Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Antisipatif Bencana: Studi Penguatan Materi Terintegrasi Ayat Al-Qur'an

  • Nurul Aulya Ikbal Aul
Keywords: Al-Qur’an dan bencana alam, ayat-ayat tentang bencana alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan; Untuk Menjelaskan ayat al-Quran berbicara tentang antisipatif bencana; Menjelaskan tentang materi IPA berbasis antisipatif bencana; Untuk Menjelaskan tentang cara mengintegrasikan ayat al-Quran materi IPA berbasis antisipatif bencana.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), mengkaji Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Antisipatif Bencana Studi Penguatan Materi Terintegrasi Ayat Al-Quran melalui membaca, dan mencatat hasil penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan.

Hasil penelitian terdapat pada; Ayat-ayat al-Qur’an tentang bencana dan antisipatif bencana sebagai berikut: Q.S al-Hadid ayat 22, Q.S ar-Rum ayat 41, Q.S as-Syura ayat 30, Q.S al-Baqarah ayat 155, Q.S. Al-Baqarah ayat 214, dan Q.S. Al-Fajr ayat 21, Q.S. Qaf ayat 44, Q.S. al-Ra’d ayat 31, Q.S. al-A’raf ayat 78, Q.S Hud ayat 32-49, Q.S al-A’raf ayat 65-72;  Materi IPA berbasis Antisipatif Bencana, seperti gempa bumi dan banjir serta bagaimana pencegahannya agar tidak atau menimalisir terjadinya korban atau kerugian; Cara Mengintegrasikan Ayat al-Qur’an Ke dalam Materi IPA Berbasis Antisipatif Bencana yaitu mempelajari cara pencegahan atas bencana yang terjadi dan mengaitkan atau mengintegrasikan dengan nilai-nilai Al-Quran.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arifuddin. 2015. Konsep Integrasi Ilmu Dalam Pandangan Ismail Raji Al-Faruqi. Konsep Integrasi Ilmu Syamil F. Nashori, Membangun Paradigma PsikologiIslami.Diakses dari http://ikhsanudin.wordpress.com/2021/03/20/.


Claxton, Usman. 2010. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta : Global Pustaka Ilmu.

Hernedi Ma’ruf, 2011.Bencana Alam dan Kehidupan Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an” dalam Sahiron Syamsuddin (Ed.), Al-Quran dan Isu-isu Kontemporer, Yogyakarta: Elsaq.


Ikhsanudin.2011. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Diakses dari http://ikhsanudin.wordpress.com/2011/09/28/, 20 Oktober 2020.



Indarti Komala Dewi,2016.Mitigasi Bencana Sebagai Bahan Pembelajaran IPA dan IPS Pada Kurikulum 2013 Untuk Jenjang Pendidikan Dasar Kelas 5,S1-Universitas Pakuan.


Indrayati, 2009.Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah dasar, Bandung; Alfabeta.


Latifah, S., & Ratnasari, R., 2016.Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya.
cs
Muhammad Alfatih Surya Dilaga, 2013.Pemahaman Hadist Tentang Bencana dalam Essensia.Diakses dari http://ikhsanudin.wordpress.com/2010/09/20/, 20 Oktober 2020.


Muhammad Mujahidus Shofa, 2020. Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Qur’an dan Nilai-nilai Pesantren, ‘Jurnal IJIS Edu: Indonesia j.Integr.Sci Education.


Muhmmad Alfatih Surya Dilaga, 2013. Pemahaman Hadist Tentang Bencana ,dalam Essensia”.Journal bencana Alam,Vol. XIV, No. 1.


M. Quraish Shihab, “Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an), Ciputat:Lentera Hati, 2000.
Nafi’atus Sholiha, 2019.Pengembangan IPA terintegrasi dengan ayat Al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber belajar peserta didik MTs. Kelas VIII di MTs. N 1 Yogyakarta,Program studi Pendidikan Fisika; Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Oemar Hamalik.2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta; Bumi Aksara.


Padmono. 2012.Pembelajaran Terpadu IPA Kelas III SD, Penelitian di SD Kebumen.Diakses tanggal 20 Januari 2012.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No 33 Tahun 2006

Septiara Purwaningrum.2015. Elaborasi Ayat-ayat Sains dalam Al-Qur’an : Langkah menuju integrasi Agama dan Sains dalam Pendidikan; (Inovatif; volume 1, No. 1).

Shofa,M.M, 2020. Pembelajaran IPA terintegrasi Al-Quran dan Nilai-nilai Pesantren. (IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education)

Shofa, M. M., Nailufa,dkk. 2020.Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Quran dan Nilai-Nilai Pesantren. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1).


Sugiyono, 2008.Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, Sri.Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar danPenerapannya dalam KTSP.Yogyakarta : Global Pustaka Ilmu, 2010.

Sugiyono.Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008.


Schunk, D. H. Learning Theories an Educational Perspective 6th Edition. Boston: Pearson Education, 2012.

Usman, 2020.Sains untuk Sekolah Dasar.Jakata: Depdikbud.


Usman Samatowa, 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar, Jakarta: PT Indeks.
Published
01-07-2022
How to Cite
Aul, N. A. I. (2022). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Antisipatif Bencana: Studi Penguatan Materi Terintegrasi Ayat Al-Qur’an. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 49-56. https://doi.org/10.58230/27454312.127

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'