Pengembangan LKPD Pemodelan Matematika Menggunakan Konteks Perubahan Iklim pada Materi Menggunakan Data di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

  • Dwi Panggih Nugrahaini Ningtyas Magister Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Yusuf Hartono Universitas Sriwijaya
  • Nyimas Aisyah Universitas Sriwijaya
Keywords: Pengembangan, LKPD, Pemodelan Matematika, Perubahan Iklim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis pembelajaran pemodelan matematika menggunakan konteks perubahan iklim yang valid dan praktis, dan (2) memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemodelan matematika siswa dari pengembangan LKPD berbasis pembelajaran pemodelan matematika menggunakan konteks perubahan iklim. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Subjek penelitian ini adalah LKPD berbasis pembelajaran pemodelan matematika menggunakan konteks perubahan iklim dengan responden siswa kelas VII.5 SMP Negeri 3 Batang Hari tahun ajaran 2022/2023 yang melibatkan 32 siswa. Metode penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dengan walkthrough, observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menghasilkan: (1) LKPD pemodelan matematika menggunakan konteks perubahan iklim yang valid dan praktis, dan (2) LKPD pemodelan matematika yang memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemodelan matematika siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akker, J. V. D., dkk (1999). Principle and Method of Development Research. London: Kluwer Academic Publisher .

Arseven, Ayla. (2015). Mathematical Modelling Approach in Mathematics Education. Universal Journal of Educational Research, 3(12): 973-980.

Bahmai, Farzad. (2011). Mathematical Modelling in Primary School, Advantages and Challenges. Journal of Mathematical Modelling and Aplication 2011. Vol.1, No. 9, 3-13.

Baihaqi Ahmad (2019). Ketidakpastian dalam Pemodelan Perubahan Iklim. Pusat Penelitian Oseanografi – LIPI. Oseana, Volume 44, Nomor 1 Tahun 2019 : 38 - 53 p-ISSN: 0216-1877, e-ISSN: 2714-7185

Blis, K., & Libertiny, J. (2016). What is Mathematical Modelling?. USA: Society for Industrial and Applied Mathematics.

Blum, Werner & Ferri, R. Borromeo;. (2009). Mathematical Modelling: Can It Be Taught And Learnt?. Journal of Mathematical Modelling and Aplication 2009. Vol.1, No. 1, 45-58. Bonotto

BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika). (2011). Evaluasi cuaca dan sifat hujan Bulan Agustus 2011 serta prakiraan cuaca dan sifat hujan Bulan September 2011. BulletinMetereologi. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Metereologi Otorita Batam 1:39 .

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Cinzia. (2010). Engaging Students in Mathematical Modelling and Problem Solving Activities. Journal of Mathematical Modelling and Aplication 2010, Vol.1, No. 3, 18-32. Brookhart.

Cheng, A. K. (2001). Teaching Mathematical Modelling in Singapore School. The Mathematics Educator 2001, Vol. 6, No. 1, 63-75.

Cheng, A. K. (2006). Mathematical Modelling Technology and H3 Mathematic. Singapore: Nanyang Technological University. The Mathematics Educator 2006, Vol. 9. No. 2, 33-47.

Danzing, G.B., & Thapa, M. N. (1997). Linear Programming. Spinger.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dyurgerov, M. B. and M. F. Meier. 2000. Twentieth century climate change: Evidence from small glaciers. Pnas 97: 1406–1411.

English, L. D. (2006). Mathematical Modelling in the Primary School. Australia: Queensland University of Technology.

Fitriyah (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Pemodelan Matematika Menggunakan Konteks Sains untuk Peserta didik Kelas X. Skripsi Palembang: FKIP Unsri.

Goosse, H.,P. Y. Barriat, W. Lefebvre, M. F. Loutre and V. Zunz. 2010. Introduction to Climate Dynamics and Climate Change. Onlime book available at www. climate.be/textbook/

Hidiroglu, G. N & Guzel (2016). The Conseptualization of the Mathematical Modelling Process in Technology-Aidea environment. Turkey: International Journal of Technology in Mathematics Education, Vol. 24, No. 1.

Hillier., F. S., & Lieberman, G. J. (2005). Introduction to Operation Research (8th Edition). New York: The McGraw-Hill Companies. Inc

Hinzman, L.D., N.D. Bettez, W. R. Bolton, F. S. Chapin, M. B. Dyurgerov, C. L. Fastie, B. Griffith, R. D. Hollister, A. Hope, H. P. Huntington, A. M. Jensen, G. J. Jia, T. Jorgensen,

D. L. Kane, D. R. Klein, G. Kofinas, A. H. Lynch, A. H. Lloyd, A. D. McGuire, F. E. Nelson, W. C. Oechel, T. E. Oesterkamp, C. H. Racine, V. E. Romanovsky, R. S. Stone, D.

A. Stow, M. Sturm, C. E. Tweedie , G. L. Vourlitis, M. D. Walker, D. A. Walker, P. J. Webber, J. M. Welker, K. S. Winker and K.Yoshikawa. (2005). Evidence and Implications of Recent Climate Change in Northern Alaska and Other Arctic Regions. Climate Change 72: 251-298.

Intergovernmental Panel of Climate Change (IPCC) (2007). Synthesis Report. Geneva: Intergovernmental Panel on Climate Change.

Kemendikbud. (2017). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2017. Jakarta: Balitbang, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 129- 132.

Nadiah, Darmowijoyo & Aisyah. N. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Pemodelan Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Di SMN 18 Palembang. Skripsi, Inderalaya: FKIP Unsri.

Nieven, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam J.v.d Akker (Ed). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher, hlm. 125-135.

NCTM. (2000). Principle and Standars for School Mathematics.

Nursyarifah, N., Suryana, Y., & Lidinillah, D. A. (2016). Penggunaan Pemodelan Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Peserta didik Sekolah Dasar.

Parsons, L.S. and W. H Lear. 2001. Climate variability and marine ecosystem impacts: A north Atlantic perspective. Progress in Oceanography 49: 167–18

Published
21-12-2023
How to Cite
Ningtyas, D. P. N., Yusuf Hartono, & Nyimas Aisyah. (2023). Pengembangan LKPD Pemodelan Matematika Menggunakan Konteks Perubahan Iklim pada Materi Menggunakan Data di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 947-964. https://doi.org/10.58230/27454312.338