Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn pada Kelas VII SMP IT Bina Insan Batang Kuis 2022/2023
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis validitas, keefektifan dan kepraktisan LKPD berbasis problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn pada kelas VII SMP IT Bina Insan Batang Kuis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluasi yang menghasilkan perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis problem based learning. Pengujian validitas LKPD dilakukan melalui validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli desain pembelajaran, dan praktisi pendidikan. Pengujian keefektifan model pembelajaran dilakukan dengan pengujian statistik uji t selanjutnya pengujian kepraktisan dilakukan melalui pengamatan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, dan respon siswa. Temuan penelitian menunjukkan: (1) LKPD berbasis problem based learning dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang dilakukan di SMP IT Bina Insan Batang Kuis terbukti valid dengan penilaian ahli materi dengan presentase sebesar 90,75% berada pada kategori sangat valid. Ahli bahasa dengan presentase sebesar 92,50% berada pada kategori sangat valid. Ahli desain pembelajaran dengan presentase sebesar 95,50% dengan kategori sangat valid dan telah divalidasi oleh orang praktisi pendidikan dengan presentase sebesar 93,00 sangat valid. (2) LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar PPKn siswa, hal ini terlihat dari hasil pengujian statistik di mana diketahui harga thitung (20,65) > ttabel (1,71). Selanjutnya diperoleh koefisien N-Gain adalah 0,65 kategori tingkat keefektifan sedang, (3) LKPD berbasis problem based learning terbukti praktis untuk meningkatkan capaian hasil belajar PPKn siswa, hal ini dari respon siswa yang menunjukkan skor 82,43% kategori respon positif selanjutnya tingkat kepraktisan juga dlihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menunjukkan terjadi peningkatan persentase keaktifan siswa dari pengamatan pertama ke pengamatan kedua pada setiap aspek yang diamati.
Metrics
References
Abd. El-hay, S.A dan Abd. Allah, S.A. (2015). Effect of Problem Based Learning Strategy on Development of Problem Solving Skills Among Undergraduate Nursing Students. Jurnal: IOSR Journal of Nursing and Health Science Vol. 4 Issue 3. 2015.
Affandi, M. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Bandung: Alfabeta.
Aiken, Lewis R. Content Validity and Realibility of Single Item or Questionnaires. Jurnal: Educational and Psychology Measurement. December 1980.
Ango, Benedikta (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi untuk SMA Kelas X Semester Gasal. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY.
Arikunto, Suharsimi. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asrul (2014). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Citapustaka Media.
Association for Educational Communication and Technology. (1986) The Definition of Educational Terminology. Alihbahasa: Arief S. Sadiman dkk. Jakarta: Rajawali.
Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan MatematikaVolume 05, No. 02, Juli 2021, p. 1011-1024.
Astuti, Sry. Danial, Muhammad dan Anwar, Muhammad (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal: Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM, 2018, Vol.1, No.2, p. 90-114.
Aunurrahman (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Brahim, K. (2007). Teori Belajar Dan Pembelajaran di SD, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
BSNP (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP.
Buchari, Achmad Muchji dkk. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Departemen Pendidikan Nasional (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiidkan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Desty, Sinta Anggraini. (2019) Pengembangan LKPD pada Tematik Muatan PPKn di Kelas IV SD Sokowaten Baru. Jurnal: TrihayuJurnal Pendidikan Ke SD-an, Vol. 6, Nomor 1, September 2019, p. 736-739.
Dick, W and L. Carey, J. O. Carey. (2009). The systematic Design of Instruction. New York: Logman.
Djaali dan Muljono, P. (2004). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendi, Refki. Herpratiwi, dan Sutiarso, Sugeng (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal: Basicedu Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021, p. 920-929.
Elfina, Sisra dan Sylvia, Ike (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 September 2020, p. 27-34.
El-Muhtaj, Majda; Siregar, M. Fahmi; PA, Reh Bungana Beru dan Rachman, Fazli (2020). Literasi Hak Asasi Manusia Dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Jurnal: HAM Volume 11, Nomor 3, Desember 2020. p. 369-386
Fadil, Yudia Fauzi, Ismail Arianto, Etin Solihatin. (2018). Peran Guru PPKn Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal: PPKN UNJ Online. Volume 1 N0 2 p. 2-15.
