Pengembangan video Interaktif Tari Kreasi dalam Pertunjukan CARITA di Sekolah Dasar

  • Marisha Amelia Ramadhan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Nurmetta Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Pengembangan, Video Interaktif, Tari kreasi

Abstract

Latar belakang kurangnya penggunaan media pada pembelajaran seni di SDN Cicadas khususnya di kelas VI, menjadi tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media berbasis video interaktif pada tari kreasi. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Yaitu Prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media serta diimplementasikan kepada peserta didik untuk mengetahui respon dari guru dan peserta didik. Penilaian ahli materi mendapatkan nilai rata rata 92%, ahli media mendapatkan penilaian 76%. Penilaian dari uji coba lapangan yang dilakukan oleh peserta didik melalui respon mendapatkan nilai 90%, dan penilaian dari respon guru 88% dan tes pretest dan posttest peserta didik mendapatkan nilai. Dengan demikian produk video interaktif yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran disekolah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Diyati N Z. (2022). Pengembangan Buku Digital pada Materi Wujud Benda Berorientasi Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. 13(1), 555–568.

Jailani, M. (2023). 1444 H / 2023 M. 238.

Jatmiko, D., & Poerbowati, E. (2021). Strategi Reyog Onggo Pati Di Era Kapitalisme. PARAFRASE : Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 21(1), 77–84. https://doi.org/10.30996/parafrase.v21i1.5324

Kriswati, M., Aji, G. T., Pendidikan, I., & Surakarta, U. M. (2022). Pengembangan Diri Anak Berbasis Seni di Sekolah Dasar Negeri Tegalkuniran. 2, 123–129. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.41

Latifah, F. (2023). Koreografi Tari Rancak Sumatera Di Sanggar Silodang Production Kota Padang diri mereka dalam karya seni , sebagai media penyampaian pesan , sebagai media komunikasi ,. 1(6).

Lestari, R. (2020). Keefektifan Model Number Head Together Dan Problem Based Learning Berbasis Literasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Gugus Pangeran Diponegoro Tegowanu Grobogan. 1401415397, 84. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40371

Milenial, G. (2019). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya. 2018, 113–

Pangesti, W., Nugraheni, T., Sabaria, R., Indonesia, U. P., & Indonesia, U. P. (n.d.). Tari larasati sebagai pembelajaran tari anak. 3(03), 495–504.

Rahma, N. R., & Kusnadi, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Materi Seni Tari Kreasi Pada Mata Pelajaran SBDP Di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(4), 215–232. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2064

Ramadhani, Y. P., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Tema 4 “Hidup Bersih Dan Sehat” SD Kelas II. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 509–517. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1307

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Vinlandari Wahyudi, A. (2020). Olah tubuh dan olah rasa dalam pembelajaran seni tari terhadap pengembangan karakter. Jpks, 5(2), 96–110.

Yulianti, N., Sya’idah, N., Desyandri, & Mayar, F. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1877–1882. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

TARI BEDAYA WIWAHA SANGASKARA PERSPEKTIF WIRAGA WIRAMA DAN WIRASA (Supriyanto ) , Suharji). (n.d.). https://doi.org/10.31851/sitakara

Published
31-08-2024
How to Cite
Marisha Amelia Ramadhan, Irna Khaleda Nurmetta, & Luthfi Hamdani Maula. (2024). Pengembangan video Interaktif Tari Kreasi dalam Pertunjukan CARITA di Sekolah Dasar . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4045-4056. https://doi.org/10.58230/27454312.543