Analisis Butir Soal Tes Uraian pada Mata Pelajaran SKI Kelas IX MTsS TI Candung Tahun Ajaran 2020/2021

  • Ardiansyah Azianto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
Keywords: Madrasah Tsanawiyah, Soal SKI, Ujian tengah semester

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) ujian tengah semester genap bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah (MTSs TI) Canduang Tahun Ajaran 2020-2021. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling. Peneliti memperoleh temuan bahwa (1) validitas isi soal soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) ujian tengah semester genap  tahun 2020/2021  menunjukan sangat tinggi. Hal ini ditunjukan dengan tingkat kesesuaian 100% seluruh butir soal tersebut dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan; (2) soal Sejarah kebudayaan islam (SKI)  tengah semester genap tahun 2020/2021 ini memiliki tingkat reliabilitas atau tingkat konsistensi yang tinggi, dengan angka tes 0,60 (berada pada interval 0,60-0,80). Dapat dinyatakan bahwa butir soal Sejarah kebudayaan islam (SKI) ujian tengah semester genap bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah (MTSs TI) Canduang Tahun Ajaran 2020-2021 dapat dipercaya kegunaannya. Apabila hasil ditinjau dari segi kesulitan adalah 60 % (0,60), dapat dikatakan dapat digunakan sebagai tes standar; (3) daya beda menunjukkan dapat diterima baik mencapai 90 % dan dapat diterima tapi perlu diperbaiki mencapai 10 %;

Metrics

Metrics Loading ...

References

Chairawati, Fajri. 2014. Evaluasi Pembelajaran pada Kelas Internasional Fakultas Dakwah IAIN Ar Raniry. Dalam: Jurnal Al-Bayan. Vol. 20, No. 29. Januari-Juni 2014. (hal: 16-32)

Hidayat, Y. (2018). Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Maharat, 1(1), 28. https://doi.org/10.18196/mht.113

Zulkifli, M. (2018). ANALISIS BENTUK EVALUASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.29

Nurgiyantoro, B. (2013). Penilain Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEF Yogyakarta.

Wahab, M. A. (2016). Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Islam Negeri. Arabiyât, 3(1), 32–51.

Khafidin, Z. (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Tes Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat SMA. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.775

Kadir, A. (2015). MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR. Jurnal Al-Ta’dib. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411

Ainin, M. (2016). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Suharti, S. (2017). Kualitas Tes Bahasa Arab dan Prestasi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul ( Analisis Butir Soal UAMBN. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 185–196.

Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmodern. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519

Rudin, A. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Bahasa Arab

Kelas VIII Di MTs Modern Al Azhary Ajibarang Tahun Pelajaran 2015-2016 (IAIN Purwokerto). Retrieved from http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2117/

Bahri, O. S. (2019). Analisis Isi Soal UAMBN Bahasa Arab Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 50–54.

Ainin, M. (2019). Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Lisan Arabi.

Machmudah, U., Khuzaimah, K., & Sholihah, M. (2019). The Characteristics Of Arabic Language Textbooks Of Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 179–193. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i1.4091

Muslim, A. B. (2017). Al-Ikhtibarat al-Lughawiyyah: Tasmimuha wa Anwa’uha. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(1). https://doi.org/10.24042/albayan.v8i1.359

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Mutholib, A. (2016). Analisis Butir Soal Bahasa Arab Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2012-2013. Arabia,5(2).

Al-Khuli, M. A. (2000). al-Ikhtibarat al-Lughawiyyahh. Amman: Dar al-Falah.

Published
01-02-2022
How to Cite
Azianto, A. (2022). Analisis Butir Soal Tes Uraian pada Mata Pelajaran SKI Kelas IX MTsS TI Candung Tahun Ajaran 2020/2021. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.113