Interaktivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

  • Indah Lestari IAIN Palopo
Keywords: Interaktivitas, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Interaktivitas pembelajaran di masa pandemi covid 19 dan mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap Interaktivitas dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19 di SD Islam Datok Sulaiman Kota Palopo. Desain penelitian kualitatif, penelitian ini berusaha menguraikan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Interaktivitas pembelajaran di masa pandemic di SD Islam Datok Sulaiman Kota Palopo; 1) Metode Pembelajaran, hal ini menjadi sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran, tidak tercapainya sebuah tujuan pembelajaran diakibatkan kurangnya metode pembelajaran yang strategis dalam transformasi pengetahuan kepada siswa. 2) Kedua Pemahaman Terhadap Materi, pemahaman materi siswa adalah kunci idealnya kualitas interaksi atau Interaktivitas guru dan murid. 3) Ketiga, Orang Tua, yang merupakan guru pertama saat ini (Situasi pandemic Covid 19) dirumah, pendisiplinan siswa adalah tugas utama orang tua saat ini. 4) Lingkungan adalah baik dan buruknya lingkungan seorang murid akan membentuk sikap dan perhatian murid terhadap sebuah pembelajaran.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Allan. J. Henderson, The E-learning Question and Answer Book, (USA: Amacom, 2003).

Arifin. Zainal, Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012).

Arikunto. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Arnesi. Novita Dan Abdul Hamid K, “Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris”, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2015.

Asriyanti. Sri, Pengelolaan Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid 19 Di SDLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru (Salatiga: IAIN Salatiga, 2020).

Babanski. A., “Towards a Characterization of Interactivity in Visual Analytics”, Journal of Multimedia Processing and Technologies, Vol. 3. No. 1 2012. https:// wikipedia.org/wiki/Interactivity (Diakses 29 Oktober 2020).

Dali. Muhammad, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, (Grobogan : CV Sarnu Untung, 2020).

Djamarah. Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Epriliyanti. Yashintia Arien, “Pemodelan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Menggunakan Regresi Probit Biner (Studi Kasus: Mahasiswa ITS Masa Pandemi COVID-19)” Jurnal Inferensi, Vol.3 No. 2 September 2020. https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi/article/view/7714/5043

Green. T.D. & A. Brown, Multimedia Project In The Classroom, (California, Corwin Press, INC. 2002).

Kuswandi. Wawan, Komunikasi Massa Analisis Interaktif Budaya Massa, (Jakarta : Rineka Cipta, 2009).

Mulyasana. Dedi, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).

Moleong. Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosdakarya, 2009).

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. “The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students”, Dalam Jurnal Wahyu Aji Fatma Dewi, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2. No. 1April 2020.

Purnama. Bambang Eka, Konsep Dasar Multimedia, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013).

Pratiwi. Ericha Windhiyana, “The Impact of Covid-19 on Online Learning Activities of a ChristianUniversity in Indonesia”, Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan Volume 34 Issue 1 April 2020.(Online)Tersedia:http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/14921/8585 http://doi.org/10.21009/PIP.341.1 (Diakses : 29 Oktober 2020).

Rosali. Ely Setiyasih “Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pendemi Covid 19 Di Jurusan Pendidikan Geografi di Universitas Siliwangi Tasikmalaya”, Jurnal GEOSEE, Vol. 1, No. 1, http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/indes (diakses pada 29 November 2020).

Sanjaya. Ridwan, Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat, (Semarang: Unika, 2020).

Sardiman, Interaksi dan motivasi belajar-mengajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa, 2010).

Siregar. Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. XX; Bandung: Alfabeta, 2014).

Suharsaputra. Uhar, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Tindakan , (Bandung:PT Refika Aditama, 2012).

Suyanto dan Asep Jiha, Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, (Jakarta: Erlangga, 2013).

Utami. Yuliza Putri dan Derius Alan Dheri Cahyono, “Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Padaproses Pembelajaran Daring”, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik Vol. 1, No. 1, Juni 2020.

Yusuf. A. Muri, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (Jakarta: Kencana, 2014).

Published
01-05-2022
How to Cite
Lestari , I. (2022). Interaktivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 67-78. https://doi.org/10.58230/27454312.142