Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Metode Pembelajaran Picture And Picture Di Sekolah Dasar

  • Desty Andian Puteri Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  • Kundharu Sadhono Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Keywords: Menulis, Picture and picture, Kreatif

Abstract

Kemampuan berbahasa meliputi aspek mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mengembangkan aspek menulis. Terutama dalam merangkai kata-kata untuk dapat disusun menjadi suatu kalimat. Maka dari itu penulis ingin meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas V SDN 01 Ngadiluwih dengan menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara langsung atau luring. Hasil yang didapatkan model pembelajaran Picture and Picture mampu memantik siswa untuk berpikir kreatif dalam mengubah potongan-potongan gambar menjadi sebuah cerita.

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Desty Andian Puteri, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

 

 

Kundharu Sadhono, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

 

 

Ani Rakhmawati, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

 

 

References

Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-36.

Baransano, A. Y., Yohanita, A. M., & Damopolii, I. (2017). Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA YABT Manokwari. In Prosiding Seminar Nasional MIPA II Universitas Papua Tahun (pp. 273-280).

Bilqis, Syachruroji, A., & Taufik, M. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Antara Model Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Langsung. JPSD, 2 (2), 147-155.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278-285.

Kharis, A. (2019). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran picture and picture berbasis IT pada tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Kristin, Firosalia. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria, 6 (2), 74-79

Lulu, R. A., Kisyani, L., & Wahyu, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menulis Naratif Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Gayungan Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 166–174.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhamsih, N., Firman, F., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 37-50.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).

Praseptia, D., & Zulherman, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3018-3025.

Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3697-3703.

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1-14.

Sumartini, N. D. (2015). Meningkatkan Keterampilan Siswa Membuat Kalimat Sederhana dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Kearifan Lokal. Khazanah Pendidikan, 9(1).

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).

Wiyati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 88–95.

Published
11-01-2023
How to Cite
Andian Puteri, D., Sadhono, K., & Rakhmawati, A. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Metode Pembelajaran Picture And Picture Di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 29-34. https://doi.org/10.58230/27454312.169