VILBAR (Virtual Laboratory Based Augmented Reality) sebagai Media Praktikum Kimia di Universitas Muslim Maros
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berfokus pada pengkajian konten Virtual Laboratory berbasis Augmented Reality (Vilbar) untuk mendukung pelaksanaan praktikum. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa hasil validator menunjukkan bahwa nilai validasinya yakni 3,85 interval (3,5 < X < 4) ini menandakan bahwa keseluruhan perangkat yang divalidasi berada pada kategori “sangat valid”. Vilbar yang dikembangkan ini dapat memudahkan proses pelaksanaan prakikum sehingga dapat dikatakan memiliki nilai kepraktisan dengan total nilai kepraktisan yang diperoleh 3,6, dan dapat meningkatkan keterampilan pratikum mahasiswa sehingga dapat dikatakan memiliki nilai keefektifan yang dapat dilihat dari hasil portofolio (laporan ) belajar mahasiswa diperoleh nilai rata-rata portofolio hasil praktikum mahasiswa sangat tinggi yaitu sebesar 90. Vilbar telah terbukti efektif dalam mengatasi tantangan dalam praktikum kimia di Universitas Muslim Maros, termasuk keterbatasan ruang, alat, dan bahan praktikum. Vilbar tidak hanya memungkinkan simulasi praktikum kimia yang realistis, tetapi juga meningkatkan antusiasme dan keterampilan praktikum mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan, seperti penggunaan Vilbar, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu mahasiswa memahami materi dengan lebih baik. Kesimpulannya, Vilbar merupakan inovasi penting dalam pendidikan kimia yang mendukung pembelajaran interaktif dan mandiri, serta mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja secara profesional dengan keterampilan yang relevan.
Metrics
References
Cognitive Behavior and Performance during Rebar Inspection Tasks. Journal of Computing in Civil Engineering, 34(6), 04020050. https://doi.org/10.1061/(ASCE)CP.1943-5487.0000931
Arifin, Z., Destiansari, E., & Amizera, S. (2020). Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2). https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2216
Billah, A., & Widiyatmoko, A. (2018). The Development of Virtual Laboratory Learning Media for The Physical Optics Subject. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2803
Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. Springer.
Hartati, P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Melalui Pembelajaran Guided Inquiry. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2). https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.269-274
Lestari, P. I., & Rahmawati, R. (2019). Pengaruh Media Laboratorium Virtual Berbasis Android Mobile terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi FKIP Universitas Muslim Maros pada Mata Kuliah Teknik Laboratorium. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.35580/chemica.v19i2.12768
Manurung, A., & Marini, A. (2023). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.967
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nugraha, Y. (2014). Aplikasi Teknologi Virtual Realty Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur. Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi, 13, 34–45.
O’Meara, J., & Szita, K. (2021). AR Cinema: Visual Storytelling and Embodied Experiences with Augmented Reality Filters and Backgrounds. PRESENCE: Virtual and Augmented Reality, 30, 99–123. https://doi.org/10.1162/pres_a_00376
Radzi, M. Q. A.-N. bin A., Shah, D. S. M., Othman, M. F., Nor, M. N. R. M., & Masaat, M. F. F. bin. (2021). Review on Application of Augmented Reality (AR) in The Eco-Tourism Sector. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(11). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i11/11377
Rahayu, W. I., Bibi, S., & Arief, M. S. (2022). Perancangan media pembelajaran rangkaian listrik dasar menggunakan teknologi augmented reality melalui virtual laboratory. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.4714
Riyanti, R., & Rusdi, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Smartphone terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikian Biologi STKIP YAPIM MAROS. Jurnal Ilmiah Pena: Sains Dan Ilmu Pendidikan, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.51336/jip.v10i2.148
Rusdi, H., Sudding -, & Yunus, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android “CHEMBIRD” pada Materi Kimia Kelas XI DI SMAN 17 MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 16(2), Article 2.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Copyright (c) 2023 Hikmah Rusdi, Rika Riyanti, Putri Utari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.