Implementasi Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Pada Peserta Didik di MAN Palopo
Abstract
Penelitian ini bertujuan menawarkan inovasi baru dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model Mind Mapp. model ini mengoptimalkan potensi otak dalam proses PBM yang bisa memfokuskan peserta didik pada pelajaran dan bisa meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian menggunakan PTK dengan subjek peserta didik sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menjelaskan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran bahasa Arab sudah cukup baik, Dampak dari dilaksanakannya model pembelajaran Mind Mapping yaitu meningkatnya aktivitas belajar peserta didik dalam mengungkapkan pendapat, keberanian bertanya, antusiasme peserta didik dan kerjasama peserta didik dalam menyelesaikan tugas belajarnya. Selain itu, dengan bisa membuat Mind Mapping. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran Mind Mappingpun sangat tinggi. Sebagian besar siswa merasa tertarik dan tertantang untuk membuat Mind Mapping, meskipun respon siswa pada tes I persentase tertinggi peserta didik yang menjawab dapat yakni menjawab benar jawaban 83% pada pertemuan ke 7-9. Sedangkan pada tes II yakni 92% pada pertemuan ke 13-14. Berdasarkan data, pertemuan ke 13-14 materi yang dibahas adalah hiwar, peserta didik lebih merasa kesulitan dengan materi tersebut dibanding materi sebelumnya.
Metrics
References
A. Brinkmann. (2003). Graphical Knowledge Display: Mind Mapping and Concept Mapping as Efficient Tools in Mathematics Education. Mathematics Education Review, 16, 35–48.
Adodo, S. O. (2013). Effect of mind-mapping as a self-regulated learning strategy on students’ achievement in basic science and technology. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(6), 163–172. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n6p163
Aladdin, A. (2016). A Needs Analysis for the Course Materials Design of the Arabic Language Course. International Journal of Social Science and Humanity, 6(6), 423–426. https://doi.org/10.7763/ijssh.2016.v6.684
Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.01.39-56
Brinkmann, A. (2003). Graphical Knowledge Display: Mind Mapping and Concept Mapping as Efficient Tools in Mathematics Education. Mathematics Education Review, 16, 35–48.
Brosh, H. (2013). Proverbs in the Arabic Language Classroom Languages. International Journal of Humanities and Social Science, 3(5), 19–29.
Buran, A., & Filyukov, A. (2015). Mind Mapping Technique in Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 206(November), 215–218. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.010
Burgess-Allen, J., & Owen-Smith, V. (2010). Using mind mapping techniques for rapid qualitative data analysis in public participation processes. Health Expectations, 13(4), 406–415. https://doi.org/10.1111/j.1369-7625.2010.00594.x
Crowe, M., & Sheppard, L. (2012). Mind mapping research methods. Quality and Quantity, 46(5), 1493–1504. https://doi.org/10.1007/s11135-011-9463-8
Dewey, D. P., Belnap, R. K., & Hillstrom, R. (2013). Social Network Development, Language Use, and Language Acquisition during Study Abroad: Arabic Language Learners’ Perspectives. Frontiers: The Interdisciplinary Journal of Study Abroad, 22(1), 84–110. https://doi.org/10.36366/frontiers.v22i1.320
Eisele, J. (2003). Myth, values, and practice in the representation of Arabic. International Journal of the Sociology of Language, 163, 43–59. https://doi.org/10.1515/ijsl.2003.045
Fun, C. S., & Maskat, N. (2010). Teacher-Centered Mind Mapping vs Student-Centered Mind Mapping in the teaching of accounting at Pre-U level- An action research. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7(2), 240–246. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.034
Ignes Sarto. (2020). Rambu Tuka’ Sebagai Pemersatu Empat Kasta di Toraja Ignes. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(2), 137–142.
Ilham, D. (2020a). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2), 179–188.
Ilham, D. (2020b). The Challenge of Islamic Education and How to Change. International Journal of Asian Education, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.16
Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139. https://doi.org/10.29240/jba.v1i2.286
Jaya, T., Suryani, L., & Ilham, D. (2020). Pengaruh Mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Implementasi Ritual Ibadah di Masjid Pada Masyarakat Islam di Luwu Raya. Madaniya, 1(4), 177–181.
Kuraedah, S. (2013). Kinerja Supervisor dan Profesionalisme Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah di Kota Kendari AL-IZZAH Latar Belakang Supervisor adalah tenaga kependidikan yang melakukan pembinaan pada kemampuan profesional tenaga pendidik dan kepala sekolah , baik sebagai sup. Al-Izzah, 8(2), 104–123.
Nurul Zuriah dan Hari Sunaryo. (2009). Inovasi Model Pembelajaran Berperspektif Gender, Teori dan Aplikasinya di Sekolah, (p. 79). UMM Press.
Omar, T. (2017). Culture and Second Language Aquisition: Arabic Language as a Model. European Scientific Journal January, 13(2), 159–166. https://doi.org/10.19044/esj.2016.v13n2p159
Parikh, N. D. (2016). Effectiveness of Teaching through Mind Mapping Technique. The International Journal of Indian Psychology, 3(3), 148–156.
Raswan. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 121–140.
Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Biology Education, 1(3).
Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Teknik Tudassipulung. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 693–702.
http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2848
Sari, Y. I. (2020). Sisi Terang Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 89–94. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3878.89-94
Shaleh, M., & Mirnawati, M. (2020). Reinforcement Pendidikan Karakter pada Modul Bahasa
Indonesia Berbasis Budaya Lokal Tana Luwu. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil
Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 139–150.
https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1697
Umam, Moh. H. (2015). Inner Consciousness Tindakan Nabi. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.15642/teosofi.2011.1.1.1-17
Wahba, K. (2016). The Current Trends in Arabic Language Teaching Materials: Description and Analysis(Teaching and Learning Arabic). Annals of Japan Association for Middle East Studies, 31, 83–113.
Yunus. (2020). Mind Mapp Model of Religious Education Learning in Improving Reading Ability to Read The Al-Qur ’ an. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(2), 101–113.
Yunus, Y., Suardi, D. (2019). Al-Quran Learning Through Information Processing Model Ala Joyce and Weil MTs Works in The Village Lara Mulya Baebunta District District North Luwu. . . International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 104–108.
Copyright (c) 2020 Nurmiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.