Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Topik Perambatan Kalor Menggunakan Rasch Model

Keywords: Pemahaman Konsep, Rasch Model, Perambatan Kalor

Abstract

Analisis pemahaman konsep peserta didik pada topik perambatan kalor dengan menggunakan Rasch Model masih  belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep peserta didik pada materi perambatan kalor dengan menggunakan pemodelan Rasch. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Partisipan uji pemahaman konsep perambatan kalor berasal dari salah satu MAN di kabupaten Bandung, yang mengikuti sebanyak 18 peserta didik dengan rincian 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki, rentang umur peserta didik yaitu 15-16 tahun. Instrumen penelitian terdiri dari 15 soal perambatan kalor berbentuk pilihan ganda yang disebarkan melalui google form yang diisi secara online oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar dari nilai logit peserta didik dibawah 0,0 logit, dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep perambatan kalor pada peserta didik masih rendah. Terdapat tiga peserta didik yang memiliki pola jawaban tidak sesuai, diindikasikan peserta didik tersebut tidak menjawab soal dengan sungguh-sungguh. Pemodelan Rasch mampu menganalisis pemahaman konsep dengan baik dan jelas sehingga perlu digunakan oleh para pendidik untuk menganalisis kemampuan dan hasil peserta didik.

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Ika Mustika Sari, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Fisika

Duden Saepuzaman, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Fisika

References

Al Ali, R. M. A., & Shehab, R. T. (2020). Psychometric Properties of Social Perception of Mathematics:‎‎ Rasch Model Analysis. International Education Studies, 13(12), 102. https://doi.org/10.5539/ies.v13n12p102

Aydin Ceran, S., & Ates, S. (2020). Conceptual Understanding Levels of Students with Different Cognitive Styles: An Evaluation in Terms of Different Measurement Techniques. Eurasian Journal of Educational Research, 20(88), 1–30. https://doi.org/10.14689/ejer.2020.88.7

Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN ISNTRUMEN BERBANTUKAN QUIZIZZ. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1707

Banda, H. J., & Nzabahimana, J. (2021). Effect of integrating physics education technology simulations on students’ conceptual understanding in physics: A review of literature. Physical Review Physics Education Research, 17(2), 023108. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.17.023108

Che Lah, N. H., Tasir, Z., & Jumaat, N. F. (2022). An Evaluation of the Online Social Learning Environment Instrument (OSLEI) Using Rasch Model Analysis. SAGE Open, 12(2), 215824402211040. https://doi.org/10.1177/21582440221104083

Dafrita, I. E., & Nurmaningsih, N. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KALKULUS INTEGRAL BERBASIS APLIKASI WXMAXIMA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 62. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.28421

Dwinata, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Pemodelan RASCH pada Materi Permutasi dan Kombinasi. 2.

Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 21. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.29609

Iswanto, I. H., & Wulandari, A. Y. R. (2022). IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI MTS AGUNG MULIA.

Kurli, H., Haliqah, N., & Anekawati, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SMP MENGGUNAKAN RASCH MODEL.

Lestari, A., & Samsudin, A. (2020). Using Rasch Model Analysis to Analyze Students’ Scientific Literacy on Heat and Temperature. Proceedings of the Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education International Seminar, MSCEIS 2019, 12 October 2019, Bandung, West Java, Indonesia. Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education International Seminar, MSCEIS 2019, 12 October 2019, Bandung, West Java, Indonesia, Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296483

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). THE ABILITY OF STUDENTS’ CONCEPTUAL UNDERSTANDING IN COMPLETING STORY PROBLEMS ON MATHEMATICS. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(2), 123. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v12i2.43354

Nofendra, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL JARING MAKANAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 SANGGAU LEDO. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 97. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27627

Rosiqoh, R., & Suhendi, E. (2021). Using Rasch model analysis to analyse students’ mastery of concept on newton law. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1), 012077. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012077

Serway, R. A., & Vuille, C. (2012). College physics (9th ed). Brooks/Cole, Cengage Learning.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Model Rasch Pada Assesment Pendidikan. Trim Komunikata Publishing House.

Taqwa, M. R. A., Priyadi, R., & Rivaldo, L. (2019). PEMAHAMAN KONSEP SUHU DAN KALOR MAHASISWA CALON GURU. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 56. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1547

Winarti, W. T., Yuliani, H., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2021). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 47. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789

Yeo, S., & Zadnik, M. (2001). Introductory thermal concept evaluation: Assessing students’ understanding. The Physics Teacher, 39(8), 496–504. https://doi.org/10.1119/1.1424603

Published
14-04-2024
How to Cite
Widia Linta Nurjanah, Ika Mustika Sari, & Duden Saepuzaman. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Topik Perambatan Kalor Menggunakan Rasch Model. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1361-1374. https://doi.org/10.58230/27454312.442