Pengembangan Implementasi Kurikulum di Madrasah Merespons Pandemi COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kegiatan sosialisasi kurikulum yang diterima pihak madrasah selama satu tahun terakhir. Memetakan tantangan implementasi kurikulum madrasah selama masa pandemi merespons pemberlakuan kurikulum baru. Menganalisis efektivitas strategi yang dilakukan sejumlah madrasah dalam implementasi kurikulum baru di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan teori design dan asesmen kuriikulum Clayton R. Wright & Judith T. Johnso. Dasar pemilihan metode penelitian tersebut yakni fokus utamanya ada pada konsekuensi penelitian yang akan mengkaji secara mendalam terkait implementasi pengembangan kurikulum baru. Populasi pada penelitian ini adalah sekolah Madrasah Aliyah seluwu Raya dan Tana toraja Sulawesi selatan yang berjumlah 54 madrasah baik Negeri maupun Swasta. Pengambilan sampel dilakukan secara bertingkat dengan teknik metode Multi Stage Sampling. Temuan yang didapatkan dalam penelitian diantaranya untuk elemen purpose yakni; pertama, tujuan pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat atau sebaliknya. Kedua, tujuan program pembelaran dan dirancang dengan jelas yang akan terapkan di Madrasah. Elemen kedua content yaitu meliputi inti dan pokok materi diajarkan pada peserta didik misalnya pembelajaran pendidikan bahasa Arab. Elemen ketiga, memuat metode pembelajaran, pengalaman belajar peserta didik yang melibatkan strategi pengorganisasian seputar kegiatan pembelajaran. Elemen terakhir, evaluasi implementasi kurikulum yang digunakan sebagai langkah untuk memilih materi yang sesuai.
Metrics
References
Abuhammad, S. (2020). Barriers to Distance Learning during the COVID-19 Outbreak: A Qualitative Review from Parents’ Perspective. Heliyon, 6(11), e05482.
Aletheiani, D. R. (2021). Curricular Responsiveness to the Covid-19 Crisis: The Case of Indonesia. Prospects.
Arini, P. D., Matin, & Zulaikha, S. (2021). Curriculum Management During The Covid-19 Emergency. Journal of Education Research and Evaluation, 5(2), 31593.
Crawford, J. (2020). COVID-19: 20 Countries’ Higher Education Intra-Period Digital Pedagogy Responses. Journal of Applied Learning & Teaching, 3(1), 09-28.
Direktorat KSKK Madrasah. (2020). Kesiapan dan Kendala Madrasah dalam Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Wabah Virus Corona di Indonesia.
Gusty, S., et al. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Iswanto, A., Muzayanah, U., & Muawanah, S. (2020). Survei Online Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.
Kementerian Agama. (2020). SK Dirjen Pendis No. 2791 Tahun 2020 Tentang Kurikulum Darurat Pada Madrasah.
Primdahl, N. L., et al. (2021). ‘It’s Difficult to Help When I Am Not Sitting next to Them’: How COVID-19 School Closures Interrupted Teachers’ Care for Newly Arrived Migrant and Refugee Learners in Denmark. Vulnerable Children and Youth Studies, 16(1), 75-85.
Utomo, R. A. S., & Mahmudah, F. N. (2019). The Implementation of Distance Learning during the COVID-19 Pandemic. MADRASAH Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 13(2), 65-85.
Yasir, S., Hamidah, & Anggia, P. D. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP IT Ad-Durrah Medan. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 14-28
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.