Implementasi Pendidikan Karakter pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Dunia Pendidikan

  • Christian Dinata Universitas Mulawarman
  • Handoko Universitas Mulawarman
  • Irmaina Syafira Universitas Mulawarman
  • Mina Fitri Andini Universitas Mulawarman
  • Sapna Mega Ariska Universitas Mulawarman
  • Siti Marwa Multiana Sapitri Universitas Mulawarman
  • Farah Erika Universitas Mulawarman
Keywords: Impelmentasi, Pendidikan Karakter, Pandemi Covid 19, Dunia Pendidikan

Abstract

Karakter diartikan sebagai cara berpikir dan bertindak individu dalam rangka hidup dan bekerja sama dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Orang yang berkarakter baik adalah orang yang dapat mengambil keputusan dan mau bertanggung jawab atas segala akibat dari keputusannya pada proses pengembangan artikel ini. Adapun metode yang digunakan pada Penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data mengadopsi metode penelitian berupa studi literatur atau mereview artikel atau jurnal yang tersedia. Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Peningkatan kualitas pendidikan pada dasarnya merupakan kewajiban semua orang yang terlibat dalam sektor pendidikan. Pemerintah telah melakukan upaya agar pendidikan tidak hanya berlandaskan pada aspek intelektual, tetapi juga mampu membentuk akhlak mulia dalam diri siswa itu sendiri. Covid-19 memberikan pengaruh dalam bidang pendidikan sehingga proses pembelajaran yang biasanya dilakukan luring sekarang berubah menjadi daring. Hal yang terpenting dalam kehidupan merupakan pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan pada dasarnya kewajiban semua orang yang terlibat dalam sektor pendidikan. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Masa Pandemi Covid-19, dalam upaya pemerintah dan para guru mengatasi permasalahan pandemi covid-19 seperti sekarang ini memang sangat sulit untuk melakukan penguatan terhadap Pendidikan karakter. Oleh sebab itu, maka ditawarkan strategi penguatan pendidikan karakter melalui sistem daring seperti siswa dan guru harus dilatih keterampilan menggunakan TIK, siswa harus dilatih untuk memiliki kemandirian dalam belajar, siswa harus dididik untuk berdisiplin, siswa harus dididik untuk selalu bertanggung jawab serta peran orang tua berperan aktif dalam mendidik anak dalam lingkup keluarga selain guru itu sendiri.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdusshomad, A. 2020. Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 107-115. https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p

Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305–315. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar- I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Anurgrahana, Andri. 2020. "Hambatan, Solusi dan Harapan Pembelajran Daring selama Pandemi Covid 19 oleh guru SD. Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 10 No, 3. hlm. 285.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Diana, P.Z., Wirawati, D., Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam Pembentukkan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 9(1), 16-22.

Etikasari, B., Puspitasari, T. D., Kurniasari, A. A., & Perdanasari, L. (2020). Sistem Informasi Deteksi Dini Covid-19. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 9(2),101–108. https://doi.org/10.35793/jtek.9.2.2020.28278

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Gallo, G. & Trompetto, M. (2020). The Effects of COVID-19 on Academic Activities and Surgical Education in Italy, Journal of Investigative Surgery, 18 (1),

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP – Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (2020): 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Ilham, Muhammad, ‘Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA)Di SMPN 7 Yogyakarta’, Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1.2 (2021)

Intania, E. V. & Sutama (2020). The Role Of Character Education In Learning During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 13, No. 2, pp.129-136.

Janah, W. A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). The Contribution of Leadership Value of Nadjmi Adhanias a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 188.https://doi.org/10.20527/iis.v1i2.2096

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13–20. Http://Dx.Doi.Org/10.25157/Ja.V7i1.3180

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 5(1).

Maryati, & Lian, Bukman. 2020. Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di SD Negeri 5 Betung Kabupaten Banyuasin. Journal of Innovation and Instructional Media. 1(1): 27. Palembang: Program Pascasarjana Universitas PGRI.

Mitra, J., Misra, S., & Sharma, P. (2020). COVID-19 Pandemic in India: What Lies Ahead. India Journal Clinical Biochem. 1-3. doi:10.1007/s12291-020-00886-6.

Oktawirawan, Dwi Hardani. 2020. “Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah

Universitas Batanghari Jambi 20 (2): 541.Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V20i2.932.

Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Tanggung Jawab BelajaMahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani.3,(2).2541-3945 (online).http://www.sttintheos.ac.id/ejournal/index.php/dunamisAnggraini, L

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Instruction Berbasis Whatsapp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188–197. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708 Inovasi.

Rusmansyah., Irhasyuarna., (2001), Penerapan Model Latihan Berstruktur dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Persamaan Reaksi, http://www.pdk.go.id/jurnal/35/edit orial.htm

Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya., M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam

Perspektif Konflik Ideologis. Jurnal Etika Demokrasi (JED). 4 (2), 89-98. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391

Wahyuni, D. E. dan Sitti Aliffatul Hasanah. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan local Pembentuk Karakter Bangsa. FKIP e-PROCEEDING,19 (24), 2527-5917. Available at:<https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5828>. Date accessed: 27 july 2020

Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 208–216. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882.

.Yulia Citra. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tersedia pada: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/795/666

Zuchdi, Darmiyati, Prasetya, Zuhdan Kun,dan Masruri Muhsinatun Siasah. 2010. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar,”. Cakrawala Pendidikan. 1 ( 3). 2010. Edisi Khusus Dies Natalis UNY. http://journal.uny.ac.id/index

Published
03-07-2022
How to Cite
Dinata, C., Handoko, Syafira , I., Andini , M. F., Ariska , S. M., Sapitri , S. M. M., & Erika , F. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Dunia Pendidikan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(3), 109-116. https://doi.org/10.58230/27454312.135