Implementasi Pengelolaan Kelas Efektif dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Seni Pertunjukan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hambatan dan konsekuensi pengelolaan kelas efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah seni pertunjukan. Data tersebut diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran, wali kelas, dan hasilnya menguatkan sumber data primer dan observasi pengelolaan kelas. Setelah pengumpulan data, dilakukan analisis data kualitatif terhadap instrumen. Temuannya mengungkapkan bahwa guru sekolah menengah kejuruan seni pertunjukan yang telah disurvei sudah melakukan pengelolaan kelas efektif dengan tahapan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi. Kendala yang muncul dalam pengelolaan kelas yang efektif dapat diatasi dengan mudah. Hasil implementasi pengelolaan kelas yang efektif terlihat dari kualitas pembelajaran siswa, profesionalisme guru, dan perbaikan lingkungan fisik sekolah.
Metrics
References
Aliyyah, R. R., & Djuanda, U. (2018). Management of Lower Grade At Amaliah Elementary School Ciawi.7(August 2017), 81–95
Anggraini, R. (2020). Manajemen Pengelolaan Kelas. Pendidikan Aud, 1(mei 2020).
Anu Laine, Maija Ahtee & Liisa Näveri. (2019).Impact of Teacher’s Actions on EmotionalAtmosphere in Mathematics Lessons in Primary School, (International Journal of Science and Mathematics Education)
Bahaudin, M. S., & Wasisto, J. (2018). Peran Perpustakaan Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kualitatif Perpustakaan “Pelita” Desa Muntang). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 61–70. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22895
Chan, F., Kurniawan, A. R., . N., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749
Djamarah, S. B., & Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta.
Greene, B. A., Miller, R. B., Crowson, H. M., Duke, B. L., & Akey, K. L. (2004). Predicting high school students’ cognitive engagement and achievement: Contributions of classroom perceptions and motivation. Contemporary Educational Psychology, 29(4), 462–482.
Isnanto, I., Pomalingo, S., & Harun, M. N. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 7. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.392
Karatas, A., & Gürbüz, O. A. (2016). Environmental Education as a Tool for Increasing Environmental Awareness of Vocational School Students. The Anthropologist, 23(3), 378–384.
Koutrouba, K., Markarian, D. A., & Sardianou, E. (2018). Classroom management style: Greek teachers’perceptions. International Journal of Instruction, 11(4), 641–656. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11440a
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika, 9.
Minsih, M., & D, A. G. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144
Mulyadi. (2018). Diagnosis Kesulitan Belajar di Sekolah. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8.
Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12431
Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15.
Purnomo, B., & Aulia, F. (2018). Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar Budi Purnomo 1 , Febliana Aulia 2 1). 3(I), 73–91
Rosyada, D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyaraat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 53(9).
Sariyatun, Suryani, N., Sutimin, L. A., Abidin, N. F., & Akmal, A. (2021). The effect of digital learning material on students’ social skills in social studies learning. International Journal of Instruction, 14(3). https://doi.org/10.29333/iji.2021.14324a
Suryanti. (2021). Pengelolaan Pengajaran (Nurrahwati, Ed.; Nurrahwati). Bintang Pustaka Madani
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2008). Strategic management and business policy - Acheiving Sus. In Policy.
Yusuf, M., & Daris, L. (2018). Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. In M. Ismail (Ed.), Analisis Data Penelitian (Cetakan Pertama, Vol. 1, pp. 1–5). PT Penerbit IPB Press.
Yusuf, Muri. A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. In I. Fahmi & Suwito (Eds.), Metode Penelitian (Cetakan ke-4, pp. 407–409). Kencana.
Zahroh, L. (2021). PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS. Jurnal Keislaman, 1(2). https://doi.org/10.54298/jk.v1i2.3364.
Copyright (c) 2023 Wahyudi Taufan Santoso, Sutama, Sigit Haryanto, Ahmad Muhibbin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.