Character Education Perspektif Islam
Abstract
Pada saat ini kemerosotan budaya bangsa sangat menonjol, toleransi, gotong royong, empati dan toleransi tidak lagi mudah ditemukan di masyarakat Indonesia. Bukan tidak mungkin salah satu faktor penyebab terjadinya pergeseran tersebut adalah keberadaan media sosial yang membatasi dan menghilangkan interaksi antar manusia. Karakter yang terbentuk hanyalah cerminan dari apa yang dilihat anak-anak kita melalui semua media cetak dan visual. Cara berpakaian, cara bertutur, cara menghormati orang lain seolah-olah bukan bagian dari budaya bangsa Indonesia.
Metrics
References
Abudin Nata, H. (2003) Kapita selekta Pendidikan Islam , Bandung, Penerbit Angkasa.
A.Tabrani Rusyam, M.Sutisna WD. (2008) Kesejahteraan dan Motivasi dalam meningkaatkan efektivitas kinerja Guru, Jakarta Timur, Intimedia Cipta Nusantara.
Asrori, Mohammad. (2008) Psikologi Pembelajaran, Bandung, CV.Wacana Prima, 2008.
Hakim, Lukmanul. (2008) Perencanaan Pembelajaran, Bandung, CV. Wacana Prima.
Harun Rasyid, Mansur. (2008) Penilaian Hasil belajar, Bandung, CV.Wacana Prima.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. (2008) Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Insan Madani.
Hamzah B. Uno. (2010) Profesi Kependidikan, Problema Solusi dan reformasi pendidikan di Indonesia), Jakarta: Bumi Aksara.
Mastuhu, M. (2007) Sistem Pendidikan Nasional Visioner, Tangerang: Lentera Hati
Nurkolis. (2008) Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: PT. Grasindo.
Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 693–702. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2848
Said Agil Husin Al Munawar. (2005) Aktualisasi nilai-nilai Qur’ani dalam sistem Pendidikan Islam, Ciputat: Ciputat Pres.
Samsul Nizar. (2007) Sejarah Pendidikan Islam ( Menelusuri jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia. Jakarta: Jakarta Putra Grafika.
Sukirman Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.
Suparta, Herry Noer Aly. (2008) Metodologi pengajaran Agama Islam Jakarta, Amissco Jakarta.
Tim Penyusun 70 Tahun Prof. Dr. Zakiah Darajat Perkembangan Psikologi Agama dan Pendidikan Islam di Indonesia. (1999). Ciputat: Logos.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FI UPI. (2007) Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian.III Pendidikan Disiplin Ilmu , Bandung Imperial Bhakti Utama.
Copyright (c) 2020 Muamar Asykur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.