Kontribusi Al-Washliyah dalam Memperkuat Aqidah Siswa

  • Suwanto Universitas Islam An Nur Lampung
  • A Andari Universitas Islam An Nur Lampung
Keywords: Al-Washliyah, Aqidah Siswa, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Al-Washliyah, sebuah organisasi Islam yang berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan Islam dan memperkuat aqeedah (iman Islam) siswa. Al-Washliyah didirikan pada tahun 1930 di Medan, Sumatera Utara, dan memiliki fokus yang jelas pada pendidikan dan pengembangan karakter siswa. Metode penelitian dalam studi ini adalah analisis kualitatif data dan informasi yang ditemukan dalam berbagai sumber yang ada. Artikel ini menggabungkan data dan informasi yang ditemukan dari sumber-sumber yang ada untuk memberikan analisis kualitatif tentang bagaimana Al-Washliyah dan organisasi mahasiswa Islam berkontribusi dalam memperkuat aqeedah siswa. Data ini mencakup sejarah organisasi, tujuan, peran Lembaga Pendidikan dalam pengembangan kurikulum, serta kontribusi lembaga pendidikan Islam dalam konteks memperkuat aqidah siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Asmanto, B., Suradi, S., Warisno, A., Andari, A. A., & Anshori, M. A. (2023). The Evolution of Islamic Educational Institutions in Indonesia. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 8(1), 262–272. https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i1.11117

Gani, A., Nasution, J., Sabina, L., Alfina, N., & Rohimah, N. (2023). Lembaga Pendidikan Islam Al Washliyah : Studi Sejarah Madrasah Aliyah Qismul ’ aly Ismaliyah Medan. 3, 3081–3087.

Gumanti, M., Maisaroh, I., Warisno, A., Andari, A. A., & Anshori, M. A. (2023). Development of Islamic Higher Education in Indonesia. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 8(1), 237–252. https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i1.11079

HARAHAP, D. M. K. (2020). DINAMIKA KURIKULUM DI MADRASAH AL-QISMUL ALI AL- TESIS Oleh : DEBI MIFTAHUL KHAIR HARAHAP Program Studi : PENDIDIKAN ISLAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI.

Islami, D. A., & Ruslan, S. (2021). Kontribusi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Memperkuat Karakter Etika Lingkungan Siswa. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke …, 8(1), 43–55. http://www.journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/998

Nurmawati, N., As’ad, A., & Prasti, D. (2023). Assessment Techniques for Aqidah Akhlak Subjects at Madrasa of Tsanawiyah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 992–998. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2951

Purba, F. (2016). Aplikasi Layanan Konseling Islami Di Lembaga Pendidikan Al Jam’iyatul Washliyah Kabupaten Langkat. Disertasi, 1–350.

Rahmat, M., & Batubara, D. I. (2021). Pendidikan Al Washliyah dan Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2024. AFoSJ-LAS, 1(4), 170–183. http://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS

Sabila, N. A. (2020). Integrasi Aqidah Dan Akhlak (Telaah Atas Pemikiran Al-Ghazali). NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(2), 74–83. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1211

Sholeh, A. M. H., An, A. A., & Ade, I. F. (2023). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembentukan Karakterpeserta Didik. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(02), 890–901.

Siregar, N. A. (2020). Aqidah Islam, Analisa Terhadap Keshohihan Pemikirannya. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 9(1), 99–105.

Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 9(1), 99–105.

Published
09-11-2023
How to Cite
Suwanto, & A Andari. (2023). Kontribusi Al-Washliyah dalam Memperkuat Aqidah Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 567-576. https://doi.org/10.58230/27454312.275