Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan kurangnya berpikir kritis dan keaktifan dari hasil belajar siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif yaitu Project Based Learning (PjBL). Yang dimana siswa memecahkan tugas dan menghasilkan produk sebagai hasilnya, kegiatan pembelajaran berbasis proyek meliputi observasi, menanya, definisi masalah dan pemecahan masalah. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan pola pikir kritis siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Surakarta dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dan siswa kelas XII jurusan AKL, MPLB, dan PM SMK Negeri 1 Surakarta. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan pola pikir kritis siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif merupakan suatu proses penelitian untuk memahami suatu fenomena dengan cara menciptakan gambaran umum yang menyeluruh yang disajikan dalam bentuk kata-kata Oleh karena itu, data yang dikumpulkan dalam penelitian kualitatif disajikan dalam bentuk teks deskriptif atau data naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat menunjang pola pikir kritis siswa dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Menggunakan Project Based Learning (PjBL) ini lebih meningkatan yaitu tingkat konsentrasi, tingkat interaksi guru dan siswa, tingkat interaksi antar sesama siswa, meningkatkan pola pikir kritis siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Metrics
References
Apriani, R., Irwandi, I., & Pariyanto, P. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dengan Menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) di SMAN 2 …. Seminar Nasional Sains …, 1–10. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/249
Asyafah, A. (2014). Research based instruction in the teaching of islamic education. SpringerPlus, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.1186/2193-1801-3-755
Darwin, D., Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2023). Asesmen Pembelajaran Bahasa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa SMA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 25–36.
Fitriani, R., Surahman, E., & Azzahrah, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(1), 6. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1426
Islam, P., & Revolusi, D. (2022). Perancah : Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Perancah : Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. 4(3), 359–371.
Kuswara, R. D., & Setiawati, S. (2018). Efektivitas project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 2 SAPE. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains (PENBIOS), 3(2), 73–85. http://journal.uad.ac.id/index.php/BIOEDUKATIKA
Lestari, A. S. (2019). The Development of Web Learning Based on Project In The Learning Media Course At IAIN Kendari. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 39–52. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i1.2909
Mukniah. (2020). Integrative thematic learning model to shape the student’s character. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4), 606–610. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85083516936&partnerID=40&md5=f2c579fd569b03e5d586376efa01762a
Mulyana, E., Suherman, A., Widyanti, T., & Supriatna, A. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Dalam. Jurnal Pendidikan IPS, 02(01), 25–32.
Nurchamidah, A. U. (2022). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume: Volume 7 Nomer 6 Tahun 2022 e-ISSN: ---- - ------. Jurnal Pendidikan Islam, 7.
Pgri, I. (n.d.). Concentration on Learning Program Development in Islamic Education. 2.
Prayogi, E. E. Y., Anwar, S., D, Y. A., & Yetri. (2021). Management of Madrasa-Based Education Quality Improvement at the Tahfidz Qur’an Islamic Boarding School in Metro City. Review of International Geographical Education Online, 11(7), 480–491. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.07.52
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94.
Rahman, I. K., Rosidah, N. S., & Tamam, A. M. (2023). Development of a Scale for Measuring the Competencies of Islamic Counselors. Islamic Guidance and Counseling Journal, 6(1), 28–44. https://doi.org/10.25217/igcj.v6i1.3133
Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogika, 2(3), 163–183. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1354
Santoso, M. A. F., & Khisbiyah, Y. (2021). Islam-based peace education: Values, program, reflection and implication. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(1), 185–207. https://doi.org/10.18326/IJIMS.V11I1.185-207
Sj, D. S., Zamroni, A., Religious, I., & Agama, P. (2021). Strategi Pengembangan Program Pembelajaran. 2(1), 21–40.
Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.
Zainal, S., Manumanoso Prasetyo, M. A., Aziz Yaacob, C. M., & Jamali, Y. (2022). Adopting Pesantren-Based Junior High School Programs: The Pesantren Change Its Educational System Without Conflict. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 22(2), 260–276. https://doi.org/10.22373/JIIF.V22I2.13525
Copyright (c) 2023 annisarehani_01 Sutarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.