Penerapan Teknik SQ3R pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi

  • Salam Universitas Negeri Gorontalo
  • Wa Ode Irawati Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Membaca, Teknik SQ3R, Teks Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik membaca SQ3R dalam menceritakan kembali isi teks narasi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian  ini adalah tabel atau catatan hasil penerapan teknik membaca SQ3R dan ungkapan ulang isi teks. Sumber data penelitian adalah mahasiswa semester II kelas A dan B Jurusan  Bahasa dan Sastra Indonesia yang berjumlah 53 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah simak-catat, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 34 responden mengikuti seluruh tahapan SQ3R, 18 responden tidak menerapkan tahapan Review, dan 1 responden tidak menerapkan semua tahapan SQ3R. Hasil menceritakan kembali isi teks narasi menunjukkan tiga kategori nilai, yaitu 8 responden memiliki nilai sangat baik, 26 responden memiliki nilai baik, dan 19 responden memiliki nilai cukup. Penerapan teknik SQ3R efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menceritakan kembali isi teks narasi, karena teknik ini tidak hanya meningkatkan pemahaman tetapi juga memori dan kemampuan berpikir kritis yang penting dalam proses narasi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alek A. & H. Achmad H.P. (2010). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.

Harianto, E. (2020a). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Harianto, E. (2020b). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56

Ilmi, D. N., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2017). Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 88–99.

Jumiatih. (2020). Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Didaktika, 9(1), 123–130. https://jurnaldidaktika.org/

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning.

Oktarina, Y. dan S. (2017). Pengaruh Membaca Cepat Terhadap Tingkat Pemahaman Bacaan (Studi Kajian Literatur dan Penerapan bagi Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo)e. Inovasi Pendidikan, 2(18), 119.

Rana, A., Naba, A. H., & Nasaruddin. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B di TK Harapan Tamatiku. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(3), 143–152. https://doi.org/10.58230/27454312.156

Robinson, F. P. (1970). Effective Study.

Safaruddin, Nurhastuti, Fatmawati, & Silitonga, E. C. (2018). Penerapan Metode Survey , Question , Read , Recite , Review ( Sq3R ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 1–5.

Salam. (2023). Pendekatan Holistik dan Terintegrasi dalam Mengembangkan Keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 71–86.

Sobri. (2017). “Strategi Belajar SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Bacaan Siswa”. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(1), 57–75.

Soedarso. (2005). Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif.

Published
31-08-2024
How to Cite
Salam, & Wa Ode Irawati. (2024). Penerapan Teknik SQ3R pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4021-4030. https://doi.org/10.58230/27454312.1217