Aplikasi Edukasi Islam Berbasis Android: Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid dengan Metode Waterfall di TPQ Sidiq Al-Musirun
Abstract
Huruf hijaiyah merupakan huruf-huruf arab yang terhimpun menjadi satu sehingga memiliki makna tertentu dan berguna untuk melatih ejaan membaca menulis Al Qur'an. Ilmu tajwid merupakan ilmu yang mempelajari kaidah serta cara-cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah merancang Aplikasi Belajar Mengaji Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid melalui suatu alat komunikasi yang disebut smartphone. Alat komunikasi ini dapat membantu orang yang ingin belajar huruf hijaiyah dan hukum tajwid karena dapat dibawa kemana saja. Pada aplikasi ini pengguna akan belajar pengenalan huruf hijaiyah berharokat fathah, kasrah dan dhommah. Selain itu, pengguna akan belajar cara membaca Al Qur'an yang benar dengan hukum tajwid seperti hukum bacaan mad thabi'i, mad far'i, ikhfa' syafawi, idgham mitslain, izhar syafawi, gunnah mim tasydid, gunnah nun tasydid, izhar, idgham, iqlab, dan ikhfa'. Konsep pembelajaran pada aplikasi ini dirancang secara menarik dan terdapat kuis untuk evaluasi pembelajaran. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode waterfall. Hasil dari rancangan sistem pada penulisan skripsi ini adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Android, dimana terdapat beberapa menu yang memberikan pembelajaran ilmu tajwid. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode pengujian black-box yang berfokus pada persyaratan functional suitability perangkat lunak dan kuesioner yang berfokus pada persyaratan usability perangkat lunak. Setelah dilakukan pengujian, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara functional suitability dan usability sistem aplikasi ini sudah dapat menghasilkan output yang diharapkan.
Kata Kunci: Hijaiyah, Tajwid, Model Waterfall, Android
Metrics
References
Amin, M., Sidik, A. P., & Kembaren, B. (2022). Media Pembelajaran Iqra' yang Baik dan Benar Berbasis Android. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 419-423.
Anggraini, A. N., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2021). Rancang Bangun Game 2D "Finding Tajwid" dengan Metode FInite State Mechine Menggunakan Software Unity Hub. Jurnal Teknologi Informasi, 88-93.
Nofa, W. K., Hapsari, D. A., & Putri, S. P. (2023). Aplikasi Pembelaajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknik, 11-19.
Prasetyo, F., Dendi, A., Nur, J., & Adam, F. (2020). Penerapan Aplikasi Android Pengenalan Huruf Hiajiyah Metode Waterfall pada Paud Al Fina. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komunikasi), 412-419.
Rachmanto, A. D., Ayuningsih, N., & Hernawati. (2021). Perancangan Aplikasi Belajar Mengaji Ilmu Tajwid Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10-19.
Riyanto, A. (2022). Rancangan Aplikasi Mengaji untuk Siswa Berbasis Android SDN Lemahtamba 1. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keagamaan, 43-49.
Siregar, N. R., & Sutabri, T. (2019). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Mengaji dengan Metode Belajar Albarqi Dasar pada Yayasan Marhamatur Ridho Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informatika & Komputer, 45-50.
Tullusstya, T., & Dani. (2023). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android (Studi Kasus: TK Islam Nur Arief). Jurnal Ilmu Komputer, Teknik dan Multimedia, 702-710.
Yunita, P., Hayatullah, K., & Nahmudin, A. M. (2021). Aplikasi Tajwid Berbasis Android. Jurnal Manajemen dan Teknologi Informasi, 30-37.
Zohrahayaty. (2019). Karakteristik Penelitian Ilmu Komputer. Sleman: DEEPUBLISH.
Copyright (c) 2023 Heni Candra Kirana, Iwan Setiawan Wibisono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.