Peningkatan Penguasaan Mufradat Siswa Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsN Palopo

  • Hasnidar MTs Negeri Palopo
Keywords: Pelajaran Bahasa Arab, Media kartu bergambar, Mufradat

Abstract

Penelitian ini membahas peningkatkan penguasaan mufradat siswa melalui media kartu bergambar pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTsN Palopo. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses dan tingkat penguasaan mufradat melalui media kartu bergambar pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTsN Palopo. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh selanjutnya dinalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yang dikuantifikasi untuk mentukan hasil nilai dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan penguasaan mufradat siswa melalui media kartu bergambar pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTsN Palopo.

Hasil tes keberhasilan siswa pada siklus pertama dan siklus kedua terdapat peningkatan secara klasikal dengan persentase ketuntasan peserta didik pada pra siklus (sebelum) dilaksanakan pembelajaran menggunakan media kartu kata bergambar sebesar 44%, pada siklus pertama pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu kata bergambar persentase ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 64% dan perlu adanya peningkatan. Pada siklus kedua pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu kata bergambar meningkatkan persentase ketuntasan peserta didik menjadi 88% yang berada pada klasifikasi sangat baik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andi Arif Pamessangi. “Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo”. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, Vo. 2 No. 1, 2019.

Arifuddin A. Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam. 2018 Dec 18;1(1).

Arifuddin, Arifuddin, and Abdul Rahim Karim. "Konsep Pendidikan Islam; Ragam Metode PAI dalam Meraih Prestasi." Didaktika: Jurnal Kependidikan 10.1 (2021)

Asmonah, Siti. "Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar." Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 1 (2019): 29-37.

Asmonah, Siti. "Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar." Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 1 (2019): 29-37.

Asna Andriani, “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arabdalam Pendidikan Islam”, Jurnal TA’ALLUM, Vol. 03, No. 01, 2015

Firman, F. "Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia." Jurnal Pendidikan Iqra 2, no. 1 (2014): 42.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011

Harimurti Kridalaksana, Kamus Linguistik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 1993

Hasriadi, Hasriadi. "Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam." IQRO: Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2020): 59-70.

Hisbullah, Hisbullah, and Firman Firman. "Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar." Cokroaminoto Journal of Primary Education 2, no. 2 (2019): 100-113.

Imam Taufik, Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Bekasi: Ganeca Exact, 2010

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011), h. 46

Nurdjan, Sukirman. "Cara Kreatif Menulis Karya Ilmiah." Makassar: Aksara Timur (2015).

Nuril Mufidah & Intan Izha Rohima. 2020. “Pengajaran Kosa Kata Untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab: Vocabulary Teaching For Arabic Intensive Class”. Uniqbu Journal of Social Sciences 1 (1):13-24. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i1.7.

Nuril Mufidah & Intan Izha Rohima. 2020. “Pengajaran Kosa Kata Untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab: Vocabulary Teaching For Arabic Intensive Class”. Uniqbu Journal of Social Sciences 1 (1):13-24. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i1.7.

Nurhamsih, N., Firman, F., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 37-50. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/66

Robert H. MacTruck and George A. Morgan, Mastery Motivation Conceptualizations and Application.New Jersey: Ablex Publishing Corporation, 1995.

Soenardi, Djiwandono,Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB, 1996.

Suhera, Suhera. "Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Iv Sdn 11 Dangerakko Kota Palopo." PhD diss., Universitas Cokroaminoto Palopo, 2020.

Sukirman, Sukirman, and Mirnawati Mirnawati. "Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo." Didaktika: Jurnal Kependidikan 9.4 (2020): 389-402.

Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46-61. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.462

Wahyuningsih, Sri. "Pengajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Melalui Media Permainan Pohon Pintar." AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya 2, no. 1 (2018): 18-32

Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas,(Jakarta: Prenada Media Group, 2009), h. 26

Published
01-08-2021
How to Cite
Hasnidar. (2021). Peningkatan Penguasaan Mufradat Siswa Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsN Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 197-206. https://doi.org/10.58230/27454312.105