Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam Kepulauan Riau

  • Abdul Halim Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Ibnu Sina Batam
  • Miswanto Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Ibnu Sina Batam
Keywords: Perencanaan Strategis, Pendidikan Agama Islam, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan strategis pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah Aliyah. Dengan demikian, tujuannya adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penyusunan perencanaan yang strategis di Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam. (2) Untuk mengetahui implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam. (3) Untuk mengetahui Evaluasi program-program yang telah direncanakan oleh Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) Penyusunan perencanaan yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam mempunyai langkah-langkah yakni; pendekatan participators, sesuai dengan potensi dan kondisi madrasah dan berdasarkan kebutuhan dan harapan stakeholder, serta mengumpulkan ide-ide, gagasan, pendapat dan informasi terkait peningkatan mutu pendidikan. (2) Implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam meliputi; perumusan strategi, memaksimalkan sumber daya yang dimiliki, melibatkan stakeholders. (3) Evaluasi program-program yang telah direncanakan oleh Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam dilakukan dengan internal dan eksternal secara sistematis pada akhir semester atau pada saat liburan semester dan mengevaluasi kegiatan dan kinerja yang dilakukan secara terus menerus untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan program yang direncanakan

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Abdul Halim, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Ibnu Sina Batam

 

 

Miswanto, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Ibnu Sina Batam

 

 

References

A Steenbrink, Karel, Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan lslam dalam Kurun Modern, LP3ES, (Jakarta: 1986).

Ainissyifa, H., & Nurseha, A. K. (2022). Contextualizing Mahmud Yunus’ Islamic Education Concept in Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 87–100. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.19117.

David, Fred, R, Manajemen Strategis, edisi 10, (Jakarta: Salemba empat, 2006).

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya, (Surabaya: Mekar, 2004).

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam; Kemenag RI, Rencana Strategis Direktorat Pendidikan Islam Tahun 2015-2019.

Fahmi, Irham, Manajemen Strategis (Teori Dan Aplikasi), (Bandung: Alfabeta, 2014).

George, Terry, R, Dasar-Dasar Manajemen, , (Jakarta: Bumi Akara, 2014).

J. Salusu, Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, (Jakarta: Grasindo, 2006).

Jenuri, Tantangan dan Strategi Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan Siswa dan Sekolah Berkualitas, Jurnal UPI.

K Rukiati, Eneng, dan Hikmawati, Fenti, Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia, (Bandung: Pustaka Setia, 2006).

Kompri, Manajemen Pendidikan 3, (Bandung: Alfabeta, 2015).

Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran, digilib UIN Sunan Ampel.

Maarif, A Syafii, dkk, Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991), hlm. 8.

Mail, H. A. A. bin H., Tengah, A. H. B. bin A. H., & Bakar, H. T. H. A. (2022). Education Policies in Brunei Darussalam (1954–2020). In Routledge Handbook of Contemporary Brunei (pp. 248–261). https://doi.org/10.4324/9781003020431-19

Majalah Quran Centre, Demi Membangun Generasi Qurani, Penerbit APPALEPAGE, Jakarta, 2007.

Moh. Nahrowi, Jurnal Pendidikan, Perencanaan Strategis Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Madrasah.

Nur’ Aini DF, Fajar, Teknik Analisis SWOT, (Yogyakarta: Quadrant, 2016).

Nurhidayat, Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam tentang Madrasah dan Tantangan Global, Journal AI-Bidayah, Vol. 2 No. 1, Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, (Jakarta: Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional, 2005).

Rachman, Abd. Assegaf, Membangun Format Pendidikan Islam di Era Globalisasi, dalam Imam Machali dan Musthofa (Ed.), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2004).

Robson, Wendy, Strategic Management & Information System Second Edition, (San London: Prentice Hall, 1997).

Sakolan. (2020). Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam Sakolan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 129–134.

Solehan, S. (2022). Implementasi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 607–613. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.464

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2014).

Tim SP4 UGM, Penyusunan Manajemen Strategi, (Yogyakarta: UGM, 1995).

UIN Syarif Kasyim Pekan Baru. Pedoman Tesis, edisi revisi 2017.

Umam, Khoirul, Madrasah dan Globalisasi, Artikel, Jakarta: 2008.

Wawancara Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Qur’an Centre pada hari Sabtu, 06 Juni 2020 pukul 09.00 Wib.

Zazin, Nur, Gerakan Menata Mutu; Teori & Aplikasi, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011).

Published
03-08-2023
How to Cite
Halim, A., & Miswanto. (2023). Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam Kepulauan Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 203-214. https://doi.org/10.58230/27454312.216