Analisis Sikap Sosial Peserta Didik terhadap Pembelajaran Pasca Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar

  • Ningrum Ningrum IAIN Palopo
  • H. M. Arief IAIN Palopo
  • Lilis Suryani IAIN Palopo
Keywords: Sikap Sosial Siswa, Pembelajaran Pasca Pandemi, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap sosial siswa terhadap pembelajaran pasca pandemi, analisis sikap siswa terhadap pembelajaran pasca pandemi, dan faktor penghambat dan faktor pendukung sikap sosial siswa terhadap pembelajaran pasca pandemi di kelas III A SDN 104 Wiwitan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN 104 Wiwitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap pembelajaran pasca pandemi memang sudah menunjukkan perbedaan. Berdasarkan hasil wawancara dan angket siswa yang diperoleh dilapangan menunjukkan sikap jujur dan disiplin siswa masih sangat rendah hal ini juga sesuai dengan data angket yang diperoleh dimana sikap jujur dan tanggung jawab menempati angka terendah dengan skor rata-rata 0.81 dan 2.13 saja walaupun sikap toleransi memiliki skor rata-rata tertinggi dengan skor rata-rata 14.5. Namun, sikap jujur dan tanggung jawab juga merupakan sikap utama yang perlu diperhatikan. Untuk analisis sikap siswa terhadap pembelajaran pasca pandemi yang diperoleh dari hasil observasi menunjukkan bahwa; 1) siswa tidak mematuhi protokol kesehatan, 2) siswa tidak saling berjabat tangan, 3) siswa masih mementingkan kepentingan pribadi dibanding kepentingan kelompok, dan 4) siswa tidak saling mendorong teman untuk saling bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Kemudian untuk faktor pendukung sikap sosial siswa terhadap pembelajaran pasca pandemi yaitu guru lebih mudah menilai sikap sosial peserta didik dengan pengamatan dan juga mendapat arahan dari kepala sekolah agar selalu menjaga sikap dengan baik. Adapun faktor penghambat  sikap sosial siswa terhadap pembelajaran pasca pandemi yaitu guru tidak dapat mengawasi siswa selama 24 jam dan guru khawatir karena siswa mudah terpengaruh dari lingkungan luar.

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Ningrum Ningrum, IAIN Palopo

 

 

H. M. Arief, IAIN Palopo

 

 

Lilis Suryani, IAIN Palopo

 

 

References

Al-Quran Terjemahan. Departemen Agama RI. (2015). CV Darus Sunnah.

Ardian, R., Mareza, L., & Yuwono, P. H. (2020). IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENUMBUHKAN KERJASAMA PESERTA DIDIK DI SD ALAM BATURRADEN. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v6i4.3764

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SUNGAI MIAI BANJARMASIN. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Demonika, S. D., Mustadi, A., & Rezkillah, I. I. (2020). Implementasi Tematik Integratif Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13630

Haris, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Penerbit Salemba Humanika.

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. SAGE.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Pratama, A. yohan, Yanti, M. T., Fitriani, E., Mardani, S., & Khosiah, K. (2019). Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.189

Rohmah, N. U., & Winaryati, E. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA METODE DISKUSI. EDUSAINTEK, 3(0), Article 0. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/254

Septiani, B., & Djuhan, M. W. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Sikap Sosial Siswa melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran IPS. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.249

Sidik. (2021, January 21). Wawancara Guru kelas III A SDN 104 Wiwitan [Personal communication].

Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., Mirnawati, M., & Rusdiansyah, R. (2022). The Use of Metaphors through Speech Acts in Learning: ‎A Case from Indonesia. International Journal of Society, Culture & Language, 10(3), 137–150. https://doi.org/10.22034/ijscl.2022.551893.2613

Suteja, I. M. A. A., DB. KT.NGR. Semara Putra, S. P., & Ida Bagus Gede Surya Abadi, S. (2015). ANALISIS SIKAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 28 DANGIN PURI. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5163

Virani, I. A. D., Putu Nanci Riastini, S. P., & Drs. I Made Suarjana, M. P. (2016). DESKRIPSI SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 PENARUKAN KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7699

Published
01-02-2023
How to Cite
Ningrum, N., Arief, H. M., & Suryani, L. (2023). Analisis Sikap Sosial Peserta Didik terhadap Pembelajaran Pasca Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 15-28. https://doi.org/10.58230/27454312.172