Pengembangan Modul Pendidikan Kepramukaan Berbasis Kearifan Lokal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan modul, mengetahui desain modul pendidikan kepramukaan berbasis pembelajaran kearifan lokal yang valid, praktis dan menarik, mengetahui validitas ahli modul pendidikan kepramukaan berbasis pembelajaran kearifan lokal. Penelitian pengembangan modul pendidikan berbasis kearifan lokal memiliki tujuan untuk mengetahui kebutuhan modul, Desain serta kevalidan dari modul kepramukaan berbasis kearifan lokal. penelitian ini menggunakan metode penelitian research & development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini merupakan model four-D namun dalam penelitian ini hanya melakukan tahapan 3D yaitu pendefinisan (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Subjek penelitian merupakan peserta didik yang aktif mengikuti pramuka berjumlah 16 orang. sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dokumentasi, kuesioner dan wawancara. Berdasarkan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa dalam materi kepramukaan membutuhkan sebuah modul pendidikan kepramukaan yang berbasis kearifan lokal. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kevalidan produk menggunakan rumus yang dikemukakan oleh riduwan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul pendidikan kepramukaan berbasis kearifan lokal yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat valid oleh ketiga validator dengan hasil rekapitulas 76%.
Metrics
References
Adipta, H., M. Maryaeni, and M. Hasanah. 2016. “Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (5): 989–92. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337.
Arumdyahsari, S., W. Hs, and G. Susanto. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (5): 828–34. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6263.
Asriati, Nuraini. 2012. “Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah.” Jurnal Pedidikan Sosiologi dan Humaniora 3 (2): 106–19.
Dewi, Komala. 2018. “Pengembangan Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal Lampung Barat pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di tingkat SMA/MA.”
Diana, Nirva. 2012. “Lokal Lampung ( Analisis Eksploratif Mencari Basis Filosofis )” XII: 183–208.
Ferdianto, Ferry, and Setiyani Setiyani. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 2 (1): 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781.
Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel.” PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 11 (2): 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.
Lestariningsih, Novi, and Siti Partini Suardiman. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung Jawab.” Jurnal Pendidikan Karakter 7 (1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503.
Maaruf, Zuhdi, Ruhizan M Yassin, and Ema Yuliani. 2015. “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, no. April: 70–73.
Marzuki, Lysa Hapsari. 2015. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta” 2 (2): 142–56. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8619.
Moh.Farid Nurul Anwar, Ruminianti, Suharjo. n.d. “Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Siswa.”
Muhaemin, Aunu Ihwa. 2019. “Pengaruh Pendidikan Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Religius pada Anggota Pramuka.” Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4 (1): 111. https://doi.org/10.33477/alt.v4i1.757.
Murti, Sri, and Muhtadin Muhtadin. 2019. “Validitas Bahan Ajar LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Se-Kabupaten Musi Rawas.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 2 (2): 159–72. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.239.
Nadlir. 2014. “Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 02: 300–330.
Nailah Saidah, Parmin, Dewi. 2014. “Pengembangan Lks IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem dan Pelestarian Lingkungan.” USEJ - Unnes Science Education Journal 3 (2): 549–56. https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3357.
Rahmat, Hendi. 2018. “Pengembangan Modul Pramuka Siaga Usia 7 sampai 10 Tahun dalam Membentuk Karakter Siswa SD/MI.”
Rizki Urhidayah, Dedi Irwandi, and Nanda Saridewi. 2015. “Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit” 7 (1): 36–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/es.v7i1.1397.
Surahman, Ence, and Herman Dwi Surjono. 2017. “Pengembangan Adaptive Mobile Learning pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4 (1): 26. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723.
Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti, Herawati Susilo, Endang Suarsiniz. 2017. “Analisis Kebutuhan Bentuk Sumber Belajar dan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal untuk Kelas X SMA di Provinsi Lampung.”
Wardianti, Yunita, and Ria Dwi Jayati. 2018. “Validitas Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal.” BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 1 (2): 136–42. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.366.
Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Rahaja.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.