Implementasi Metode Hafansa dalam Menghafal Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara
Abstract
Penelitian ini dimotivasi oleh adanya sebuah sekolah menengah pertama yang memperhatikan para penghafal Al-Qur'an, yaitu SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Lulusan dari sekolah ini dapat menghafal setidaknya 3 juz, bahkan ada yang lebih sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. Dalam pembelajaran tahfidz di sini, kami menggunakan metode hafansa sehingga siswa mampu menghafal Al-Qur'an kemudian menjaga hafalan tersebut sebaik mungkin sambil tetap menikmatinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode hafansa dalam menghafal Al-Qur'an, serta untuk mengetahui hasil dari penerapan metode hafansa dalam mencapai hafalan Al-Qur'an. Subjek penelitian melibatkan kepala sekolah, ustadz, ustadzah tahfidz, dan santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data melibatkan reduksi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi metode hafansa dalam mencapai hafalan Al-Qur'an untuk santri di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara meliputi talaqqi dengan ustadz dan ustadzah yang mengajar tahfidz, muraja'ah dengan ustadz dan ustadzah yang mengajar tahfidz, tikrar dengan ustadz dan ustadzah yang mengajar tahfidz, muraja'ah dan sima'i bersama-sama dengan semua santri dan ustadz ustadzah, serta tasmi' selama ujian menghafal Al-Qur'an. Hasil penerapan metode hafansa dalam mencapai hafalan Al-Qur'an di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara adalah bahwa santri mampu menghafal Al-Qur'an dan menjaga hafalan tersebut dengan baik dan bersahaja sesuai dengan makhraj dan tajwid mereka, sehingga mencapai peningkatan hasil hafalan.
Metrics
References
Al-Dausary, Mahmud (2020). “Keutamaan-Keutamaan Al- Qur ’ an.” Www.Alaukah.Net: 53–54.
Anwar, Khoirul, and Mufti Hafiyana (2018). “Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2(2): 181–98.
Baharuddin (2019). “Implementasi Metode Menghafal Alqur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Alqur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur.” : 1–132. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/619/1/baharuddin.pdf.
Bahruddin (2022). “Al-Qur’an dan Cara Menghafalnya.” Cv. Eureka Media Aksara. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Din Muhammad Zakariya (2019). “Metode Mudah Menghafal Al-Qur’an Menurut DR. Ahmad Salim.” TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam 08(02): 70–85. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1483746.
Dr. Umar Sidiq & Moh. Miftachul Choiri (2019). Journal of Chemical Information and Modeling Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf.
Fatimah, M. (2020). Metode Tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Klaten. Mamba’ul ’Ulum, 16(2), 112–127. https://doi.org/10.54090/mu.13
Haromaini, Ahmad (2019). “Studi Perumpamaan Al-Qur’an.” Islamika 13(1): 24–47.
Iswati, Iswati, Diah Novita Fardani, Heri Cahyono, and Syaiful Anam (2021). “Pelatihan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Ritme Otak Kanan Bagi Santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Hikmah.” Bulletin of Community Engagement 1(1): 21.
Ikhwanuddin, Muhammad, and Asmaul Husnah (2021). “Penerapan Metode Tikrār Dalam Menghafal Al-Quran.” Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah 28(1): 15–29.
Keswara, Indra (2017). “Pembelajaran Tahfidul Qu’ran (Menghafal Al-Qur’an) Di Pondok Pesantren Al Husein Magelang”.” Hanata Widya 6(2): 62–73.
Mawaddati, Ika Romika (2021). “Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pesantren Tahfidhul Qur’an Nahdlatut Thalabah Kesilir Wuluhan Jember.” Education Journal : Journal Educational Research and Development 5(1): 45–56.
Muqoddasah, Kamaliyatul Izzah (2019). “Cara Mudah Menghafal Al Qur’an Melalui Metode Tarjim Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’ an Safinatul Huda Iii Bandung Diwek Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam 4(2): 2–20.
——— (2020). “Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Dalam Mewujudkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an (Studi Komparasi Di PPTQ Safaniatul Huda III Bandung Diwek Dan PPTQ Nur Muhammad Wonoayu Mojoagung).” Arsy : Jurnal Studi Islam 4: 26–33.
Nurbaiti, Rizka, Undang Ruslan Wahyudin, and Jaenal Abidin (2021). “Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa.” Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam 8(2): 55–59.
Simanjuntak, Dahliati (2021). “Penghambat, Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Menghafal Al-Qur’an.” Al Fawatih 2(2): 92–101.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Syaiful Anam (2022). “Efektivitas Menghafal Al-Qur’an: Melalui Metode Elmaduri.” Al-Mutsla 4(1): 1–9.
Wahidul, Anam (2017). “Risalah Al-Qur’an Empat Puluh Hadist Shahih Tentang Keutamaan Al-Qur’an.” : 1. http://repository.iainkediri.ac.id/576/.
Copyright (c) 2023 Puguh Handri Yasto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.