Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Fotosintesis di MI/SD

  • Anggi Anisa Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurdiana Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: fotosintesis, kemampuan berpikir kritis, pengembangan LKPD

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran IPA berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis berpikir kritis pada siswa MI/SD. LKPD yang dikembangan bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD dalam membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik materi fotosintesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (Rnd) dngan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: Define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A MIN 7 Kota Medan. Instrumen yang digunakan berupa angket lembar kelayakan ahli media dan ahli materi, angket kepraktisan respon guru dan siswa serta uji kelayakan berupa pre test dan post test.  Berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi memperoleh skor 93 dengan kategori layak. Hasil uji kepraktisan angket guru dan siswa memperoleh skor 91 dengan kategori sangat praktis. Hasil tes pre test 37,5 dan post test 83,5 menunjukkan kenaikan sebesar 46, sehingga diperoleh hasil N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangan sangat layak, sangat praktis serta efektif digunakan dalam pembelajaran materi fotosintesis.

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aktorida, N. T. D., Asep, A. S. E., & Hajani, T. J. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Pada Pembelajaran Tema 7 Kelas V Sd Negeri 5 Lubuklinggau. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(3), 65–74. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.325

Alia Rohani, & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287–1295. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134

Damanik, N. N., Rasyidah, & Rambe, R. N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Jeumpa, 9(2), 739–747. https://doi.org/10.33059/jj.v9i2.6384

Diniaty, A., & Atun, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Industri Kecil Kimia Berorientasi Kewirausahaan Untuk SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 46–56. https://doi.org/10.1063/1.4830215

Fatiah, A., Riyadi, R., & Daryanto, J. (2022). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori robert h ennis pada kelas v sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(6). https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.56158

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417

Hadi, S. (2019). TIMSS INDONESIA ( Trends In International Mathematics And Science Study ). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569.

Harahap, I, H., Anas, N., M. A. H. S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Ekskresi Surel : isnainihasyimhrp@gmail.com. SEJ (School Education Journal), 11(3), 256–262.

Heinich, R., Molenda, J. D. R. (1996). Instructional Media and Tecnologies for Learning (7th ed.). Macmillan Publishing Company.

Khovivah, A., Gultom, E. S., & Lubis, S. S. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 152–161. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.258

Maulida, L., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2023). Model Four-D Sebagai Implementasi Untuk Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Modul Mata Kuliah K3. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 433–440. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.532

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.253

Oktapia, L., & Siregar, L. N. K. (2023). Development of LKPD Based on Contextual Teaching and Learning on Square and Rectangular Materials to Improve Learning Outcomes of Grade IV Elementary School Students. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(3), 937–954. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i3.479

Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1090

Permata, R. A., Rafida, T., Sitorus, A. S., & Id, A. A. (2023). Pengaruh Pembelajaran STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di RA Fathimaturridha Medan. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 170–182. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.

Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Rambe, A. H., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). Diktat Edukatif Andina Halimsyah Rambe.docx. Journal Article, 1–10.

Resnick, L. B. (1987). Education and Learning to Think. In Education and Learning to Think (Issue January 1987). https://doi.org/10.17226/1032

Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63497

Ritonga, A. A., & Gunawan. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0.

Rohani. (2020). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran. In Repository.Uinsu. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I

Saragih, S. &. (2018). Kata kunci; efektifitas, pemanfaatan, media pembelajaran. Pendidikan Islam, 7, 1–15. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/265/251

Simanjuntak, M. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 921–929.

Soekamto, Hadi. (2020). Panduan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). In Sistem Pengelolaan Pembelajaran Universitas Negeri Malang (Issue February). https://www.researchgate.net/publication/349256221 Panduan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik LKPD

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sundari, A., & Siregar, N. (2023). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Permainan Tradisional pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1787–1799. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2418

W.P. Putra, I.M. Gunamantha, & I.N. Sudiana. (2023). Pengembangan E-Lkpd Hots Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 169–180. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2177

Wahono, R. H. J., Supeno, S., & Sutomo, M. (2022). Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(5), 8331–8340.

Wandini, R. R., Maghfhirah, S., & Hasibuan, A. T. (2021). Analisis Desain Pembelajaran Pkn Di Sd/Mi Kelas Tinggi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 12(1), 59. https://doi.org/10.31942/mgs.v12i1.4377

Wicaksono, A. G., & Riyadi, U. S. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. 10(November), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Published
17-08-2024
How to Cite
Siregar, A. A., & Nurdiana Siregar. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Fotosintesis di MI/SD . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3669-3682. https://doi.org/10.58230/27454312.1191