Problematika Progam Adiwiyata Sekolah: Studi Kasus Pada MAN Pangkep Kabupaten Pangkep
Abstract
Program adiwiyata sekolah yang selama ini dijalankan di MAN Pangkep ternyata memuat banyak hambatan. Setalah mencapai adiwiyata tingkat nasional, program ini mengalami stagnanisasi menuju tingkat adiwiyata mandiri.Tujuan penelitian ini ialah mengkaji secara mendalam terkait problematika program adiwiyata di MAN Pangkep dengan mengajukan dua pertanyaan. (1) Bagaimana gambaran secara umum program adiwiyata di MAN Pangkep . (2) Apa problematika yang dihadapi sekolah dalam menerapkan program adiwiyata di MAN Pangkep. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan wawancara serta analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan Program Adiwiyata sekolah yang dilaksanakan di MAN Pangkep mengalami berbagai permasalahan diantaranya tidak adanya dana khusus untuk program, lemahnya dukungan dari instansi terkait, masih adanya warga sekolah yang kurang mendukung program, dan lemahnya pengawasan terhadap pelaksanaan program. Sejalan dengan itu, penelitian ini menyarankan perlunya pihak instansi terkait memberikan perhatian lebih terhadap pelaksanaan program adiwiyata di MAN Pangkep yang dapat berbentuk materi ataupun aspirasi.
Metrics
References
Abdillah, F., Manurung, M. A. P., Hafizah, C. V, & ... (2022). Pentingnya Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. … Pendidikan, 16(2), 55–59. https://doi.org/10.30595/jkp.v
Arifah, U. (2018). Kebijakan Publik Dalam Anggaran Pendidikan. Journal Cakrawala IAINU Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 2(1), 17–37. Retrieved from http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/37
Ariyadi, D., Isjoni, I., & Natuna, D. A. (2018). Evaluasi Program Adiwiyata (Sekolah Berwawasan Lingkungan) Di Sd Negeri 44 Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 2(1), 157. https://doi.org/10.31258/jmppk.2.1.p.157-163
Davis, K. dan N. (2006). Perilaku Dalam Organisasi (Edisi ketu). Jakarta: Erlangga.
Diyan Nurvika Kusuma Wardani. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6
Fadhli, M. N. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Di MIS Azzaky Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(2), 8–21.
Habib, M., Manajemen Humas, P., Masnah Sihombing, U., Rahmadani, U., & Al Maksum Langkat, S. (2021). Pentingnya Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 269–275.
Nasional, T. A. T. (2012). Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Puspitasari, D., & Putra Danaya, B. (2022). Pentingnya Peranan Komunikasi Dalam Organisasi: Lisan, Non Verbal, Dan Tertulis (Literature Review Manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 257–268. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.817
Rachman, F. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam: Pemikiran Kritis-Komprehensif Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. IRCiSoD.
Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2022). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim dalam Implementasi Manajemen Kualitas Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 7(1), 1698. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.6275
Rahmayani, P., & Andriyani, D. (2022). Pengaruh Dana Bantuan Pendidikan, Angka Partisipasi Sekolah Dan Pengangguran Terbuka Terhadap Kemiskinan Di Sumatera. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 5(2), 1. https://doi.org/10.29103/jeru.v5i2.8308
Riki, M., & Sumarnie. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Di Smp Negeri 1 Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Equity In Education Journal, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2474
Riyanti, E., & Maryani, I. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sd Muhammadiyah Bodon Kotagede. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 125. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1256
Rizka, M. A., & Hardiansyah, R. (2017). Analisis Strategi Fund Raising dalam Penyelenggaraan Program Pendidikan Nonformal pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ceria. Journal of Nonformal Education, 3(2), 158–163.
Sahputra Napitupulu, D. (2019). Komunikasi Organisasi Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 11(2), 9.
Sari, Y. (2020). Peningkatan kerjasama di sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1), 307–461.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarto, S., Harahap, E. K., & Kasman, K. (2019). Manajemen Mutu Sekolah Melalui Pelaksanaan dan Pengawasan Program Kerja. Jurnal Literasiologi, 2(2), 13. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.48
Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). STUDI ANALISIS: IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH DASAR Ganes Gunansyah. Jurnal PGSD, 09(09), 3384–3398.
Copyright (c) 2023 Muh Nur Islam Nurdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.