Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Strategi Image Streaming Siswa Kelas IX SMPN 2 Kota Bengkulu
Abstract
Cerita pendek merupakan suatu gambaran tentang kondisi, kejadian tokoh beserta segala konflik dan penyelesainnya yang ditulis secara singkat. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen menggunakan Strategi Image streaming siswa kelas IX SMPN 2 Kota bengkulu. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data dalam peneitian ini adalah 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan tindakan dan 4) refleksi. hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan Strategi Image Streaming dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Hal itu terlihat dari skor nilai rata-rata siklus I 69,9, siklus II menjadi 74,5, dan siklus III menjadi 76,6 dengan presentase peningkatan siklus I 27%, siklus II 40% dan siklus III 78%. Hasil penelitian menunjukkan penggunakan Strategi Image Streaming dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMPN 2 Kota Bengkulu.
Kata kunci : , ,
Metrics
References
Adrean, Arifin, Muh, Z., Paulia, S., & Windri Astuti, C. (2022). Nilai Moral Karya Sastra Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono). Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(1), 1–7.
Agustinur, I., Julia, P., & Suryawati, I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Image Streaming Dalam Penulisan Cerpen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Banda Aceh Image Streaming merupakan cara mendapatkan sebuah upaya untuk melatih kita berfikir. Journal of Technology and Literacy in Education, 2(1), 26–34.
Ahsin, M. N., & Ristiyani, R. (2019). Penerapan Model Sinektik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Bagi Mahasiswa. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.4060
Anggraeni, K., & Yolanda, D. A. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Visipena Journal, 9, 385–395.
Azizah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Metode Image Streaming Pada Siswa Kelas VII MTs Walisongo Pedagangan Gresik. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.
Fadilah, C., & Hartati, D. (2022). Perbandingan Unsur Pembangun Cerpen dan Film Pendek “Pulang Tanpa Alamat.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 11(1), 67. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.2003
Fauziah, I., Bahasa, F., Makassar, U. N., Daeng, J., Raya, T., & Selatan, S. (n.d.). Pengaruh Strategi Image Streaming Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Abstract : The Effect of Image Streaming Strategies in Short Story Writing Learning in. 2008, 180–185.
Hartani, A. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media Cd Cerita Pada Siswa Kelas V Sd 1 Mejobo Kudus. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 17–38. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2576
Hudhana, W. D., & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 43. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/6839
Laila, A. S. S. M. A. R. (2019). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Face Threatening Act of Different Ethnic Speakers in Communicative Events of School Context, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018
Marganingsih, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Teks Lagu dengan Metode Latihan Terbimbing Marti Marganingsih Program Pascasarjana , Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , Indonesia Peningkatan Keteram. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra (2022) 6, 6, 63–82.
Muriyana, T. (2022). Kajian Sastra Bandingan: Perbandingan Aspek Citraan (Imagery) Dan Makna Dalam Puisi ‘Peringatan’ Karya Wiji Thukul Dengan Puisi ‘Caged Bird’ Karya Maya Angelou. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 217–227. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4946
Noviyanti, D., Karim, A. A., Nurfadilah, A., Munawaroh, S., & Aghnia, S. F. (2022). Meningkatan Daya Pemahaman Melalui Media Cerita Pendek Siswa. Article, September, 250. https://www.researchgate.net/profile/Ahmad-Karim/publication/363644421_MENINGKATAN_DAYA_PEMAHAMAN_MELALUI_MEDIA_CERITA_PENDEK_SISWA_KELAS_VIII_SMP_ALAM_KARAWANG/links/632720b7873eca0c0098d219/MENINGKATAN-DAYA-PEMAHAMAN-MELALUI-MEDIA-CERITA-PENDEK-SISWA-KE
Pinasti, I. I., Rohmadi, M., & Rakhmawati, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 ( Studi Kasus Pembelajaran Teks Ulasan Cerpen Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Ngawi ). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 155. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37711
Ramadhanti, D., & Pebriani, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Image Streaming Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Hulu Kuantan. ALINEA: Jurnal Bahasa …, 3(1), 143–150. http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea/article/view/466
Siburian, T. (2022). Unsur-unsur Instrinsik Cerita Pendek Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-kata Karya Putu Wijaya. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 58. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1323
Siregar, E. D., & Wulandari, S. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanderspierce: Relasitrikotomi (Ikon,Indeks dan Simbol) dalam Cerpenanak Mercusuar karya Mashdar Zainal. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 04(1), 29–41. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian
Sugerman, S., Hasan, H., & Mawardi, A. (2022). Pengaruh Model Self-Directed Learning di Era Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMAN 1 Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(3), 151–159. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i3.159
Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Yume: Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778
Tamera, T., Wardiah, D., & Hetilaniar, H. (2023). Pengaruh Metode Image Streaming Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Smk Negeri 5 Palembang. Innovative: Journal Of Social …, 3, 9735–9747. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3804%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/3804/3346
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Copyright (c) 2023 Mella Endah Sepdiana Mella
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.