Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Audio-Visual pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN Palopo

  • Berlian MTs Negeri Palopo
Keywords: Audio-visual, Mata Pelajaran Fikih, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran audio-visual pada mata pelajaran fikih di MTsN kota Palopo. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dengan memanfaatkan media audio-visual pada mata pelajaran fikih di kelas VII. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dari kegiatan observasi dinamis, selanjutnya dinalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yang dikuantifikasi untuk mentukan hasil nilai dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih dengan menggunakan media audio-visual. Peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari hasil indikator motivasi: (a) bertanya; pada siklus I sebanyak 19 atau 49% mengalami peningkatan sebanyak 26 atau 68%, (b) menjawab; pada siklus I sebanyak 20 atau 52% mengalami peningkatan sebanyak 29 atau 76% pada siklus II, (c) memperhatikan pelajaran; pada siklus I sebanyak 27 atau 71% mengalami peningkatan sebanyak 32 atau 84%, (d) berpartisipasi; pada siklus I sebanyak 22 atau 57% mengalami peningkatan sebanyak 30 atau 78% siswa. Setelah menggunakan media audio-visual mengalami pengingkatan motivasi secara klasikal dari 57% pada siklus I menjadi 76% pada siklus II yaitu dengan peningkatan 19%.

Metrics

Metrics Loading ...

References

A. Syafi’i Karim, Fikih Ushul Fikih, (Bandung : Pustaka Setia, 2000)

Andi Arif Pamessangi. “Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo”. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, Vo. 2 No. 1, 2019.

Arifuddin A. Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam. 2018 Dec 18;1(1).

Arifuddin, Arifuddin, and Abdul Rahim Karim. "Konsep Pendidikan Islam; Ragam Metode PAI dalam Meraih Prestasi." Didaktika: Jurnal Kependidikan 10.1 (2021)

Ayu Fitria, “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini,” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2018) https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.

Bulu, Bulu, Nuryani Nuryani, and Abdul Rahim Karim. "The Peaceful Teaching Method of Datok Sulaiman in Spreading Islam in Tana Luwu, Indonesia." Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 1 (2020): 75-96.

Djamarah and Azwar Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Eka Diana and Moh Rofiki, “Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal” 3 (2020)

Firman, F. "Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia." Jurnal Pendidikan Iqra 2, no. 1 (2014): 42

Haris Budiman, “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume, 8 No. I, 2017

Hasriadi, Hasriadi. "Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam." IQRO: Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2020): 59-70.

Hisbullah, Hisbullah, and Firman Firman. "Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar." Cokroaminoto Journal of Primary Education 2, no. 2 (2019): 100-113.

Nurdjan, Sukirman. "Cara Kreatif Menulis Karya Ilmiah." Makassar: Aksara Timur (2015).

Zahir, Abdul, and H. Haspita. "Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Pramuka Berbasis Android." PROSIDING SEMANTIK 2, no. 1 (2019): 66-72.

Joni Purnomo, “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri,” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2, no. 2 (2014)

Karim, Abdul Rahim. "Reafirmasi Pendidikan Agama Islam Melalui Sistem Boarding School di Sekolah Umum." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 1 (2020): 38-49.

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011), h. 46

Mardhatillah Wirda Ningsih, “Penerapan Media Audio-Visual Terhadap Keaktifan Pada Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh Kecamatan Kaway XVI,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2016): 1–14.

Moh Rofiki, “Urgensi Supervisi Akademik Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Industri 4.0,” Indonesian Journal Pf Basic Education 2, no. 3 (2019): 502–14.

Muhamad Afandi, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani, Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT), vol. 392, 2013, https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4.

Muhamad Ngafifi, “Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya”, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Volume 2, Nomor 1, 2014, h. 32

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Cet. XIII; Bandung: 2007) h. 181

Nurhamsih, N., Firman, F., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 37-50. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/66

Oemar Hamalik, Media Pendidikan, (Bandung : Citra Aditya, 1989), h. 12

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001), h. 44-53

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002), h. 173

Sakinah, “Kelebihan Dan Kekurangan Media Visual, Audio, AudioVisual, Realia, Multimedia,” 2013, http://sakinahunpak.blogspot.com/2013/07/a_9.html

Sukirman, Sukirman, and Mirnawati Mirnawati. "Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo." Didaktika: Jurnal Kependidikan 9.4 (2020): 389-402.

Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46-61. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.462

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h. 205

Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Prenada Media Group, 2009), h. 49

Zurnial Dan Aminuddin, Fikih Ibadah, (Jakarta: Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Syrif Hidayatullah, 2008), h. 5

Published
01-08-2021
How to Cite
Berlian. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Audio-Visual pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 187-196. https://doi.org/10.58230/27454312.104