 6(2), 156–178.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/7-Manfaat-Program-Guru-Penggerak
Copyright (c) 2024 Nasruni, Sandi Pratama, Mamal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.