Pendekatan Holistik dan Terintegrasi dalam Mengembangkan Keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Salam Salam Universitas Negeri Makassar
Keywords: Strategi Pembelajaran, Bahasa dan Sastra Indonesia, Keterampilan Berbahasa

Abstract

Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia melibatkan strategi beragam untuk mengasah keterampilan berbicara, membaca, menulis, menyimak, serta penguasaan tata bahasa dan kosa kata siswa. Strategi tersebut mencakup kegiatan percakapan, berbicara estetik, berbicara bertujuan, drama, serta pendekatan proses dalam membaca dan menulis. Tata bahasa dan kosa kata terintegrasi dalam pembelajaran bahasa secara menyeluruh. Pelaksanaan strategi ini memfasilitasi interaksi aktif siswa dengan bahasa dan sastra Indonesia, mendukung penguasaan bahasa yang lebih baik dan penghargaan terhadap sastra Indonesia. Strategi pembelajaran ini mengajukan pendekatan holistik dan terintegrasi untuk pengembangan keterampilan siswa dengan peran guru sebagai kolaborator dan fasilitator, membantu siswa menjadi kompeten dalam berbahasa Indonesia dan menghargai warisan sastra budaya mereka.

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Salam Salam, Universitas Negeri Makassar

 

 

References

Anonim. 19 Februari 2002. “Pengajaran Bahasa Masih Teoritis”, Suara Merdeka, Selasa 19 Februari 2002.

Calkins, L. M. 1983. Lesson from a Child: on the Teaching and Learning of Writing. Portsmouth, NH: Heinemann.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Dikdasmen, Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004: Naskah Akademik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

DeStefano, Johanna S. 1984. Learning to Communicate in the Classroom. The Development of Oral and Written Language in Social Contexts.

Firman, F. 2022. Need Analysis of Indonesian Teaching Materials at Islamic Religious Universities. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Graves, D. H. 1983. Writing: Teachers and Children at Work. Portsmouth, NH: Heinemann.

Norton, D. E. 1989. The Effective Teaching of Language Arts. Third Edition. Columbus: Merril Publishing Company.

Palmer, B.C., et. al. 1994. Developing Cultural Literacy through the Writing Process. Boston: Allyn and Bacon.

Roe, B. D., Stoodt, B. D., and Burns, P. C. 1995. Secondary School Instruction: The Content Areas. Fifth Edition. Boston: The Houghton Mifflin Company.

Syamsi, K. 2000. “Peningkatan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar dalam Menulis (Penelitian Tindakan)”, dalam Jurnal Kependidikan (Terakreditasi), No. 2, Th. XXX, 2000.

Syamsi, K. 2000. “Peningkatan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar dalam Membaca (Penelitian Tindakan)”, dalam Cakrawala Pendidikan (Terakreditasi), November 2000, Th. XIX, No 4.

Talbert, J.E. & McLaughlin, M.E. 1999. Understanding Teaching in Context. Educational Leadership, Volume 57 (3).

Tim Pasca Sarjana UNY. 2003. Pembelajaran Efektif (Pembelajaran Kontekstual dan Berpikir Kritis. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Dikdasmen, Depdiknas.

Tomkins, G. E., and Hoskisson, K. 1995. Language Arts: Content and Teaching Strategies. Third Edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Merrill.

Wiyatmi dan Syamsi, K. 2002. “Peningkatan Apresiasi Sastra Siswa SLTP dengan Pendekatan Resepsi Sastra”, dalam Cakrawala Pendidikan (Terakreditasi), Februari 2002, Th. XXI, No. 1.

Zuchdi, D. 1996. Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses. Pidato Ilmiah pada Sidang Senat FPBS IKIP Yogyakarta tanggal 15 November 1996.

Http://www.pdk.go.id/Journal/32

Published
01-02-2023
How to Cite
Salam, S. (2023). Pendekatan Holistik dan Terintegrasi dalam Mengembangkan Keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 71-86. Retrieved from https://ssed.or.id/contents/article/view/195