Pengembangan Buku Ajar Analisis Sosial Masyarakat Terintegrasi Keislaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar "Analisis Sosial Masyarakat Terintegrasi Keislaman", menggunakan metode ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Buku ini ditujukan sebagai referensi pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa dalam mata kuliah Analisis Sosial Masyarakat Islam. Proses pengembangan buku melibatkan analisis kebutuhan mahasiswa, perancangan produk, pengembangan dan validasi oleh ahli, uji coba, serta evaluasi. Hasil analisis menunjukkan buku ini layak digunakan tanpa revisi, dengan nilai rata-rata 90,9 pada aspek isi/materi, dan 96,6 pada aspek kegrafikan, menilai kualitas materi, bahasa, soal latihan, tata letak, pemilihan background, ukuran dan jenis huruf, warna, sajian, serta sumber materi. Dalam aspek keefektifan, berdasarkan evaluasi formatif dan sumatif, buku ini memperoleh nilai rata-rata 85,11, yang menandakan efektivitas tinggi sebagai sumber referensi pembelajaran dengan predikat A-. Kesimpulannya, buku ajar "Analisis Sosial Masyarakat Terintegrasi Keislaman" telah terbukti efektif dan layak sebagai bahan ajar yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran dalam mata kuliah Analisis Sosial Masyarakat Islam.
Metrics
References
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Brog ang Gall dalam Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.
Bungin Burhan, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pres, 2012.
Denik Wiranti dan Hasrun Rahman, Pengembangan Buku Ajar Komprehensi Tulis Berorientasi Nilai-Nilai Karakter Islam (Analisis Kebutuhan), Jurnal Bahasa, Vol.9, No.4, 2020, h.72, https//jurnal unimed.ac.ai
Fenti Nurjanna, Retno Triwoelandari, M Kholil Nawawi “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam dan Sains Untuk Meningkatkan Karakter Religius Siswa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol.3, No.2, 2018, h.178, https//jurnal doi org/10.23969/jp.v312.1393
Helaluddin dan Wijaya Hengki, Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori & Praktik, Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.
Ina Magdalena, Tini Sundari, Silvi Nurkamila, Nasrullah & Dinda Ayu Amalia, Analisis Bahan Ajar, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2 No. 2, Juli 2020, h.324, https//ejournal.stipn.ac.id/index.php/nusantara
Ina Magdalena, Tini Sundari, Silvi Nurkamila, Nasrullah & Dinda Ayu Amalia, Analisis Bahan Ajar, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2 No. 2, Juli 2020, h.324, https//ejournal.stipn.ac.id/index.php/nusantara
Juni Ahyar, Penuntun Membuat Skripsi dan Menghadapi Presentasi Tanpa Setres, Cet. I (Bojonegoro: Pustaka Intermedia, 2018),
Mukhtazar, Prosedur Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Absolute Media, 2020.
Nawawi dan Martini, “Pengertian Observasi Menurut para Ahli”, 13 November 2017, https://www.google.com/amp/s/blog.ruangguru.com/10-pengertian observasi-menurut-para-ahli-%3fhsamps=true, September 2022
Nurdin Ismail dan Hartati Sri, Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.
Ovan dan Andika, CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web, Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2020.
Penerbitdeepublish.com, Buku Ajar: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Menulis, 31 Januari 2022, https//penerbitdeepublish.com.
Rehulina Juniarti BR, Sembiring, Pranowo, R. Kunjana Rahardi, “Pengembangan Buku Ajar Konteks Situasi dan Sosial dalam Paragmatik Edukasional”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol.18, No.2, Oktober 2018, h.246-249, https//dx.doi org/10.17509/bs_jpbsp.v18i2.15512
Rukin, Metodologi Penelitian Kualitatif, Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2009.
Sampoerna university, Angket Penelitian: Arti, Fungsi, Jenis dan Contoh, 4 Okteber 2022, http://www.sompoernauniversity.ac.id/id/angket-penelitian-arti-fungsi-jenis dan contoh
Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.
Suyanto Bagong dan Sutinah, Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan, Jakarta: Kencana, 2005.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.