Implementasi Pendidikan Karakter pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Dunia Pendidikan
Abstract
Karakter diartikan sebagai cara berpikir dan bertindak individu dalam rangka hidup dan bekerja sama dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Orang yang berkarakter baik adalah orang yang dapat mengambil keputusan dan mau bertanggung jawab atas segala akibat dari keputusannya pada proses pengembangan artikel ini. Adapun metode yang digunakan pada Penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data mengadopsi metode penelitian berupa studi literatur atau mereview artikel atau jurnal yang tersedia. Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Peningkatan kualitas pendidikan pada dasarnya merupakan kewajiban semua orang yang terlibat dalam sektor pendidikan. Pemerintah telah melakukan upaya agar pendidikan tidak hanya berlandaskan pada aspek intelektual, tetapi juga mampu membentuk akhlak mulia dalam diri siswa itu sendiri. Covid-19 memberikan pengaruh dalam bidang pendidikan sehingga proses pembelajaran yang biasanya dilakukan luring sekarang berubah menjadi daring. Hal yang terpenting dalam kehidupan merupakan pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan pada dasarnya kewajiban semua orang yang terlibat dalam sektor pendidikan. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Masa Pandemi Covid-19, dalam upaya pemerintah dan para guru mengatasi permasalahan pandemi covid-19 seperti sekarang ini memang sangat sulit untuk melakukan penguatan terhadap Pendidikan karakter. Oleh sebab itu, maka ditawarkan strategi penguatan pendidikan karakter melalui sistem daring seperti siswa dan guru harus dilatih keterampilan menggunakan TIK, siswa harus dilatih untuk memiliki kemandirian dalam belajar, siswa harus dididik untuk berdisiplin, siswa harus dididik untuk selalu bertanggung jawab serta peran orang tua berperan aktif dalam mendidik anak dalam lingkup keluarga selain guru itu sendiri.
Metrics
References
Abdusshomad, A. 2020. Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 107-115. https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305–315. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar- I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Anurgrahana, Andri. 2020. "Hambatan, Solusi dan Harapan Pembelajran Daring selama Pandemi Covid 19 oleh guru SD. Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 10 No, 3. hlm. 285.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Diana, P.Z., Wirawati, D., Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam Pembentukkan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 9(1), 16-22.
Etikasari, B., Puspitasari, T. D., Kurniasari, A. A., & Perdanasari, L. (2020). Sistem Informasi Deteksi Dini Covid-19. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 9(2),101–108. https://doi.org/10.35793/jtek.9.2.2020.28278
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Gallo, G. & Trompetto, M. (2020). The Effects of COVID-19 on Academic Activities and Surgical Education in Italy, Journal of Investigative Surgery, 18 (1),
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP – Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (2020): 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.
Ilham, Muhammad, ‘Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA)Di SMPN 7 Yogyakarta’, Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1.2 (2021)
Intania, E. V. & Sutama (2020). The Role Of Character Education In Learning During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 13, No. 2, pp.129-136.
Janah, W. A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). The Contribution of Leadership Value of Nadjmi Adhanias a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 188.https://doi.org/10.20527/iis.v1i2.2096
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13–20. Http://Dx.Doi.Org/10.25157/Ja.V7i1.3180
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 5(1).
Maryati, & Lian, Bukman. 2020. Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di SD Negeri 5 Betung Kabupaten Banyuasin. Journal of Innovation and Instructional Media. 1(1): 27. Palembang: Program Pascasarjana Universitas PGRI.
Mitra, J., Misra, S., & Sharma, P. (2020). COVID-19 Pandemic in India: What Lies Ahead. India Journal Clinical Biochem. 1-3. doi:10.1007/s12291-020-00886-6.
Oktawirawan, Dwi Hardani. 2020. “Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah
Universitas Batanghari Jambi 20 (2): 541.Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V20i2.932.
Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Tanggung Jawab BelajaMahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani.3,(2).2541-3945 (online).http://www.sttintheos.ac.id/ejournal/index.php/dunamisAnggraini, L
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Instruction Berbasis Whatsapp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188–197. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708 Inovasi.
Rusmansyah., Irhasyuarna., (2001), Penerapan Model Latihan Berstruktur dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Persamaan Reaksi, http://www.pdk.go.id/jurnal/35/edit orial.htm
Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya., M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam
Perspektif Konflik Ideologis. Jurnal Etika Demokrasi (JED). 4 (2), 89-98. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391
Wahyuni, D. E. dan Sitti Aliffatul Hasanah. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan local Pembentuk Karakter Bangsa. FKIP e-PROCEEDING,19 (24), 2527-5917. Available at:<https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5828>. Date accessed: 27 july 2020
Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 208–216. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882.
.Yulia Citra. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tersedia pada: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/795/666
Zuchdi, Darmiyati, Prasetya, Zuhdan Kun,dan Masruri Muhsinatun Siasah. 2010. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar,”. Cakrawala Pendidikan. 1 ( 3). 2010. Edisi Khusus Dies Natalis UNY. http://journal.uny.ac.id/index
Copyright (c) 2022 Christian Dinata Christian Dinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.