Analisis Kesulitan dan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika

  • Julkaida IAIN Palopo
Keywords: Kesulitan, kemampuan, menyelesaikan soal matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan, kemampuan Peserta Didik, dan faktor-faktor penyebab kesulitan yang dialami Pesera Didik dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif dengan cara pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan Tes dan Wawancara. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti yang diperoleh sebagai berikut: Kesulitan konsep =48,8%, Kesulitan keterampilan =9,06%, Kesulitan Pemecahan masalah =6,07% . Kesulitan konsep merupakan kesulitan terbesar yang dilakukan oleh siswa. Faktor- faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam mengerjakan  soal  matematika  pada  pokok  bahasan  operasi  aljabar: 1)  kurangnya minat siswa terdap pelajaran matematika, 2) Rutinitas belajar siswa berkurang, 3) Kemampuan yang kurang, 4) tidak dapat menghitung dengan benar. Upaya yang dilakukan siswa dalam mengatasi kesulitan menyelesaikan soal operasi aljabar: 1) Belajar   dengan   giat,   2)Membaca   berulang-ulang,   3)Berdiskusi/kerja   kelompok dengan teman, 4)Bertanya kepada guru, 5) Memahami kembali penjelasan dari guru.Implikasi penelitian, kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika dipengaruhi dari berbagai faktor internal dan faktor eksternal, namun kesulitan yang dimaksut dalam penelitian ini dikategorikan menjadi 3 yaittu: 1) kesulitan konsep, 2) Kesulitan keterampilan, 3) Kesulitan Pemecahan masalah.Dan Kemampuan tingkat tinggi =24,10%, Kemampuan tingkat sedang    =51,8%, Kemampuan tingkat rendah =24,10%.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Djamarah, Syaiful Bahri Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar cet.ke-5, Jakarta:Rineka Cipta, 2014

Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551-558. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/621

Firman, F., Kaso, N., Arifuddin, A., Mirnawati, M., Ilham, D., & Karim, A. R. (2021). Anti-Corruption Education Model in Islamic Universities. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2146-2158.

Firman, F. (2021). Integrasi Keilmuan dan Rekonstruksi Bahan Ajar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Imron, Zainul “Matematika”, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Repoblik Indonesia: thn 2016

Jamal, Fakhrul.“Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Matapelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas PA SMA Muhamadiyah Meulobah Johan Pahlawan” Jurnal MajuJurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, Maret – September 2015

Kadir, Abdul. “Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar” Jurnal Al-Ta’dib Vol.8 No.2, 2015

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi Cet keenam, Jakarta: Rineka Cipta 2015

Sukirman, S., Firman, F., & Ilham, D. (2021). The Role of the Taklim Council in the Development of Islamic Education. Journal of Indonesian Islamic Studies, 1(1), 9-27.

Syafri, Fatrima Santri Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI cet.ke-1, Yogyakarta : Matematika 2016

Undang-undang Ri no 20 tahun 2003 tentang sisdiknas dan peraturan pemerintah RI tahun 2015 tentang standar nasional pendidikan serta wajib bbelajar, (Bandung: Citra Umbara)

Wijaya, Ariyadi. Aljabar: Tantangan Beserta Pembelajaranya Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP - UMRAH Vol. 1 No. 1, Agustus 2016

Yuhasriati, “Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika” Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2012, ISSN: 2302-5158

Published
01-11-2021
How to Cite
Julkaida. (2021). Analisis Kesulitan dan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(4), 233-240. https://doi.org/10.58230/27454312.116