Analisis Kesulitan dan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan, kemampuan Peserta Didik, dan faktor-faktor penyebab kesulitan yang dialami Pesera Didik dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif dengan cara pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan Tes dan Wawancara. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti yang diperoleh sebagai berikut: Kesulitan konsep =48,8%, Kesulitan keterampilan =9,06%, Kesulitan Pemecahan masalah =6,07% . Kesulitan konsep merupakan kesulitan terbesar yang dilakukan oleh siswa. Faktor- faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada pokok bahasan operasi aljabar: 1) kurangnya minat siswa terdap pelajaran matematika, 2) Rutinitas belajar siswa berkurang, 3) Kemampuan yang kurang, 4) tidak dapat menghitung dengan benar. Upaya yang dilakukan siswa dalam mengatasi kesulitan menyelesaikan soal operasi aljabar: 1) Belajar dengan giat, 2)Membaca berulang-ulang, 3)Berdiskusi/kerja kelompok dengan teman, 4)Bertanya kepada guru, 5) Memahami kembali penjelasan dari guru.Implikasi penelitian, kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika dipengaruhi dari berbagai faktor internal dan faktor eksternal, namun kesulitan yang dimaksut dalam penelitian ini dikategorikan menjadi 3 yaittu: 1) kesulitan konsep, 2) Kesulitan keterampilan, 3) Kesulitan Pemecahan masalah.Dan Kemampuan tingkat tinggi =24,10%, Kemampuan tingkat sedang =51,8%, Kemampuan tingkat rendah =24,10%.
Metrics
References
Djamarah, Syaiful Bahri Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar cet.ke-5, Jakarta:Rineka Cipta, 2014
Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551-558. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/621
Firman, F., Kaso, N., Arifuddin, A., Mirnawati, M., Ilham, D., & Karim, A. R. (2021). Anti-Corruption Education Model in Islamic Universities. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2146-2158.
Firman, F. (2021). Integrasi Keilmuan dan Rekonstruksi Bahan Ajar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.
Imron, Zainul “Matematika”, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Repoblik Indonesia: thn 2016
Jamal, Fakhrul.“Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Matapelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas PA SMA Muhamadiyah Meulobah Johan Pahlawan” Jurnal MajuJurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, Maret – September 2015
Kadir, Abdul. “Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar” Jurnal Al-Ta’dib Vol.8 No.2, 2015
Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129
Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi Cet keenam, Jakarta: Rineka Cipta 2015
Sukirman, S., Firman, F., & Ilham, D. (2021). The Role of the Taklim Council in the Development of Islamic Education. Journal of Indonesian Islamic Studies, 1(1), 9-27.
Syafri, Fatrima Santri Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI cet.ke-1, Yogyakarta : Matematika 2016
Undang-undang Ri no 20 tahun 2003 tentang sisdiknas dan peraturan pemerintah RI tahun 2015 tentang standar nasional pendidikan serta wajib bbelajar, (Bandung: Citra Umbara)
Wijaya, Ariyadi. Aljabar: Tantangan Beserta Pembelajaranya Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP - UMRAH Vol. 1 No. 1, Agustus 2016
Yuhasriati, “Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika” Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2012, ISSN: 2302-5158
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.