Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas IV melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament SDN 256 Bonepute Kecamatan Nuha

  • Jusrianto jusrianto Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Haspidawati Nur Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Daniel Parubang Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Hasil Belajar, IPA, Team Games Tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peningkatan hasil belajar ipa kelas iv melalui model pembeajaran team games tournament sdn 256 bonepute kecamatan nuha. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa yang terdiri 8 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Desain penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDN 256 bonepute pada bulan Juli-Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran  Tipe Team Games Tournament (TGT) yang terdiri 2 siklus dan setiap siklus itu melakukan 3 kali pertemuan dalam I siklus. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklus adapun hasil penelitian yang didapatkan pada siklus 1 hasil belajar siswa hanya 7 siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas (31%) kategori sedang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 18 siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas (85%) kategori sangat tinggi dan telah mencapai indikator keberhasilan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Asy’ari, Maslichah. 2006. Penerapan Pendekatan Sains teknologi Masyarakat dalam pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Chatib, M. 2012. Orang tua manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa.

Damayanti, I. 2014. Penerapan model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3). 1-12.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Isi Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Panduan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta : Puskur Balitbang Depdiknas.

Firman, F., Mirnawati, M., & Aswar, N. 2021. How to Improve Indonesian Language Learning Outcomes at Madrasah Tsanawiyah Through the Talking Stick Learning Model. TEKNOSASTIK, 19(2).

Heriawan, Adang, dkk. 2012. Metodelogi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Banten: LP3G.

Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pengertian Model.

Paudi Ishak Ritman, dkk, 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Metode Pembelajaran Tipe Team Games Tournament di kelas V SDK Bangkara”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihah, Ali. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP. ISSN. 2527-967x Vol 1, No 1.

Sudha, I Kt., Kt. Gading, Ndara Tanggu Renda. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV.e. Journal PGSD Universitas Pendidikan Genesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Sudjana, Nana. 2010. Proses dan Hasil dan Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Suparno, P. 2012. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Jakarta. Depdiknas.

Published
29-04-2022
How to Cite
jusrianto, J., Nur, H., & Parubang, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas IV melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament SDN 256 Bonepute Kecamatan Nuha . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(4), 281-295. https://doi.org/10.58230/27454312.132