Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Tingkat Raudhatul Athfal

  • Nurhasnaeni Pascasarjana IAI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, Indonesia
  • Abdul Haris Nasution Pascasarjana IAI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, Indonesia
  • Muhammad Asra Pascasarjana IAI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Pascasarjana IAI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, Indonesia
Keywords: Buku ajar, Saintifik, Huruf Hijaiyah, Raudhatul Athfal

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk pengembangan buku ajar yang sudah ada dengan mengembangkan isi konten materi pembelajaran yakni meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf Hijaiyah, dan berbasis pendekatan saintifik pada peserta didik Raudhatul Afhfal (RA). Pendekatan penelitian ini adalah model ADDIE dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini merupakan metode pengembangan level 3 yakni mengembangkan produk yang telah ada, dan menguji  kepraktisan dan keefektifan dari produk yang dihasilkan, yaitu berupa pengembangan buku ajar tematik berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah peserta didik pada Raudhatul Athfal dengan gambaran akan meningkatan kemamupan dan motivasi belajar peserta didik. Fakta yang ditemukan dari beberapa Raudhatul Athfal di Kolaka dalam pembelajaran menggunakan buku ajar yang dianggap oleh peneliti kurang efektif dan efisien karena guru harus menggunakan buku tambahan atau buku pendamping dalam menulis huruf dasar dan huruf hijaiyah bagi peserta didik, sehingga menyita waktu dalam proses pembelajaran.  Berdasarkan hasil penelitianyang telah dilakukan, terlihat bahwa hasil validator menunjukkan bahwa nilai validasinya yakni 3,75 interval (3,5 < X < 4) ini menandakan bahwa keseluruhan perangkat yang divalidasi berada pada kategori “sangat valid”. Buku yang dikembangkan ini dapat memudahkan proses pembelajaran sehingga dapat dikatakan memiliki nilai kepraktisan dengan total nilai kepraktisan yang diperoleh 3,7, dan dapat meningkatkan minat dan semangat peserta didik untuk belajar sehingga dapat dikatakan memiliki nilai keefektifan, dan hasil ketuntasan belajar peserta didik diperoleh 88,2% ini artinya memenuhi standar ketuntasan klasikal.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732

Agus, Z. (2018). Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 39–56. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.24

Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Hamzah, A. (2020). metode penelitiab & pengembangan (A. Hamzah (ed.); 2nd ed.). 2020.

Iqbal, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Saintifik Di Sekolah Menengah Pertama. UNM.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. Permendikbud Repblik Indonesia, 8(33), 37.

Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran SaintifikKurikulum 2013 (A. Kodir (ed.); 1st ed.). Pustaka Setia.

Mudlofir, A. & F. (2019). Desain Pembelajaran inovatif (A. Mudlofir (ed.); 3rd ed.). Rajagrafindo Persada.

Nugraha, A., Ritayani, U., Siantiyani, Y., & Maryati, S. (2018). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(021), 50.

Nurdiansyah, musfiqon dan. (2015). pendekatan pembelajaran saintifik ( musfiqon dan Ardiansyah (ed.); 1st ed.). nizamia learning center.

Poerwadarminta.WJS. (2020). Kamus Umum Bahasa Indonesia (Pusat Bahasa Departemen Pemdidikan Nasional) (Poerwadarminta.WJS (ed.); Cet.16, Ed). Balai Pustaka.

Pratiwi, S. S., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs3 Professional Pada Materi Penyajian Data. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.43

Saat, S. & sitti M. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian (S. Saat (ed.)). Pusaka Almaida.

Salehah, K. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di RA Mahabbah Batang Kuis. unimed.

Sartika, D., Amiroh, & Nisrokha. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku bergambar dalam mengenalkan huruf hijaiyah di RA bani fuad syihabuddin. Jurnal Al-Miskawaih, 2(2), 119–140.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (S. Suryandari (ed.); 4th ed.). Alfabeta.

Published
15-09-2023
How to Cite
Nurhasnaeni, Nasution, A. H., Muhammad Asra, & Iqbal, M. (2023). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Tingkat Raudhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 337-350. https://doi.org/10.58230/27454312.219