Mengeksplorasi Esensi Kemanusiaan dalam Era Digital: Perspektif Pedagogik Kontemporer

  • Rizki Ayu Amaliah Junaidi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muljono Damopolii Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • M. Shabir U. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Manusia, Era Digital, Pedagogik, Kontemporer

Abstract

Di dalam al-Qur'an, terdapat penamaan manusia dengan sebutan al-Nās yakni diartikan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat bertahan hidup tanpa manusia lainnya. Fitrah sosial melekat dalam diri manusia sebagai makhluk yang berinteraksi. Di era digital saat ini interaksi manusia semakin berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Manusia tidak hanya dapat berinteraksi secara langsung, tapi juga secara online meski terhalang oleh jarak. Tujuan berinteraksi tak lain adalah untuk mendapatkan pendidikan dan pengetahuan maupun informasi. Di era ini, cara manusia memperoleh pengetahuan dan pendidikan adalah melalui pendengaran (auditorial), penglihatan (visual) dan hati yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abū ’Abdillah Muhammad bin ’Umar al-Hasan bin al-Husain al-Taimī al-Rāzī. (1420). Mafātih al-Ghaib. Dār Ihyā al-Turas.

Abu al-Husain Ahmad bin al-Faris bin Zakariyya. (1399). Mu’jam Maqayis al-Lugah. Dar al-Fikr.

Abû Hanîfah al-Nu’mân bin Tsâbit bin Zauthî. (n.d.). Musnad Abî Hanîfah. al-Âdâb.

Abû Hilâl al-Hasan bin ’Abdillah bin Sahl bin Sa’îd bin Yahyâ bin Mahrân al-’Askarî. (1412). Mu’jam al-Farûq al-Lugawiyah . Muassasah al-Nasyr al-Islâmî al-Tâbi’ah Lijamâ’a al-Madrisîn.

Abū Muhammad al-Husain bin Mas’ud bin Muhammad bin al-Farrā al-Baghawī. (1420). Ma’ālim al-Tanzīl fī Tafsīr al-Qur’an. Dār Ihyā al-Turās al-’Arabī.

Afrida. (2018). Hakikat Manusia dalam Perspektif al-Qur’an. Al-QISTHU, 16(2).

Agoes Dariyo. (2011). Psikologi Perkembangan (Anak Tiga Tahun Pertama). PT. Refika Aditama.

Dimyanti, & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Gordon Dryden dan Jeannette Vos. (2002). Revolusi Cara Belajar Bagian II. Kaifa.

Hasan Langgulung. (1986). Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisis Psikologis dan Pendidikan . Pustaka Husna.

Hery Noer Aly. (1999). Ilmu Pendidikan Islam . Logos.

H.M. Arifin. (2008). Ilmu Pendidikan Islam . Bumi Aksara.

Imâm Muhammad al-RâzîFakhr al-Dîn. (1990). Tafsir al-Fakhr al-Râzî al-Musytahir bi al-Tafsir al-Kabîr wa Mafâtih al-Ghaib. Dâr al-Fikr.

Kementerian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya . PT. Sinergi Pustaka.

Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an. (2022). Qur’an Kemenag. Bayt Al-Qur’an Dan Museum Istiqlal.

Lucky Nugroho. (2023). Manusia dan Pola Interaksi Dunia Online. In Ekonomi dan Bisnis Digital. CV Widina Media Utama.

M. Taufik. (2012). Kreativitas Jalan Baru Pendidikan Islam. Kurnia Kalam Semesta.

M.Quraish Shihab. (2006). Dia Ada Dimana-Mana (IV). Lentera Hati.

M.Quraish Shihab. (2007). Tafsir al-Misbah. Lentera Hati.

Muhammad bin ’Alī bin Muhammad bin ’Abdullah al-Syaukānī. (1414). Fath al-Qadīr . Dār Ibnu Katsīr.

Muhammad Fuâd Abd al-Bâqî. (1364). Mu’jam al- Mufahras Lialfâzhi al-Qur’an al-Karîm . Mathba’ah Dâr al-Kutub al-Mishr.

Muhlasin. (2019). Konsep Manusia dalam Perspektif al-Qur’an. Idorotuna, 1(2).

Munir Yusuf. (2019). Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1).

Nini Subini. (2001). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Javalitera,.

Nurhada Fitri, & Mahsyar Idris. (2019). Nilai Pendidikan Islam dalam al-Qur’an Surah Luqman Ayat 1-19: Tinjauan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Jurnal Al-Musannif, 1(1).

Ricki Linksman. (2004). Cara Belajar Cepat. Dahara Prize.

Rizki Mukorrobin, & Rizna Mawarni Febriana. (2022). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Dinamika Sosial Budaya, 24(2).

Shiefti Dyah Alyusi. (2016). Media Sosial: Interaksi, Indentitas dan Modal Sosial. Kencana.

Sirâjuddîn Abû Hafsh Umar bin Alî bin Ahmad al-Anshârî a;-Syâfi’î al-Ma’rûf. (1428). al-Taudhîh Lisyarh al-Jâmi’ al-Shahîh. Dâr al-Nawâdir.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan . Buku Kedokteran EGC.

Susi Lestari, & Muhammad Widda Djuhan. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Imiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1).

Syihāb al-Dīn Mahmūd bin ’Abdullah al-Husain al-Alusī. (1415). Rūh al-Ma’ānī fī Tafsīr al-Qur’an al-’Azīm . Dār al-Kutub al-’Alamiyyah.

Wawan Wahyuddin. (2016). Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Al-Qur’an IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 33(1).

Zakiah Daradjat. (2008). Ilmu Pendidikan Islam . Bumi Aksara.

Published
29-11-2023
How to Cite
Junaidi, R. A. A., Damopolii, M., & M. Shabir U. (2023). Mengeksplorasi Esensi Kemanusiaan dalam Era Digital: Perspektif Pedagogik Kontemporer. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 793-802. https://doi.org/10.58230/27454312.306