Pemanfaatan Lingkungan Sekitar (Pupuk Kompos) Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan lingkungan sekitar (pupuk kompos) sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA kelas III di MIS. Nurul Huda Kec. Pantai Labu. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi terkait pemanfaatan sampah organik sebagai sumber belajar atau media pembelajaran yang dilakukan kepada guru kelas III di MIS. Nurul Huda Kec. Pantai Labu. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan lingkungan sekitar (pupuk kompos) yaitu penggunaan pupuk kompos sebagai sumber belajar dapat meningkatkan keterampilan proses siswa pada mata pelajaran IPA. Melalui pemanfaatan pupuk kompos siswa lebih aktif belajar diluar ruangan karena lebih menyenangkan, siswa juga dapat melihat langsung apa yang dipelajari jika menggunakan sumber yang nyata yang ada dilingkungan sekolah tersebut. Penting untuk diingat bahwa preferensi belajar dan tingkat pemahaman siswa dapat bervariasi. Beberapa siswa mungkin lebih responsif terhadap metode pembelajaran ini, sementara yang lain mungkin membutuhkan pendekatan pembelajaran yang berbeda. Berikut ini beberapa rekomendasi dari pemanfaatan lingkungan sekitar (pupuk kompos) sebagai sumber belajar pada mata Pelajaran IPA yaitu tentang manfaat pupuk kompos dan percobaan pembuatan pupuk kompos.
Metrics
References
Arini, W, & Lovisia, E (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching. Vol. 02 No. 02 Tahun 2019.
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Astuti, A, Waluya, SB, & Asikin, M (2019). Strategi pembelajaran dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 2019.
Darmansyah, A, Muktadir, A, (2021). Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol 4, No. 2.
Denico, Ahmad. (2020). Media Pembelajaran Ramah Lingkungan Sekolah Dasar Negeri Inklusi Di Pekanbaru Di Era Revolusi Industri 4.0. J Al Mutharahah. 17(1): 62-74.
Fitrianan, RER (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mengenai Klasifikasi Dan Pengolahan Sampah Menurut Jenisnya Berabasis 2D. e-Jurnal Mitra Pendidikan, JMP Online Vol. 4 No. 8.
Halifa, N, & Achmad, MA (2019). Pengomposan Sampah Organik di Perumahan Vatutela Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran. Journal of Biology Science and Education (JBSE). Vol. 7, No. 1.
Handoko, A, Anggoro, BS, Marzuki, M, (2021). Pengembangan Modul Pembuatan Ecobrick Sampah Plastik Sebagai Sarana Pengembangan Diri Berbasis Ecopreneurship Di SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5 (2), 169-177 (2021).
Indriyani, L (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta. Vol 2, No 1 (2019).
Khoiri, M, & Harsono, H (2018). Pengolahan Sampah Anorganik Menjadi Media Pembelajaran Bagi Guru TK/RA. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume I, Nomor 2.
Moha, H. 2015. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA dikelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Universitas Negeri Gorontalo.
Muliani, A, & Rijal, M (2018). Industrialisasi, Pencemaran Lingkungan dan Perubahan Struktur Kesehatan Masyarakat. BIOSEL (Biology Science and Education). Jurnal Biology Science & Education 2018.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: dalam Penelitian Pendidikan Bahasa / Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. In Surakarta: Farida Nugrahani, 2014.
Potale, N. 2014. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA di SDN 04 Batudaa Pantai. Universitas Gorontalo.
Ramansyah, W. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Madura Bangkalan. Jurnal Widyagogik, 1(1).
Radeswandri, R, Ramadan, CP, (2020). Bingkai dari Limbah Anorganik sebagai Media Pembelajaran IPA Dalam Mengembangkan Kreatif. Milenial: Journal for Teachers and Learning. Vol. 1, No. 1, Juli2020, pp. 1-5.
Rosalina, D, Marnita, Y, Lubis, NK, (2021). Pelatihan Pembuatan Kompos Blok dengan Memanfaatkan Sampah Organik Rumah Tangga untuk Digunakan sebagai Bahan Media Tanam. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 nomor 1, edisi Januari – Juni 2018
Sujarwo, Widyaningsih dan Tristanti (2014). Pengelolaan Sampah Organik & Anorganik. Penerbit Universitas Negeri Yogyakarta.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi untuk Siswa SMA Kelas X.
Ulfa, S. 2006. Pemanfaatan lingkungan terhadap hasil belajar biologi, pokok bahasan cirri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas VII MTS Negeri Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2005/2006. Yogyakarta.
Khakim, dkk. (2015) “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD 1 Peganjaran Kudus” Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5 (1).
Copyright (c) 2023 Arsita Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.