Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Elemen Akhlak Terpuji melalui Metode Pembiasaan

  • Sukarman Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ayu Cahyaning Surya Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Metode Pembiasaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan upaya dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak pada pokok bahasan akhlak terpuji siswa kelas VIII SMP Islam Raudlatut Tholibin Jambu Sari, (2) menjelaskan penggunaan metode pembiasaan dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak pada pokok bahasan akhlak terpuji siswa kelas VIII SMP Islam Raudlatut Tholibin Jambu Sari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (studi lapangan) dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlatar di SMP Islam Raudlatut Tholibin Jambu Sari. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) upaya dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak pada pokok bahasan akhlak terpuji yang dilakukan di SMP Islam Raudlatut Tholibin Jambu Sari, meliputi tiga bentuk pembelajaran diantaranya ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. (2) penggunaan metode pembiasaan dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak pada pokok bahasan akhlak terpuji yaitu dengan cara proses penanaman kebiasaan. Dikatakan demikian, karena metode pembiasaan sebagai bentuk pendidikan yang prosesnya dilakukan secara bertahap, dan pembiasaan tersebut sebagai teknik pendidikan yang dilakukan dengan membiasakan sifat-sifat akhlak terpuji.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andarusni, Mariyani. 2020. “Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan,.” Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pembangunan Pendidikan Sejarah 05: 2.

Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.” Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, 172.

Arikunto, Suharsini. 2007.” Penelitian Tindakan Kelas 2: 14. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Basrowi, and Suwadi. 2008.” Memahami Penelitian Kualitatif, 158.

Gunawan, Imam. 2016. “Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik.” Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik, 211.

Hatta, David Mohammad. 2022. “Komunitas Mafia Sholawat : Pembinaan Kaum Marginal Di Desa Kedungmutih Demak” 4, no. 1: 6.

Indrawati. 2018. “Metode Penelitian Kualitatif,” 188. file:///C:/Users/Acer/Downloads/Documents/6 BAB III.pdf.

Mahjuddin. 2009. “Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik Pada Anak Usia Dini Di RA Asysyarifah Gambir Jakarta Pusat,” 3.

Mahmud. 2011.” Metode Penelitian Pendidikan, 152. file:///C:/Users/Acer/Downloads/Documents/FILE 6 BAB III.pdf.

Moleong, Lexy J. 2000. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Metodologi Penelitian Kualitatif, 4.

Muhajir, Neong. 2002. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Metodologi Penelitian Kualitatif, 142.

Nasution. 2009. “Metode Research (Penelitian Ilmiah.” Metode Research (Penelitian Ilmiah), 144.

Sugiono. 2008.” Metode Penelitian Kualitaif Dan Kuantitatif, 145. file:///C:/Users/Acer/Downloads/Documents/933412116_bab3.pdf.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,(Mixed Methods). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,(Mixed Methods). Bandung.

Sukarman. 2017. “Reaktualisasi Konsep Tri Pusat Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 5: 21.

Suprijanto. 2007. “Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), 6.,” 6. file:///C:/Users/Acer/Downloads/BAB_II penddkan formal.pdf.

Yusuf, Muri. 2014. “Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan.” Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan, 372.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Published
23-08-2024
How to Cite
Sukarman, & Ayu Cahyaning Surya. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Elemen Akhlak Terpuji melalui Metode Pembiasaan . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3967-3978. https://doi.org/10.58230/27454312.448