Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligence di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitan ini untuk mengembangkan lembar kerja siswa yang berisi akvitas belajar siswa berupa langkah-langkah penyelesaian soal, mencocokkan, mengamati, sampai praktikum yang menjadi fitur tumbuh kembang kecerdasan majemuk/multiple intelligence. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau penelitian R&D (research and development). Pada penelitian lembar kerja siswa ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan penelitian yaitu: (1) analys, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Pada tahap analisis dilakukan beberapa analisis untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran diantaranya adalah analisis kebutuhan awal, analisis siswa, analisis materi, dan analisis kebutuhan pembelajaran. Pada tahap desain yaitu merancang sebuah lembar kerja siswa sesuai dengan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan sebelumnya dengan ikut serta saran dan masukan oleh para validator ahli yaitu validator ahli materi, validator ahli desain LKS, dan validator ahli bahasa. Setelah melakukan analisis kemudian desain, maka dilakukan develop yaitu mengembangkan lembar kerja siswa berupa akvitas belajar siswa berbasis multiple intelligence subtema peredaran darahku sehat. Kemudian lembar kerja siswa diuji validasi oleh ketiga validator ahli tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk lembar kerja siswa berbasis multiple intelligence. Berdasarkan data hasil tersebut, kevalidan materi, desain, dan bahasa mendapatkan nilai uji kevalidan kisaran 97% dengan kategori nilai uji sangat valid.
Metrics
References
Aji, Sudi, Muhammad Nur Hudha, and Astri Rismawati, ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika’, SEJ (Science Education Journal), 1.1 (2017), 36 <https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830>
Ani, A, M Maulana, and Cucun Sunaengsih, ‘Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar’, Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar, 2.1 (2017), 971–80 <https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11234>
Ari Subekti, Dkk, Sehat Itu Penting (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013), Pusat Kurikulum Dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2017
Crawfort alan, wendy saul, samuel R. mathews, and james makinster, Teaching and Learning Strategies For The Thinking Classroom (New york: The International Debate Education Association, 2005)
Ernawati, Andi, Misykat Malik Ibrahim, and Ahmad Afiif, ‘Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas Xii Ipa Sma Negeri 16 Makassar’, Jurnal Biotek, 5.2 (2017), 1–18
Fajri, Zaenol, ‘Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013’, Pedagogik, 05.01 (2018), 100–108
Fkip, Pgsd, Universitas Sebelas, and Jalan Slamet Riyadi, ‘PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI SEKOLAH DASAR Ahmad Syawaludin 1) , Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti 2) , Hadiyah 3)’, 2016
Gardner, Howard, H Owar d Frames of Mind, 1983
Ifrianti, Syofnidah, and Yesti Emilia, ‘Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iii Min 10 Bandar Lampung’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3.2 (2016), 1–21
Indonesia, Republik, ‘Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas’, Sistem Pendidikan Nasional, 2003
Lks, Pengembangan, Berbasis Berpikir, and Kritis Pada, ‘Pengembangan Lks Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia’, Journal of Biology Education, 1.1 (2012), 47–53 <https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.378>
Magdalena, Ina, Tini Sundari, Silvi Nurkamilah, Nasrullah, and Dinda Ayu Amalia, ‘Analisis Bahan Ajar’, Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2.2 (2020), 311–26 <https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara>
Mahmud, Hilal, Administrasi Pendidikan, pertama I (makassar: penerbit aksara timur, 2015) <https://books.google.co.id/books?id=JoeIDwAAQBAJ&lpg=PR2&hl=id&pg=PR2#v=onepage&q&f=false>
Masrurah, Farhatin, ‘Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Melalui Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (Bcct)’, Lisan Al-Hal, 8.2 (2014), 301–30
Musfiroh, T, ‘Pengembangan Kecerdasan Majemuk’, Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences), 60 (2014), 1–60 <http://repository.ut.ac.id/4713/2/PAUD4404-TM.pdf>
Nasution, S, Hendri Afrianto, SAFEI & JAMILAH NURFADILLAH SALAM, Nama Nim, Ida Malati Sadjati, Sebagai Gelling Agent, and others, ‘Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar’, Pendidikam, 3.1 (2017), 1–62 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>
Oviyanti, Fitri, ‘Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru’, Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3.1 (2017), 75 <https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1384>
Pratiwi, Dilla, Sulistyo Saputro, and Agung Catur Saputro, ‘Pengembangan Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas Xi Ipa’, Jurnal Pendidikan Kimia, 4.2 (2015), 32–37
Pratiwi, W. N., D. Rochintaniawati, and R. R. Agustin, ‘The Effect of Multiple Intelligence-Based Learning towards Students’ Concept Mastery and Interest in Learning Matter’, Journal of Physics: Conference Series, 1013.1 (2018) <https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012075>
Purnama, Bambang Eka, ‘Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer’, Journal Speed, 4.2 (2012), 60–67
Suryanti, Suryanti, and Muhammad Asrullah, ‘Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Icare Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa’, HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3.2 (2019), 228 <https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.487>
Tarigan, Berwina Ngalemisa Br, Anak Agung Gede Agung, and Desak Putu Parmiti, ‘Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa’, Journal of Education Technology, 3.3 (2019), 179 <https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743>
Tursinawati, ‘Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh’, Jurnal Pionir, 1.1 (2013), 67–84
Wisnu Budi Wijaya, I Komang, ‘Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar’, Jurnal Penjaminan Mutu, 4.2 (2018), 147 <https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.568>
Yusuf, Munir, ‘Pengantar Ilmu Pendidikan’, Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018, 126
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.