Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory.Ai pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi

  • Muhammad Abbassalam Kibari Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Hamsi Mansur Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran, Video animasi, Pictory.ai, Manajemen koperasi dan UMKM

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran di era digital, khususnya melalui platform Pictory.AI. Platform ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mengubah teks menjadi ilustrasi dan video, memahami konteks dan makna teks untuk menghasilkan konten visual yang relevan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video animasi berbasis Pictory.ai untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM Banjarmasin pada mata kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM. Metodologi yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner validasi ahli, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan efektif, dengan skor N-Gain (normalized gain score) sebesar 0,74 dari total 52 mahasiswa, mengindikasikan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi, serta menekankan pentingnya media pembelajaran yang benar-benar mendukung proses belajar.

Kata Kunci: , , Pictory.ai, .

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alimah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Anggota Keluarga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas I SDI Alfattah Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1).

Arif Hidayat, E. S. (2020). Penggunan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. Unesa, 8(3), 330–333.

Supriyadi, E. I., & Asih, D. B. (2020). Implementasi Artificial Intelligence (Ai) Di Bidang Administrasi Publik Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal RASI, 2(2), 12-22.

Fauziah, G. H., & Mansur, H. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Media Fotografi. Journal of Instructional Technology JINSTECH, 2(1), 32–39.

Hake, Richard. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Boise, Idaho: Physics Education Research Conference

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1940-1945.Latifah, N., & Lazulva, L. (2020). Desain dan uji coba media pembelajaran berbasis video animasi powtoon sebagai sumber belajar pada materi sistem periodik unsur. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry), 2(1), 26-31.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Rohani, R. (2020). Media pembelajaran.

Suryani, S., Hasriani, H., Tamsir, N., Husain, T., Herlinda, H., Thabrani, T., ... & Syam, A. (2023). Literasi digital dalam pengembangan media pembelajaan guru SMKN 1 Gowa berbasis AI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4636-4643.

Susilo, A., & Widiya, M. (2021). Video animasi sebagai sarana meningkatkan semangat belajar mata kuliah media pembelajaran di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Eduscience, 8(1), 30-38.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 103–114.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Minneapolis: Leadership Training Institute / Special Education, University of Minnesota

Tullah, N. H., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821-826.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (RnD). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Published
12-12-2023
How to Cite
Kibari, M. A., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Mansur, H. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory.Ai pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 867-880. https://doi.org/10.58230/27454312.311