Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Tingkat Raudhatul Athfal
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk pengembangan buku ajar yang sudah ada dengan mengembangkan isi konten materi pembelajaran yakni meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf Hijaiyah, dan berbasis pendekatan saintifik pada peserta didik Raudhatul Afhfal (RA). Pendekatan penelitian ini adalah model ADDIE dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini merupakan metode pengembangan level 3 yakni mengembangkan produk yang telah ada, dan menguji kepraktisan dan keefektifan dari produk yang dihasilkan, yaitu berupa pengembangan buku ajar tematik berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah peserta didik pada Raudhatul Athfal dengan gambaran akan meningkatan kemamupan dan motivasi belajar peserta didik. Fakta yang ditemukan dari beberapa Raudhatul Athfal di Kolaka dalam pembelajaran menggunakan buku ajar yang dianggap oleh peneliti kurang efektif dan efisien karena guru harus menggunakan buku tambahan atau buku pendamping dalam menulis huruf dasar dan huruf hijaiyah bagi peserta didik, sehingga menyita waktu dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitianyang telah dilakukan, terlihat bahwa hasil validator menunjukkan bahwa nilai validasinya yakni 3,75 interval (3,5 < X < 4) ini menandakan bahwa keseluruhan perangkat yang divalidasi berada pada kategori “sangat valid”. Buku yang dikembangkan ini dapat memudahkan proses pembelajaran sehingga dapat dikatakan memiliki nilai kepraktisan dengan total nilai kepraktisan yang diperoleh 3,7, dan dapat meningkatkan minat dan semangat peserta didik untuk belajar sehingga dapat dikatakan memiliki nilai keefektifan, dan hasil ketuntasan belajar peserta didik diperoleh 88,2% ini artinya memenuhi standar ketuntasan klasikal.
Metrics
References
Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732
Agus, Z. (2018). Konsep Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 39–56. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.24
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Hamzah, A. (2020). metode penelitiab & pengembangan (A. Hamzah (ed.); 2nd ed.). 2020.
Iqbal, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Saintifik Di Sekolah Menengah Pertama. UNM.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. Permendikbud Repblik Indonesia, 8(33), 37.
Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran SaintifikKurikulum 2013 (A. Kodir (ed.); 1st ed.). Pustaka Setia.
Mudlofir, A. & F. (2019). Desain Pembelajaran inovatif (A. Mudlofir (ed.); 3rd ed.). Rajagrafindo Persada.
Nugraha, A., Ritayani, U., Siantiyani, Y., & Maryati, S. (2018). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(021), 50.
Nurdiansyah, musfiqon dan. (2015). pendekatan pembelajaran saintifik ( musfiqon dan Ardiansyah (ed.); 1st ed.). nizamia learning center.
Poerwadarminta.WJS. (2020). Kamus Umum Bahasa Indonesia (Pusat Bahasa Departemen Pemdidikan Nasional) (Poerwadarminta.WJS (ed.); Cet.16, Ed). Balai Pustaka.
Pratiwi, S. S., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs3 Professional Pada Materi Penyajian Data. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.43
Saat, S. & sitti M. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian (S. Saat (ed.)). Pusaka Almaida.
Salehah, K. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di RA Mahabbah Batang Kuis. unimed.
Sartika, D., Amiroh, & Nisrokha. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku bergambar dalam mengenalkan huruf hijaiyah di RA bani fuad syihabuddin. Jurnal Al-Miskawaih, 2(2), 119–140.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (S. Suryandari (ed.); 4th ed.). Alfabeta.
Copyright (c) 2023 NURHASNAENI NURUNG
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.