Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Siswa di Sekolah Dasar

  • Susi Febriani Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Riris Nurkholidah Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Mind Mapping, Menyimak, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan metode mind mapping terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi di kelas IV Sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental yang melibatkan kelas kontrol dan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS Mardliatul Islamiyyah Medan dan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrument penelitian ini yang digunakan adalah tes berupa essay. Data yang terkumpul dianalisis menggunkan teknik statistic paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode mind mapping terhadap keterampilan menyimak siswa, dimana nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 48,13 dan nilai posttest adalah 82,29 nilainya meningkat sebesar 34,16%. Sementara itu nilai rata-rata pretest untuk kelas control adalah 49,57 dan nilai posttest nya adalah 63,26 nilainya meningkat sebesar 13,69%. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen memiliki rata-rata hasil keterampilan menyimak yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766

Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198

Azzahra, A., Ibrahim, H., Rohimah, N., Nasution, S. F., & Zakiyyah, Z. (2023). Mengembangkan Keterampilan Menyimak yang Kritis di Kelas Tinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 39–52.

Darmuki, A.-. (2020). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map Pada Mahasiswa Kelas Ia Pbsi Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687

Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku Dan Tidak Baku Dalam Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 121. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1136

Diah, R., & Nurdiana. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1033–1042.

Ekawati, N. M., & Kusumaningrum, D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2091

Haidir, N. D. (2022). Penggunaan Metode Ceramah dengan Menggunakan Media Proyector LCD dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs. Jurnal Mudarrisuna : Media Kajian Pendidikan Islam, 12(4), 783–802.

Hakim, M. M. A. (2023). Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(10), 2075–2084.

Jannah, B. P. dan L. miftahul. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2).

Kusumawati, T. I., Nurkholidah, R., & Syahfitri, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Rahmawati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.

Masriani, M., & Mayar, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3513–3519.

Metode, P., Mapping, M., Meningkatkan, U., Kritis, B., Dalam, S., Ips, P., Handari, A. T., & Supriatna, E. (2023). Jurnal perseda. VI(1), 33–39.

Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108–117.

Rambe, A. (2021). Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1), 51–62. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.47

Rambe, A. H., Fitrah, F., Fadli, M. K., & Mauliza, S. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Literasi Bahasa Indonesia di Sekolah MIN 4 Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1527–1532.

Rambe, R. N., Rahmadani, A., Utami, P., Masriana, M., Ritonga, Y., & Marcela, R. (2023). Efektivitas Metode Bisik Berantai dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak di Kelas 6 SD 010140. TSAQOFAH, 3(4), 577–584. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1238

Rina Pratiwi, & Zulfadewina. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1247–1255. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3069

Riris Nurkholidah Rambe, Pipi Andriani, Arfatussalamah Tanjung, Alliyah Putri, Siti Amsarina Pangaribuan, & Mutika Amini Hutajulu. (2023). Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Paired Storytelling dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Cendekiawan : Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(1), 170–175. https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v2i1.148

Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. JURNAL PENDIDIKAN, 31(2), 195. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637

Safran, S., Hutapea, P. R., Puspita, A. D., & ... (2024). Analisis Persiapan Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran. Bhinneka: Jurnal …, 2(1).

Situmorang, K. D., Sinaga, R., Marianus, S. M., & Tanjung, D. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sdn 173417 Pollung Dan Sdn 173420 Pollung. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1335. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9051

Suhada, S., Bahu, K. R., & Amali, L. N. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Abstrak. 2(2). https://doi.org/10.37905/jji.v2i2.7280

Widiyono. (2021). Mind Mapping Strategi Yang Menyenangkan. In Lima Aksara.

Yusnaldi, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menyimak Di Pgmi Uin Sumatera Utara. Nizhamiyah, VIII(2).

Published
09-08-2024
How to Cite
Susi Febriani Ritonga, & Riris Nurkholidah Rambe. (2024). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3343-3352. https://doi.org/10.58230/27454312.1122