Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah Wali Songo Asy-Syirbaany Tangerang Selatan
Abstract
Dalam konteks pendidikan, kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan potensi sumber daya madrasah. Kepala madrasah memiliki tanggung jawab untuk memimpin dan mengelola semua aspek kegiatan pendidikan, termasuk guru, siswa, kurikulum, pengembangan program, serta hubungan dengan orang tua dan masyarakat. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara lebih mendalam tentang penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam konteks pendidikan Islam dan untuk memahami bagaimana kepemimpinan transformasional dapat berkontribusi dalam mengangkat standar pendidikan dan meningkatkan kinerja sekolah dalam hal mutu pendidikan di sekolah. Kepala madrasah mengadopsi strategi yang mencakup tiga tahap, yaitu input, proses, dan output. Dalam input, seleksi ketat diterapkan baik untuk siswa baru maupun guru. Proses pembelajaran juga diberikan perhatian serius untuk menghasilkan output yang berkualitas. Strategi tersebut saling terkait dan mendukung satu sama lain. Kepemimpinan kepala madrasah yang inklusif, bijaksana, dan fokus pada peningkatan mutu pendidikan telah berdampak positif pada keseluruhan lingkungan pendidikan di MI Wali Songo Asy-Syirbaany.
Metrics
References
Aldulaimi, S. H. (2018). Leadership Development Program And Leaders Performance For Mid-Level Managers In Saudi Petroleum Company, Aramco. Arab Economic And Business Journal, 13(1), 15–24. Https://Doi.Org/10.1016/J.Aebj.2018.02.001
Asrar-Ul-Haq, M., & Anwar, S. (2018). The Many Faces Of Leadership: Proposing Research Agenda Through A Review Of Literature. Future Business Journal, 4(2), 179–188. Https://Doi.Org/10.1016/J.Fbj.2018.06.002
Bashori. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 73–84. Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V3i2.535
Berkovich, I., & Eyal, O. (2021). Transformational Leadership, Transactional Leadership, And Moral Reasoning. Leadership And Policy In Schools, 20(2), 131–148. Https://Doi.Org/10.1080/15700763.2019.1585551
Ghufron, G. (2020). Teori-Teori Kepemimpinan. Fenomena, 19(1), 73–79. Https://Doi.Org/10.35719/Fenomena.V19i1.34
Handayani, P., Astaivada, T., Aisyah, N., & Isa Anshori, M. (2023). Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(3), 84–101. Https://Doi.Org/10.59581/Jmki-Widyakarya.V1i3.695
Harsoyo, R. (2022). Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass Dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal Of Islamic Education Management, 3(2), 247–262. Https://Doi.Org/10.21154/Sajiem.V3i2.112
Howell, J. L., Bullington, K. E., Gregory, D. E., Williams, M. R., & Nuckols, W. L. (2022). Transformational Leadership In Higher Education Programs. Journal Of Higher Education Policy And Leadership Studies, 3(1), 51–66. Https://Doi.Org/10.52547/Johepal.3.1.51
Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 119–129. Https://Doi.Org/10.22373/Pjp.V10i3.12187
Islam, M. N., Furuoka, F., & Idris, A. (2021). Mapping The Relationship Between Transformational Leadership, Trust In Leadership And Employee Championing Behavior During Organizational Change. Asia Pacific Management Review, 26(2), 95–102. Https://Doi.Org/10.1016/J.Apmrv.2020.09.002
Kristen Satya Wacana, U., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99–110. Https://Doi.Org/10.24246/J.Jk.2022.V9.I1.P99-110
Kurniawati, N. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 583–595. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i1.1395
Marce, S., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Dawuh : Islamic Communication Journal, 1(3), 76–81. Https://Siducat.Org/Index.Php/Dawuh/Article/View/138
Mashar, A. (2019). Manajemen Strategik Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 39–54. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V4i1.5268
Miles, B. M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In Icb Research Reports (Issue 9). Sage Publications.
Munif, M., Patoni, A., & Maunah, B. (2023). Pengaruh Dimensi Kepemimpinan Transformational Terhadap Budaya Kerja. Jmpi: Jurnal Manajemen, Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 71–83. Https://Journal.As-Salafiyah.Id/Index.Php/Jmpi/Article/View/23
Nur Supriadi, Y., Imanuddin, D., & Mutaqin, Z. (2021). Peran Religio Transformational Leadership Dan Komitmen Organisasi Dan Bagaimana Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Mediasi Sharia Engagement. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 99–116. Https://Doi.Org/10.46306/Vls.V1i1.8
Rahayu Selvia, R. (2018). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri. Jmsp (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 2(3), 192–201. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jmsp/Article/View/4653
Reiche, B. S., Bird, A., Mendenhall, M. E., & Osland, J. S. (2017). Contextualizing Leadership: A Typology Of Global Leadership Roles. Journal Of International Business Studies, 48(5), 552–572. Https://Doi.Org/10.1057/S41267-016-0030-3
Sa’adah, K., Ainol, & Izzah, I. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Probolinggo. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 120–135. Https://Doi.Org/10.54396/Alfahim.V5i1.553
Septyan, F. B., Musadieq, M. Al, & Mukzam, M. D. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi Dan Kinerja (Studi Pada Karyawan Cv. Jade Indopratama Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 53(1), 81–88. Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/2185
Sofiah Sinaga, N., Aprilinda, D., & Putra Budiman, A. (2021). Konsep Kepemimpinan Transformasional. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 840–846. Https://Doi.Org/10.36418/Cerdika.V1i7.123
Suriagiri, H. (2020). Kepemimpinan Transformasional (D. Hermina, Ed.). Cv. Radja Publika. Http://Idr.Uin-Antasari.Ac.Id/18437/1/Kepemimpinan%20transformasional.Pdf
Susiloningsih, & Munadi, M. (2023). Strategi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di Mts Negeri 1 Karanganyar. Academy Of Education Journal, 14(2), 186–211. Https://Doi.Org/10.47200/Aoej.V14i2.1218
Taufik, M. B. K. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01). Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Pendidikan/Article/View/3170
Usman, H. (2016). Manajemen Pendidikan. Pt Bumi Aksara.
Wahyuni, F., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal Of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. Https://Doi.Org/10.21154/Sajiem.V2i2.51
Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Adi Wibowo (Vol. 3, Issue 2).
Widayati, C., Rahardjo, T. H., & Febriyanti, M. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Dan Kompensasi Teerhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi, 22(3). Https://Doi.Org/10.24912/Je.V22i3.286
Yukl, G. (2016). An Evaluation Of Conceptual Weaknesses In Transformational And Charismatic Leadership. Https://Doi.Org/10.1016/S1048-9843(99)00013-2
Copyright (c) 2024 Farid Ahmad, Ahmad Farid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.