Implementasi Metode Ali dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an pada Anak Usia Dini

  • Fajar Shodiqin Program Pascasarjana Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta
  • Meti Fatimah Program Pascasarjana Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta
Keywords: Implementasi, Metode Ali, Kemampuan membaca Al Qur’an, Anak usia dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi implementasi metode Ali sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan wawancara informan kepada guru, dan dianalisis dengan display data, reduksi, dan verifikasi. implementasi metode Ali untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada anak usia dini dilakukan dengan cara pertama, perencanaan yaitu dengan menyiapkan guru terbaik, orang tua walisantri pembelajar, dan menyiapkan adab belajar anak. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan tahapan menyiapkan kelas, mengkondisikan anak-anak, materi inti, penilaian, dan diakhiri dengan penugasan. Ketiga evaluasi metode Ali dengan cara meliputi evaluasi SOP mengajar metode Ali oleh guru, target pencapaian anak-anak, dan permasalahan selama kbm berlangsung. Penelitian ini berimplikasi kepada pengembangan implementasi metode Ali sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an anak usia dini. Dengan harapan dapat diterapkan dengan baik di setiap sekolah yang menggunakan metode Ali.

Kata Kunci : implementasi, metode Ali, kemampuan membaca Al Qur’an, anak usia dini

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ali, Rahmadi. 2017. “Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alqur’an Siswa SDIT Bunayya Medan.” Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 2(1):179–86.

Aminah, Siti. 2021. “Sinergitas Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Guru 2(1):33–42. doi: https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.186.

Dwi Yusantika, Friska. 2023. “Pembiasaan Adab Makan Dan Minum Untuk Menanamkan Karakter Religius Melalui Video Animasi Bagi SDI Sabilillah Malang.” JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES 4(1):18–27. doi: 10.47400/jiees.v4i1.56.

Fahurroziy, M., and A. Halik. 2022. “Efektifitas Penerapan Metode IQRO’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Membaca Al Qur’an Di TPA Bustanudin Desa Galis Kecamatan Galis Pamekasan.” Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman 8(1):61–74.

Faturohman, Oman, and Umi Kultsum. 2021. “Penerapan Dan Efektifitas Metode Qiro’ati Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Baca Al Qur’an (Studi Di SMP Islam Terpadu AL-Masykar Bina Insani Waringinkurung).” Moderate Islam: Research and Cultural Perspectives 5(1):273–86.

Kiki Yestiani, Dea, and Nabila Zahwa. 2020. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):41–47. doi: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.

Maharani, Sri, and I. Izzati. 2020. “Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(2):1288–98.

Mahfud, Ali, and Sobar Al Ghazal. 2022. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro Di TPQ X Rengasdengklok Karawang.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 109–14. doi: 10.29313/jrpai.v2i2.1482.

Misbah, A. 2016. “Kesulitan Pembelajaran Membaca Al Qur’an Tartil Di Kalangan Orang Dewasa Solusinya Perspektif Psikologi Wilayah Kecamatan Pondok Aren Dan Sekitarnya.”

Nalysta, Jessy Okta, and Ahmad Kosasih. 2021. “Analisis Kesulitan Membaca Dan Menulis Alquran Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama.” An-Nuha: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):27–32.

Pangondian, Roman Andrianto, Paulus Insap Santosa, and Eko Nugroho. 2019. “Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.” Pp. 56–60 in SAINTEKS.

Parawansa, Khofifah Indah, Sri Haryanto, and Pamungkas Stiya Mulyani. 2022. “Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Klesman.” Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan 2(2):72–78. doi: 10.25008/jitp.v2i2.18.

Pratiwi, D., H. R. E. Immawan, Mitami, and I. Magdalena. 2021. “Pelaksanaan Desain Pembelajaran Instruksional Pada Pandemi COVID–19 DI Indonesia.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(4):2746–1920.

Rosyad, Ali Miftakhu, and Darmiyati Zuchdi. 2018. “Aktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah Dalam Pembelajaran IPS Di SMP.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 5(1):79–92. doi: 10.21831/hsjpi.v5i1.14925.

Saleh, Sumanti M., and Chairunnisa. 2018. “Tanggung Jawab Pendidikan Iman Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Faramadiahi 10(1):82–89. doi: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v10i1.114.

Sari, Diah Prawitha. 2016. “Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.” Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 5(1):79–89.

Sari, Via Putika, and Ika Candra Sayekti. 2022. “Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pada Kompetensi Dasar Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):5237–43. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2907.

Srijatun. 2017. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal.” Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam 11(1):25–42.

Sunarsa, Sasa. 2019. “Teori Tafsir ; (Kajian Tentang Metode Dan Corak Tafsir Al Qur’an).” Al-Afkar, Journal for Islamic Studies 3(1):2614–4883. doi: 10.5281/zenodo.2561512.

Syarif, Syafrimen, Engkizar, Nova Erlina Yaumas, Azhar Jaafar, and Zainul Arifin. 2021. “Sustainable Development: Learning the Quran Using the Tartil Method Syafrimen Syafril Engkizar.” Al-Ta’lim Journal 28(1):1–8. doi: 10.15548/jt.v28i1.673.

Zaini, Muhammad Fuad, Rahmat Hidayat, Muhammad Fadhli, and Hidayat Pasaribu. 2020. “Manajemen Mutu Pendidikan : Perspektif Al Qur’an Dan Tafsir.” Education Achievment: Journal of Science and Research 4(2)(1):1–15. doi: 10.25217/ji.vxix.xxxx.

Published
09-11-2023
How to Cite
Shodiqin, F., & Meti Fatimah. (2023). Implementasi Metode Ali dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an pada Anak Usia Dini . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 557-566. https://doi.org/10.58230/27454312.274