Analisis Butir Soal Tes Uraian pada Mata Pelajaran SKI Kelas IX MTsS TI Candung Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) ujian tengah semester genap bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah (MTSs TI) Canduang Tahun Ajaran 2020-2021. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling. Peneliti memperoleh temuan bahwa (1) validitas isi soal soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) ujian tengah semester genap tahun 2020/2021 menunjukan sangat tinggi. Hal ini ditunjukan dengan tingkat kesesuaian 100% seluruh butir soal tersebut dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan; (2) soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) tengah semester genap tahun 2020/2021 ini memiliki tingkat reliabilitas atau tingkat konsistensi yang tinggi, dengan angka tes 0,60 (berada pada interval 0,60-0,80). Dapat dinyatakan bahwa butir soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) ujian tengah semester genap bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah (MTSs TI) Canduang Tahun Ajaran 2020-2021 dapat dipercaya kegunaannya. Apabila hasil ditinjau dari segi kesulitan adalah 60 % (0,60), dapat dikatakan dapat digunakan sebagai tes standar; (3) daya beda menunjukkan dapat diterima baik mencapai 90 % dan dapat diterima tapi perlu diperbaiki mencapai 10 %;
Metrics
References
Chairawati, Fajri. 2014. Evaluasi Pembelajaran pada Kelas Internasional Fakultas Dakwah IAIN Ar Raniry. Dalam: Jurnal Al-Bayan. Vol. 20, No. 29. Januari-Juni 2014. (hal: 16-32)
Hidayat, Y. (2018). Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Maharat, 1(1), 28. https://doi.org/10.18196/mht.113
Zulkifli, M. (2018). ANALISIS BENTUK EVALUASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.29
Nurgiyantoro, B. (2013). Penilain Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEF Yogyakarta.
Wahab, M. A. (2016). Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Islam Negeri. Arabiyât, 3(1), 32–51.
Khafidin, Z. (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Tes Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat SMA. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.775
Kadir, A. (2015). MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR. Jurnal Al-Ta’dib. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411
Ainin, M. (2016). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Suharti, S. (2017). Kualitas Tes Bahasa Arab dan Prestasi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul ( Analisis Butir Soal UAMBN. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 185–196.
Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmodern. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519
Rudin, A. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Bahasa Arab
Kelas VIII Di MTs Modern Al Azhary Ajibarang Tahun Pelajaran 2015-2016 (IAIN Purwokerto). Retrieved from http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2117/
Bahri, O. S. (2019). Analisis Isi Soal UAMBN Bahasa Arab Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 50–54.
Ainin, M. (2019). Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Lisan Arabi.
Machmudah, U., Khuzaimah, K., & Sholihah, M. (2019). The Characteristics Of Arabic Language Textbooks Of Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 179–193. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i1.4091
Muslim, A. B. (2017). Al-Ikhtibarat al-Lughawiyyah: Tasmimuha wa Anwa’uha. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(1). https://doi.org/10.24042/albayan.v8i1.359
Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mutholib, A. (2016). Analisis Butir Soal Bahasa Arab Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2012-2013. Arabia,5(2).
Al-Khuli, M. A. (2000). al-Ikhtibarat al-Lughawiyyahh. Amman: Dar al-Falah.
Copyright (c) 2022 ardiansyah azianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.