Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah Wali Songo Asy-Syirbaany Tangerang Selatan

  • Sugiarto Universitas Negeri Jakarta
  • Ahmad Farid Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kepemimpinan, Transformasional, Mutu Madrasah

Abstract

Dalam konteks pendidikan, kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan potensi sumber daya madrasah. Kepala madrasah memiliki tanggung jawab untuk memimpin dan mengelola semua aspek kegiatan pendidikan, termasuk guru, siswa, kurikulum, pengembangan program, serta hubungan dengan orang tua dan masyarakat. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara lebih mendalam tentang penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam konteks pendidikan Islam dan untuk memahami bagaimana kepemimpinan transformasional dapat berkontribusi dalam mengangkat standar pendidikan dan meningkatkan kinerja sekolah dalam hal mutu pendidikan di sekolah. Kepala madrasah mengadopsi strategi yang mencakup tiga tahap, yaitu input, proses, dan output. Dalam input, seleksi ketat diterapkan baik untuk siswa baru maupun guru. Proses pembelajaran juga diberikan perhatian serius untuk menghasilkan output yang berkualitas. Strategi tersebut saling terkait dan mendukung satu sama lain. Kepemimpinan kepala madrasah yang inklusif, bijaksana, dan fokus pada peningkatan mutu pendidikan telah berdampak positif pada keseluruhan lingkungan pendidikan di MI Wali Songo Asy-Syirbaany.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aldulaimi, S. H. (2018). Leadership Development Program And Leaders Performance For Mid-Level Managers In Saudi Petroleum Company, Aramco. Arab Economic And Business Journal, 13(1), 15–24. Https://Doi.Org/10.1016/J.Aebj.2018.02.001

Asrar-Ul-Haq, M., & Anwar, S. (2018). The Many Faces Of Leadership: Proposing Research Agenda Through A Review Of Literature. Future Business Journal, 4(2), 179–188. Https://Doi.Org/10.1016/J.Fbj.2018.06.002

Bashori. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 73–84. Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V3i2.535

Berkovich, I., & Eyal, O. (2021). Transformational Leadership, Transactional Leadership, And Moral Reasoning. Leadership And Policy In Schools, 20(2), 131–148. Https://Doi.Org/10.1080/15700763.2019.1585551

Ghufron, G. (2020). Teori-Teori Kepemimpinan. Fenomena, 19(1), 73–79. Https://Doi.Org/10.35719/Fenomena.V19i1.34

Handayani, P., Astaivada, T., Aisyah, N., & Isa Anshori, M. (2023). Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(3), 84–101. Https://Doi.Org/10.59581/Jmki-Widyakarya.V1i3.695

Harsoyo, R. (2022). Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass Dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal Of Islamic Education Management, 3(2), 247–262. Https://Doi.Org/10.21154/Sajiem.V3i2.112

Howell, J. L., Bullington, K. E., Gregory, D. E., Williams, M. R., & Nuckols, W. L. (2022). Transformational Leadership In Higher Education Programs. Journal Of Higher Education Policy And Leadership Studies, 3(1), 51–66. Https://Doi.Org/10.52547/Johepal.3.1.51

Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 119–129. Https://Doi.Org/10.22373/Pjp.V10i3.12187

Islam, M. N., Furuoka, F., & Idris, A. (2021). Mapping The Relationship Between Transformational Leadership, Trust In Leadership And Employee Championing Behavior During Organizational Change. Asia Pacific Management Review, 26(2), 95–102. Https://Doi.Org/10.1016/J.Apmrv.2020.09.002

Kristen Satya Wacana, U., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99–110. Https://Doi.Org/10.24246/J.Jk.2022.V9.I1.P99-110

Kurniawati, N. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 583–595. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i1.1395

Marce, S., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Dawuh : Islamic Communication Journal, 1(3), 76–81. Https://Siducat.Org/Index.Php/Dawuh/Article/View/138

Mashar, A. (2019). Manajemen Strategik Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 39–54. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V4i1.5268

Miles, B. M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In Icb Research Reports (Issue 9). Sage Publications.

Munif, M., Patoni, A., & Maunah, B. (2023). Pengaruh Dimensi Kepemimpinan Transformational Terhadap Budaya Kerja. Jmpi: Jurnal Manajemen, Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 71–83. Https://Journal.As-Salafiyah.Id/Index.Php/Jmpi/Article/View/23

Nur Supriadi, Y., Imanuddin, D., & Mutaqin, Z. (2021). Peran Religio Transformational Leadership Dan Komitmen Organisasi Dan Bagaimana Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Mediasi Sharia Engagement. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 99–116. Https://Doi.Org/10.46306/Vls.V1i1.8

Rahayu Selvia, R. (2018). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri. Jmsp (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 2(3), 192–201. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jmsp/Article/View/4653

Reiche, B. S., Bird, A., Mendenhall, M. E., & Osland, J. S. (2017). Contextualizing Leadership: A Typology Of Global Leadership Roles. Journal Of International Business Studies, 48(5), 552–572. Https://Doi.Org/10.1057/S41267-016-0030-3

Sa’adah, K., Ainol, & Izzah, I. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Probolinggo. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 120–135. Https://Doi.Org/10.54396/Alfahim.V5i1.553

Septyan, F. B., Musadieq, M. Al, & Mukzam, M. D. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi Dan Kinerja (Studi Pada Karyawan Cv. Jade Indopratama Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 53(1), 81–88. Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/2185

Sofiah Sinaga, N., Aprilinda, D., & Putra Budiman, A. (2021). Konsep Kepemimpinan Transformasional. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 840–846. Https://Doi.Org/10.36418/Cerdika.V1i7.123

Suriagiri, H. (2020). Kepemimpinan Transformasional (D. Hermina, Ed.). Cv. Radja Publika. Http://Idr.Uin-Antasari.Ac.Id/18437/1/Kepemimpinan%20transformasional.Pdf

Susiloningsih, & Munadi, M. (2023). Strategi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di Mts Negeri 1 Karanganyar. Academy Of Education Journal, 14(2), 186–211. Https://Doi.Org/10.47200/Aoej.V14i2.1218

Taufik, M. B. K. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01). Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Pendidikan/Article/View/3170

Usman, H. (2016). Manajemen Pendidikan. Pt Bumi Aksara.

Wahyuni, F., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal Of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. Https://Doi.Org/10.21154/Sajiem.V2i2.51

Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Adi Wibowo (Vol. 3, Issue 2).

Widayati, C., Rahardjo, T. H., & Febriyanti, M. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Dan Kompensasi Teerhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi, 22(3). Https://Doi.Org/10.24912/Je.V22i3.286

Yukl, G. (2016). An Evaluation Of Conceptual Weaknesses In Transformational And Charismatic Leadership. Https://Doi.Org/10.1016/S1048-9843(99)00013-2

Published
05-05-2024
How to Cite
Sugiarto, & Ahmad Farid. (2024). Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan mutu Madrasah Ibtidaiyah Wali Songo Asy-Syirbaany Tangerang Selatan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1767-1780. https://doi.org/10.58230/27454312.429