Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara

  • Semuel Toding SD Negeri 234 Sumberdadi Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara
Keywords: Model Pembelajaran, TPS, Hasil Belajar

Abstract

  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Meningkatkan hasil belajar tematik Tema “Pertumbuhan Dan Perkembangan Mahluk Hidup” Subtema “Pertumbuhan Hewan”  melalui menerapkan pembelajaran koperatif tipe Tipe Think Pair Share (TPS) pada peserta didik  kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi kecamatan Tana Lili kabupaten Luwu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi kecamatan Tana Lili kabupaten Luwu Utara. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (88,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran koperatif tipe Tipe Think Pair Share (TPS) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Peserta didik SD Negeri 234 Sumberdadi kecamatan Tana Lili kabupaten Luwu Utara, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran tematik.    

 

     

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Semuel Toding, SD Negeri 234 Sumberdadi Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara

     

 

 

References

Abdullah, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Qurban dan Aqiqah Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TGT. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 4(2), 20–27. https://doi.org/10.32505/azkiya.v4i2.1181

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21.

Annisa, R., Subali, B., & Heryanto, W. P. (2018). Peningkatan Daya Ingat dan Hasil Belajar Siswa dengan Mind Mapping Method pada Materi Listrik Dinamis. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 3(1), 19–23. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p19-23

Dania, R., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2624–2636.

Fahrozi, M. (2018). Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/3093/

Hisbullah, H. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 9–24.

Kardawati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik: Konsep dan Aplikasi (2nd ed.). Cv. Ae Media Grafika.

Lubis, S. S. (2018). Pengaruh Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Kerja Kolompok Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas III SD Negeri 206 Padang Sidimpuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal LPPM, 9(2A), 43–56.

Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209670.

Puspita, H. J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kelas VB SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 5(9), 884–893.

Ramlah, R. (2018). Penerapan Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Simulasi untuk Meningkatakan Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas VII-C Tahun Pelajaran 2016/2017. http://perfeksional.jurnal.web.id/index.php/perf/article/view/7

Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 693–702. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2848

Safitri, N. M., & Wulandari, T. (2017). Perbedaan metode STAD dan TPS dalam meningkatkan kerja sama dan aktivitas belajar pada pembelajaran IPS SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.10493

Tisa Pipin Nurwantari, N. 1423305129. (2019). Implementasi Multimedia Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MI Ma’arif Nu Bumisari Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga [Skripsi, IAIN Purwokerto]. http://lib.iainpurwokerto.ac.id

Published
04-08-2020
How to Cite
Toding, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 305-318. https://doi.org/10.58230/27454312.47