Fahmi, Kafillah dan Azwar Ananda. (2019). Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Siswa SMPN 32 Padang. Jurnal: Journal of Civic Education, Volume 2 No. 4 p. 276-282.
Fauzia, Hadist Awalia (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal: Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.Volume 7, Nomor 1 p. 40-47.
Feri, Tirtoni (2018). Pengembangan Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Sidoarjo: Umsida Press.
Fransina, Thresiana Nomleni Nubatonis (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Couple Card terhadap Higher Order Thingking SkilssSiswa pada IPA Biologi di SMP Negeri 10 Kota Kupang. Jurnal: Pendidikan biologi, Volume 13 No 2 p. 79-85.
Gafur, Abdul (2012). Desain Pembelajaran Konsep, Model, dam Aplikasinya dalam Perencananaan Pelaksanaan Pembelajaran, Yogyakarta: Ombak
Hermawan, Herry Asep (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka.
Ismiati, Siti, Nasution dan Subroto, Waspodo Tjipto (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Topik Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal: Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2 Tahun 2020, p. 136-143.
Joyce, Bruce. dan Weil, Marsha (2003). Models of Teaching. New Delhi: Prentice Hall-Inc.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BPSDMP dan PMP.
Kosasih, E (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Manullang, M (2005). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: UGM University Press.
Matlin, M. W. (2013). Cognition. USA: John Wiley & Sons
Mulyasa, E. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyatiningsih, Endang. (2016). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Pancawati, Endang (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di Kelas X-1 SMAN 4 Kota Bima Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 SMA Negeri 4 Kota Bima, Indonesia. Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Volume 2, nomor 1, p. 56-66.
Prastowo, Andi (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakartaa: Diva Press.
Prastowo, Andi (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktek. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Purwanto, M.N. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratnawati, Franciska Ayuningsih. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sesuai Model Aptitude Treatment Interaction Pada Materi Fluida Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, 2018.
Rifa’i, Achmad dan Chatarina, Tri Anni (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Rina, Febriana (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ronis, D (2001). Problem Based Learning or Mathand Science. Skylight Training and Puublishing Inc.
Ruminiati. (20007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, Wina, (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman A.M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, Windi Novia dan Silitonga, Melva (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Pmia Man Tanjung Morawa Pada Pembelajaran Sel Dengan Model PBL Berbantuan LKS. Jurnal: Pelita Pendidikan Vol. 5 No. 4 p. 361-365.
Savery, John R. (2006). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions, Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. Vol 1 (I) Indiana University, 2006, http://docs.lib. purdue. edu/ cgi/ view content.cgi? article=1002&context =ijpblh p. 9-20.
Siregar, Syofian. (2014). Statistic Parametric untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suhadi (2007). Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sujana, Atep dan Supandi, W. (2020). Model-Model Pembelajaaran Inovatif Teori dan Implementasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sungkono, Djauhar Siddiq (2009). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Supardi U.S. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Suprijono, Agus (2010). Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi Paikem. Jakarta: Gramedia.
Susanto, Ahmad (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group
Syamsidah dan Hamidah, Suryani (2018). Model Problem Based Learning Matakuliah Pngetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.
Tambouris, Efthimios dkk. (2011). Enabling Problem Based Learning Through Web 2.0Educational Technology and Society. Vol 15 (4). November, 2011, http://www.ifets.info/ journals/15_4/21.pdf
Tirtarahardja, Umar (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto (2008). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Trianto (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakiarta: Prenada Media Group.
Ubaedillah, A. dan Abdul Razak. (2008) Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Wahab, Abdul Azis. (2002). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bandung: Maulana.
Wahyuni, K.S.P., Candiasa, I.M dan Wibawa, I.M.C. Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matapelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal: Pendasi, Vol. 5 No. 2 Agustus 2021.
Wasliman. (2007). Modul Problematika Pendidikan Dasar. Bandung: UPI Press
Widjajanto, Endang (2008). Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK. Makalah. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Winataputra, Udin. S, dkk. (2008). Materi dan Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2023 Weni Sarbaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.