Pengembangan LKPD Pemodelan Matematika Menggunakan Konteks Perubahan Iklim pada Materi Menggunakan Data di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis pembelajaran pemodelan matematika menggunakan konteks perubahan iklim yang valid dan praktis, dan (2) memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemodelan matematika siswa dari pengembangan LKPD berbasis pembelajaran pemodelan matematika menggunakan konteks perubahan iklim. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Subjek penelitian ini adalah LKPD berbasis pembelajaran pemodelan matematika menggunakan konteks perubahan iklim dengan responden siswa kelas VII.5 SMP Negeri 3 Batang Hari tahun ajaran 2022/2023 yang melibatkan 32 siswa. Metode penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dengan walkthrough, observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menghasilkan: (1) LKPD pemodelan matematika menggunakan konteks perubahan iklim yang valid dan praktis, dan (2) LKPD pemodelan matematika yang memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemodelan matematika siswa.
Metrics
References
Akker, J. V. D., dkk (1999). Principle and Method of Development Research. London: Kluwer Academic Publisher .
Arseven, Ayla. (2015). Mathematical Modelling Approach in Mathematics Education. Universal Journal of Educational Research, 3(12): 973-980.
Bahmai, Farzad. (2011). Mathematical Modelling in Primary School, Advantages and Challenges. Journal of Mathematical Modelling and Aplication 2011. Vol.1, No. 9, 3-13.
Baihaqi Ahmad (2019). Ketidakpastian dalam Pemodelan Perubahan Iklim. Pusat Penelitian Oseanografi – LIPI. Oseana, Volume 44, Nomor 1 Tahun 2019 : 38 - 53 p-ISSN: 0216-1877, e-ISSN: 2714-7185
Blis, K., & Libertiny, J. (2016). What is Mathematical Modelling?. USA: Society for Industrial and Applied Mathematics.
Blum, Werner & Ferri, R. Borromeo;. (2009). Mathematical Modelling: Can It Be Taught And Learnt?. Journal of Mathematical Modelling and Aplication 2009. Vol.1, No. 1, 45-58. Bonotto
BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika). (2011). Evaluasi cuaca dan sifat hujan Bulan Agustus 2011 serta prakiraan cuaca dan sifat hujan Bulan September 2011. BulletinMetereologi. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Metereologi Otorita Batam 1:39 .
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Cinzia. (2010). Engaging Students in Mathematical Modelling and Problem Solving Activities. Journal of Mathematical Modelling and Aplication 2010, Vol.1, No. 3, 18-32. Brookhart.
Cheng, A. K. (2001). Teaching Mathematical Modelling in Singapore School. The Mathematics Educator 2001, Vol. 6, No. 1, 63-75.
Cheng, A. K. (2006). Mathematical Modelling Technology and H3 Mathematic. Singapore: Nanyang Technological University. The Mathematics Educator 2006, Vol. 9. No. 2, 33-47.
Danzing, G.B., & Thapa, M. N. (1997). Linear Programming. Spinger.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Dyurgerov, M. B. and M. F. Meier. 2000. Twentieth century climate change: Evidence from small glaciers. Pnas 97: 1406–1411.
English, L. D. (2006). Mathematical Modelling in the Primary School. Australia: Queensland University of Technology.
Fitriyah (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Pemodelan Matematika Menggunakan Konteks Sains untuk Peserta didik Kelas X. Skripsi Palembang: FKIP Unsri.
Goosse, H.,P. Y. Barriat, W. Lefebvre, M. F. Loutre and V. Zunz. 2010. Introduction to Climate Dynamics and Climate Change. Onlime book available at www. climate.be/textbook/
Hidiroglu, G. N & Guzel (2016). The Conseptualization of the Mathematical Modelling Process in Technology-Aidea environment. Turkey: International Journal of Technology in Mathematics Education, Vol. 24, No. 1.
Hillier., F. S., & Lieberman, G. J. (2005). Introduction to Operation Research (8th Edition). New York: The McGraw-Hill Companies. Inc
Hinzman, L.D., N.D. Bettez, W. R. Bolton, F. S. Chapin, M. B. Dyurgerov, C. L. Fastie, B. Griffith, R. D. Hollister, A. Hope, H. P. Huntington, A. M. Jensen, G. J. Jia, T. Jorgensen,
D. L. Kane, D. R. Klein, G. Kofinas, A. H. Lynch, A. H. Lloyd, A. D. McGuire, F. E. Nelson, W. C. Oechel, T. E. Oesterkamp, C. H. Racine, V. E. Romanovsky, R. S. Stone, D.
A. Stow, M. Sturm, C. E. Tweedie , G. L. Vourlitis, M. D. Walker, D. A. Walker, P. J. Webber, J. M. Welker, K. S. Winker and K.Yoshikawa. (2005). Evidence and Implications of Recent Climate Change in Northern Alaska and Other Arctic Regions. Climate Change 72: 251-298.
Intergovernmental Panel of Climate Change (IPCC) (2007). Synthesis Report. Geneva: Intergovernmental Panel on Climate Change.
Kemendikbud. (2017). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2017. Jakarta: Balitbang, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 129- 132.
Nadiah, Darmowijoyo & Aisyah. N. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Pemodelan Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Di SMN 18 Palembang. Skripsi, Inderalaya: FKIP Unsri.
Nieven, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam J.v.d Akker (Ed). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher, hlm. 125-135.
NCTM. (2000). Principle and Standars for School Mathematics.
Nursyarifah, N., Suryana, Y., & Lidinillah, D. A. (2016). Penggunaan Pemodelan Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Peserta didik Sekolah Dasar.
Parsons, L.S. and W. H Lear. 2001. Climate variability and marine ecosystem impacts: A north Atlantic perspective. Progress in Oceanography 49: 167–18
Copyright (c) 2023 Dwi Panggih Nugrahaini Ningtyas, Yusuf Hartono, Nyimas Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.