Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Melalui Metode Simulasi pada KKG UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk: (1) Ingin mengetahui peningkatan kompetensi guru setelah diterapkannya metode simulasi penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada KKG UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara tahun 2018/2019 (2) Ingin mengetahui motivasi guru meningkatkan kompetensinya melalui metode simulasi penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing di kelas pada guru binaan di UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara tahun 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara.dengan jumlah guru sebanyak 10 (sepuluh) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Kompetensi guru kelas I s.d VI dan guru mata pelajaran pada KKG UPT SD Negeri 175 Pincepute Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara, dengan diterapkannya metode simulasi penerapan pembelajaran penemuan terbimbing meningkat, ditandai dengan meningkat-nya nilai rata-rata kompetensi guru dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,79%), siklus II (80.85%), siklus III (86,13%). Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode simulasi penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing telah meningkatkan motivasi guru meningkatkan kompetensinya yang ditunjukan dengan rata-rata antusiasme kelas terus meningkat.
Metrics
References
Alam, Z. I., & Razak, F. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing Untuk Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Segeri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.336
Firman, F. (2015). Terampil Menulis Karya Ilmiah (S. P. Mirnawati, Ed.). Penerbit Aksara Timur. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2847/
Firman, F., Rustan, S., Sukirman, & Nasaruddin. (2015). Program Percepatan Penuntasan Buta Aksara terhadap 100 Warga Belajar pada Masyarakat Pesisir Malangke Kab. Luwu Utara Sulawesi Selatan. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(2), 38–50. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2767/
Haloho, D. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA dengan Metode Discovery di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 Patumbak. JS (Jurnal Sekolah), 3(3), 316–322. https://doi.org/10.24114/js.v3i3.17870
Iskandar, D. (2018). Implementasi Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Management Review, 2(3), 261–270. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804
Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98–112.
Nupita, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–9.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Rahayuningsih, D. (2010). Peningkatan prestasi belajar siswa tentang konsep gaya pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode penemuan terbimbing di kelas v SD Negeri Somongari Purworejo tahun pelajaran 2009 / 2010. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/13168/Peningkatan-prestasi-belajar-siswa-tentang-konsep-gaya-pada-mata-pelajaran-IPA-dengan-menggunakan-metode-penemuan-terbimbing-di-kelas-v-SD-Negeri-Somongari-Purworejo-tahun-pelajaran-2009-2010
Riyadi, A., Mulyono, D., & Purwasi, L. A. (2018). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. JOEAI:Journal of Education and Instruction, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.240
Saridewi, F. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Sekolah Dasar. ISEJ : Indonesian Science Education Journal, 1(2), 51–68.
Sariningsih, S. (2017). Penerapan Presentasi Power Point dalam Menunjang Keberhasilan Guru Mengajar IPS sehingga dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02), Article 02. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/92
Sarjo, S. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas IV SDN 2 Seponti. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(2), 116–129.
Sulastiyo, S. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Biologi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD: Efforts to Increase Student Learning Activities and Achievements in the Field of Biological Studies through the Implementation of the STAD Type Cooperative Learning Method. BIODIK, 5(2), 121–130. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7589
Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa, 6(1), 27–38.
Winarto, R. T. T. (2012). Penerapan Zuma Chemistry Game Dengan Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Materi Unsur, Senyawa, Campuran Di Mtsn Surabaya Ii (Zuma Chemistry Application Type Game with Cooperative TGT (Teams Tournament Games) To The Materials Elements, Com. UNESA Journal of Chemical Education, 1(1), Article 1. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/173
Yetni, D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas V.A SDN 26 Painan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(3), 511–520. https://doi.org/10.34125/mp.v3i3.378
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.