Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Model Pembelajaran Inkuiri

  • Muh. Rizal Kurniawan Yunus Universitas Sulawesi Barat
Keywords: critical thinking skills, learning models, inquiry

Abstract

Mahasiswa sebagai bagian dari sumber daya yang dimiliki bangsa diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsanya. Mahasiswa sudah seharusnya memiliki kepekaan terhadap keadaan lingkungan sekitarnya. Sikap kepedulian dan kepekaan mahasiswa perlu untuk dikembangkan dan dilatih agar memiliki kesadaran untuk meningkatkan kompetensinya dan menggali informasi sehingga dapat mengembangkan kapasitas keilmuannya dan dapat menilai sesuatu secara kritis. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran terkait keadaan keterampilan dalam berpikir kritis pada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2023. Populasi penelitian seluruh mahasiswa pada angkatan 2021 yang memprogram matakuliah profesi kependidikan dengan sampel sebanyak 64 orang yang diambil menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini penelitian deskriptif, yaitu metode ini digunakan untuk mendapatkan data terkait kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa Pendidikan biologi. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian yang sesuai dengan indicator keterampilan berpikir kritis yang diinterpretasi dengan cara deskriptif.. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan data bahwa nilai keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada sebanyak 41,2% pada kategori tinggi, kemudian 29,4% berada pada kategori sedang, dan terdapat mahasiswa yang masih memiliki keterampilan berpikir kritis pada kategori rendah sebanyak 5,9%.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anggraeni. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada MataPelajaran IPS di Kelas Tinggi. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(2).

Fascione, P.A., (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measure Reasons and The California Academic Press

Wulandari. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Powerpoint terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Handayanti, A., Rohmatika, L., Ayudatami, I. A., & Sari S. N. I. (2018). Identifikasi keterampilan berpikir kritis siswa SMP di Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional PPM 2018, Universitas Negeri Surabaya, 592-596.

Halpern, D. F. (2014). Thought and knowledge: An introduction to critical thinking. New York: Psychology Press

Hartati, T.A.W., Corebima, A.D., Suwono, H., (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan proses sains dan Kognitif Peserta didik pada Keterampilan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidik Sains, 3, 22–30.

Johnson, E.B., (2008). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. MLC, Bandung.

Nugroho, P.B., (2017) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Eksponen Volume 7 No 2.

Paul, R. and Elder, L. (2007). Consequential Validity: Using Assessment to Drive Instruction, Foundation for Critical Thinking. Berkeley: Universitiy of California.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenada Grouth

Tewa, Y., & Nurlansi. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Inkuiri Terstruktur Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Reaksi Oksidasireduksi (Redoks) Pada Peserta didik Sma Negeri 1 Kaledupa. Jurnal Gema Pendidikan. 25(2): 90.

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana, Jakarta.

Published
31-05-2023
How to Cite
Yunus, M. R. K. (2023). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Model Pembelajaran Inkuiri. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 147-152. https://doi.org/10.58230/27454312.206