Persepsi Mahasiswa S-1 Semester Kedua Terhadap Pemanfaatan Photomath dalam Pemecahan Persoalan Matematika pada Proses Perkuliahan
Abstract
Photomath dalam menyelesaikan persoalan matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data dalam penelitian berupa tanggapan pengguna aplikasi Photomath yang diperoleh dengan teknik wawancara semi terstruktur kepada 7 responden penelitian yang merupakan mahasiswa S-1, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura semester dua tahun ajaran 2022-2023 yang telah menggunakan dan masih menggunakan Photomath dalam membantu menyelesaikan soal matematika. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data tematik untuk menemukan beberapa tema persepsi terhadap penggunaan aplikasi Photomath. Hasil penelitian menemukan beberapa tema persepsi, yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, persepsi kehati-hatian, dan persepsi keberlanjutan penggunaan.
Metrics
References
Avanda, A. Y., & Putri, S. A. W. (2020). Eksistensi Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 2. https://doi.org/10.21831/pspmm.v2i0.106
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4. ed). SAGE.
Davis, S. R. (2020). Homework Helper: Providing Valuable Feedback on Math Mistakes. In Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics) (Vol. 12510, pp. 533–544). https://doi.org/10.1007/978-3-030-64559-5_42
Dewi, A. F., & Ahadiyah, K. (2023). Using Photomath Applications on Student Learning Outcomes in Advanced Calculus Courses. International Conference on Education, 153–158.
Handayani, S. D., & Solihah, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi PhotoMath dan Aplikasi YHomework pada Pembelajaran Matematika. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1208
Igcasama, R. M., Ramirez, D. T., & Salanap, N. P. (2020). Evaluation of Photo Math in Teaching Elementary Algebra. Journal of Education Research and Evaluation, 4(4), 408. https://doi.org/10.23887/jere.v4i4.29749
Jupri, A. (2020). Students’ algebraic proficiency from the perspective of symbol sense. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(1), 86–94. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i1.23102
Meldi, N. F., & Suratman, D. (2022). Penyelesaian Persamaan Bentuk Kuadrat Berbantuan Aplikasi Photomath Berdasarkan Sistem Bilangan Real. Variabel.
Muslimah, A., Ramadannia, C., Fitri, A., Dzakiroh, F., Wijaya Kusuma, J., Matematika, J. P., & Keguruan Dan, F. (2023). Penerapan Pemanfaatan Multimedia pada Aplikasi Photomath Dalam Pembelajaran Trigonometri KelaS XI MIPA V DI SMAN 3 CILEGON. Indonesian Journal of Thousand Literacies IJTL, 1(3), 241–360. https://doi.org/10.57254/ijtl.v1i3.45
Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic Analysis: Striving to Meet the Trustworthiness Criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 160940691773384. https://doi.org/10.1177/1609406917733847
Permana Dewi, I. W. D., & Handayani, I. G. A. (2022). Peranan Aplikasi Photomath Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Literasi Digital (Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan, 20(1), 94–101. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v20i1.411
Pikri, A. Z., Yulia, P., & Putri, R. (2023). Photomath Applications for Learning Mathematics Analysis. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 295–312. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i2.322
Rahayu, N. P. (2022). Meminimalkan Ketergantungan Peserta Didik pada Aplikasi Photomath dengan Merubah Soal Matematika Menjadi Bentuk Teks. Action Research Journal, 1(3), 250–255.
Saundarajan, K., Osman, S., Daud, M. F., Abu, M. S., Pairan, M. R., & Kumar, J. A. (2020). Learning algebra using augmented reality. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(16), 123–133. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i16.10540
Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., Almeina, I., & Agus, R. T. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Belajar Matematika. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 2(1), 109. https://doi.org/10.54314/jpstm.v2i1.962
Sloan-Lynch, J., Gay, N., & Watkins, R. (2022). Too Fast for Their Own Good: Analyzing a Decade of Student Exercise Responses to Explore the Impact of Math Solving Photo. ACM International Conference Proceeding Series, 67–76. https://doi.org/10.1145/3506860.3506868
Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62
Tejawiani, I., Sucahyo, N., Usanto, U., & Sopian, A. (2023). Peran Artificial Intelligence Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa dengan Menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3578–3592. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16143
Webel, C., & Otten, S. (2015). Teaching in a World with Photomath. The Mathematics Teacher, 109(5), 368–373. https://doi.org/10.5951/mathteacher.109.5.0368
Wijayanti, R., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika. 1396–1401.
Copyright (c) 2023 Ahmad Rabiul Muzammil, Mariyadi Mariyadi, Dedy Ari Asfar, Muhammad Za’im Shidqi, Raden Adang Edithya Astama, Restu Dermawan Muhammad, Cikal Adinugraha Mahadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.