Problematika Progam Adiwiyata Sekolah: Studi Kasus Pada MAN Pangkep Kabupaten Pangkep

  • Muh Nur Islam Nurdin Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Erni Munastiwi Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Jusniati Sari Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
Keywords: Program Adiwiyata, Evaluasi Program, Problematika Program

Abstract

Program adiwiyata sekolah yang selama ini dijalankan di MAN Pangkep ternyata memuat banyak hambatan. Setalah mencapai adiwiyata tingkat nasional, program ini mengalami stagnanisasi menuju tingkat adiwiyata mandiri.Tujuan penelitian ini ialah mengkaji secara mendalam terkait problematika program adiwiyata di MAN Pangkep dengan mengajukan dua pertanyaan. (1) Bagaimana gambaran secara umum program adiwiyata di MAN Pangkep . (2) Apa problematika yang dihadapi sekolah dalam menerapkan program adiwiyata di MAN Pangkep. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan wawancara serta analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan Program Adiwiyata sekolah yang dilaksanakan di MAN Pangkep mengalami berbagai permasalahan diantaranya tidak adanya dana khusus untuk program, lemahnya dukungan dari instansi terkait, masih adanya warga sekolah yang kurang mendukung program, dan lemahnya pengawasan terhadap pelaksanaan program. Sejalan dengan itu, penelitian ini menyarankan perlunya pihak instansi terkait memberikan perhatian lebih terhadap pelaksanaan program adiwiyata di MAN Pangkep yang dapat berbentuk materi ataupun aspirasi.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdillah, F., Manurung, M. A. P., Hafizah, C. V, & ... (2022). Pentingnya Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. … Pendidikan, 16(2), 55–59. https://doi.org/10.30595/jkp.v

Arifah, U. (2018). Kebijakan Publik Dalam Anggaran Pendidikan. Journal Cakrawala IAINU Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 2(1), 17–37. Retrieved from http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/37

Ariyadi, D., Isjoni, I., & Natuna, D. A. (2018). Evaluasi Program Adiwiyata (Sekolah Berwawasan Lingkungan) Di Sd Negeri 44 Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 2(1), 157. https://doi.org/10.31258/jmppk.2.1.p.157-163

Davis, K. dan N. (2006). Perilaku Dalam Organisasi (Edisi ketu). Jakarta: Erlangga.

Diyan Nurvika Kusuma Wardani. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6

Fadhli, M. N. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Di MIS Azzaky Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(2), 8–21.

Habib, M., Manajemen Humas, P., Masnah Sihombing, U., Rahmadani, U., & Al Maksum Langkat, S. (2021). Pentingnya Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 269–275.

Nasional, T. A. T. (2012). Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Puspitasari, D., & Putra Danaya, B. (2022). Pentingnya Peranan Komunikasi Dalam Organisasi: Lisan, Non Verbal, Dan Tertulis (Literature Review Manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 257–268. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.817

Rachman, F. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam: Pemikiran Kritis-Komprehensif Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. IRCiSoD.

Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2022). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim dalam Implementasi Manajemen Kualitas Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 7(1), 1698. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.6275

Rahmayani, P., & Andriyani, D. (2022). Pengaruh Dana Bantuan Pendidikan, Angka Partisipasi Sekolah Dan Pengangguran Terbuka Terhadap Kemiskinan Di Sumatera. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 5(2), 1. https://doi.org/10.29103/jeru.v5i2.8308

Riki, M., & Sumarnie. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Di Smp Negeri 1 Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Equity In Education Journal, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2474

Riyanti, E., & Maryani, I. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sd Muhammadiyah Bodon Kotagede. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 125. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1256

Rizka, M. A., & Hardiansyah, R. (2017). Analisis Strategi Fund Raising dalam Penyelenggaraan Program Pendidikan Nonformal pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ceria. Journal of Nonformal Education, 3(2), 158–163.

Sahputra Napitupulu, D. (2019). Komunikasi Organisasi Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 11(2), 9.

Sari, Y. (2020). Peningkatan kerjasama di sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1), 307–461.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarto, S., Harahap, E. K., & Kasman, K. (2019). Manajemen Mutu Sekolah Melalui Pelaksanaan dan Pengawasan Program Kerja. Jurnal Literasiologi, 2(2), 13. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.48

Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). STUDI ANALISIS: IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH DASAR Ganes Gunansyah. Jurnal PGSD, 09(09), 3384–3398.

Published
06-11-2023
How to Cite
Nurdin, M. N. I., Munastiwi, E., & Sari, J. (2023). Problematika Progam Adiwiyata Sekolah: Studi Kasus Pada MAN Pangkep Kabupaten Pangkep. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 527-534. https://doi.org/10.58230/27454312.264