Analisis Kesesuaian Modul Ajar Biologi Kelas X IPA dengan Standar Kurikulum Merdeka di SMA Swasta Purnayuda

  • Jika Saipani Universitas Labuhanbatu
  • Risma Delima Harahap Universitas Labuhanbatu
  • Ika Chastanti Universitas Labuhanbatu
Keywords: Pendidikan, Modul Ajar Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Biologi

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beraam dengan mendalami konsep daan menguatkan kompetensi. Implementasi modul ajar kurikulum merdeka belum berjalan dengan baik dikarenaklan masih terdapat kendala seperti sarana dan prasarana yan belum lengkap dan pemahaman yang masih kurang. Dengan ini penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesesuian dan kelengkapan komponen modul ajar yang disusun oleh guru biologi di SMA Swasta Purnayuda di Kecamatan Panai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik/guru biologi. Dalam teknik analisis data terdiri dari tahap (1) Pengumpulan dokumen modul ajar (2) Menganalisis isi modul ajar (3) Menentukan hasil. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam pemnyusunan modul ajar biologi di SMA Swasta Purnayuda menunjukkan tingkat kesesuaian dan kelengkapan yang bervariasi untuk setiap komponen yang dinilai. Terdapat komponen yang sesuai namun tidak lengkap, serta komponen yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hasil interpretasi diperoleh nilai mean sebesar 85,7% dengan kategori Sesuai.Meskipun hasil analisis termasuk dalam kategori “sesuai” dengan tingkat persentase 85,7%. Peneliti masih menemukan ketidaksesuaian dan ketidaklengkapan pada komponen modul ajar pembelajaran Biologi kelas X buatan guru di SMA Swasta Purnayuda Panai Tengah. Dalampembuatan modul ajar berbasis kurikulum merdeka, guru di SMA Swasta Purnayuda Panai Tengah, khususnya guru mapel biologi masih harus meningkatkan pengetahuannya dengan membaca atau mengikuti sosialisasi dan pelatihan tentang kurikulum merdeka.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Biologi, P. S., & Medan, U. N. (2016). Analysis of Biology Lesson Plan in Grade Xi Based on Ktsp and Its. 4(1), 188–195.

Djollong, A. F. (2017). KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK (Teacher’s Position As Education). Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, IV(2), 122–137. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/274

Fawaid, I. (2021). Rekonstruksi Makna Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani oleh Ki Hadjar Dewantara. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(1), 38–46. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v2i1.16

Hanifah, L. N., & Mulyaningrum, E. R. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Protista Di Sma Negeri 1 Godong. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 112–128. https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7970

Harahap, R. D., & Nazliah, R. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Biologi Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017 Di Mas Islamiyah Gunting Saga Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal Biolokus, 2(2), 194. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.536

Izzah Salsabilla, I., Jannah, E., & Keguruan dan, F. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementation of Independent Curriculum in Driving School. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rahmatika, D., Muriani, M., & Setiawati, M. (2022). Peran Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 132–138. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2733

Studi, J. (n.d.). Akademika.

Yayuk, E., & Restian, A. (2017). GURU. 1, 229–236.

Published
25-05-2024
How to Cite
Jika Saipani, Risma Delima Harahap, & Ika Chastanti. (2024). Analisis Kesesuaian Modul Ajar Biologi Kelas X IPA dengan Standar Kurikulum Merdeka di SMA Swasta Purnayuda. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2419-2432. https://doi.org/10.58230/27454312.526