Internalisasi Nilai Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Medan

  • Windy Rahmadhani
  • Zaini Dahlan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Internalisasi, Gemar Membaca, Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai karakter gemar membaca siswa melalui program literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wali kelas, dan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter gemar membaca melalui program literasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Medan dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu: 1) Tahap pembiasaan, yang meliputi pembiasaan membaca selama 10-15 menit dan kegiatan literasi lain yang dapat membangun budaya literasi seperti kegiatan berliterasi keagamaan; 2) Tahap pengembangan, yang meliputi pengembangan kemampuan literasi melalui berbagai kegiatan non akademis yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa melalui berbagai kegiatan; 3) Tahap pembelajaran, yang meliputi pelaksanaan pembelajaran menggunakan beragam strategi literasi dan pengupayaan sekolah sebagai lingkungan akademis yang literat.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Dewi, A. (2022). Upaya Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca melalui Gerakan Literasi Nasional. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 202–210. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/48577

Hidayati, R. (2019). Penanaman Karakter Gemar Membaca di SDIT Al Khairaat. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–11. http://eprints.uny.ac.id/eprint/65565

Hidayati, R. N. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa Kelas 2 Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 9 Kota Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10853

Labudasari, E. (2021). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. … Nasional Pendidikan Dasar …, 5(4), 2247–2255. https://repository.stkipgetsempena.ac.id/handle/676%0Ahttps;//jbasic.org/index.php/basicedu

Muhammad, G., Rahmat, M., & Ganeswara, G. M. (2020). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 10–20. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i1.26325

Oktarina, A. (2018). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di SD N Golo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 30 Tahun Ke-7 2018, 30(7), 2.941-2.951. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13513/13060

Pitaloka, P. P. (2019). Memupuk Minat Baca Anak. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 12(2), 26. https://doi.org/10.30829/iqra.v12i2.3981

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211

Sari, M. K., Rulviana, V., Suyanti, S., Budiartati, S., & Rodiyatun, R. (2021). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 112. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.6382

Sari, P. P. (2017). Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca Pada Siswa Kelas Iv Di Mi Ma ’ Arif Nu 1 Rancamaya Cilongok Banyumas Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca Pada Siswa Kelas Iv Di Mi Ma ’.

Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200

Syamsuri, C. K., M. Hosnan, & Jamaludin, U. (2020). Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui Program LIterasi Sekolah Rakica di SD Negeri Taman Ciruas Permai. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 147–162. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14424

Wuryandani, W., Maftuh, B., Budimansyah, D., Yogyakarta, N., & Bandung, P. (2014). Through the Creation of Conducive Classroom Atmosphere. Universitas Stuttgart, 175–184.

Yulianti, Y., Andriana, E., & Suparno, S. (2021). Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui Kegiatan Literasi Sekolah pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Values and Character Education Journal, 4(1), 7–14. https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.30534

Published
16-09-2023
How to Cite
Rahmadhani, W., & Dahlan, Z. (2023). Internalisasi Nilai Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Medan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 351-360. https://doi.org/10.58230/27454312.242

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'