Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Meningkatkan hasil belajar tematik Tema “Pertumbuhan Dan Perkembangan Mahluk Hidup” Subtema “Pertumbuhan Hewan” melalui menerapkan pembelajaran koperatif tipe Tipe Think Pair Share (TPS) pada peserta didik kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi kecamatan Tana Lili kabupaten Luwu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III UPT SD Negeri 234 Sumberdadi kecamatan Tana Lili kabupaten Luwu Utara. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (88,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran koperatif tipe Tipe Think Pair Share (TPS) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Peserta didik SD Negeri 234 Sumberdadi kecamatan Tana Lili kabupaten Luwu Utara, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran tematik.
Metrics
References
Abdullah, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Qurban dan Aqiqah Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TGT. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 4(2), 20–27. https://doi.org/10.32505/azkiya.v4i2.1181
Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21.
Annisa, R., Subali, B., & Heryanto, W. P. (2018). Peningkatan Daya Ingat dan Hasil Belajar Siswa dengan Mind Mapping Method pada Materi Listrik Dinamis. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 3(1), 19–23. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p19-23
Dania, R., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2624–2636.
Fahrozi, M. (2018). Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/3093/
Hisbullah, H. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 9–24.
Kardawati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik: Konsep dan Aplikasi (2nd ed.). Cv. Ae Media Grafika.
Lubis, S. S. (2018). Pengaruh Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Kerja Kolompok Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas III SD Negeri 206 Padang Sidimpuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal LPPM, 9(2A), 43–56.
Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209670.
Puspita, H. J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu pada Kelas VB SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 5(9), 884–893.
Ramlah, R. (2018). Penerapan Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Simulasi untuk Meningkatakan Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas VII-C Tahun Pelajaran 2016/2017. http://perfeksional.jurnal.web.id/index.php/perf/article/view/7
Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 693–702. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2848
Safitri, N. M., & Wulandari, T. (2017). Perbedaan metode STAD dan TPS dalam meningkatkan kerja sama dan aktivitas belajar pada pembelajaran IPS SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.10493
Tisa Pipin Nurwantari, N. 1423305129. (2019). Implementasi Multimedia Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MI Ma’arif Nu Bumisari Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga [Skripsi, IAIN Purwokerto]. http://lib.iainpurwokerto.ac.id
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.