Pengaruh Layanan Konsultasi terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI MAN Karo

  • Annisa Misyazara Naryani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Harwansyah Putra Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Layanan Konsultasi, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konsultasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MAN Karo. Penelitian ini menggunakan desain one-group pre-test post-test design, dengan bantuan T-Test sebagai alat analisis statistik dan skala motivasi yang telah disetujui untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini, motivasi belajar siswa diukur sebelum dan sesudah diberikan layanan konsultasi. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah mengikuti posttest dibandingkan dengan hasil pretest. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa layanan konsultasi berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada siswa kelas XI IPS 3 MAN Karo. Temuan ini menunjukkan bahwa layanan konsultasi mempengaruhi motivasi belajar secara positif dan memainkan peran signifikan dalam mendorong siswa untuk lebih bersemangat dalam belajar. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa intervensi berupa layanan konsultasi efektif dalam memotivasi siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dimayati, & Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Dina Risma. (2022). Implementasi Layanan Konsultasi Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/489/284. Al-Isyrof Jurnal Bimbingan Konseling Islam

Emda Amna. (2019). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Erlis, Basri, B., & Aini, Z. (2023). PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Psiko-Konseling, 1(2), 17–24.

Firdaus, C., Mauludyana, B., & Purwanti, K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 43–52. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Gunawan, I., & Safitri, E. (2020). PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP GARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI SATU MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI SATU ATAP 19 MERANGIN. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(1), 1–7.

Kasanah, M. D., Rohmad, Z., & Nurhadi. (2020). HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANYAR. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 6(2), 8–10. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes

Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Marsabila, N., Lonika, T., & Baluari, A. (2022). Motivasi Belajar Siswa Jenis Dan Cara Meningkatkanya. Journal JBES: Journal Of Biology Education And Sciencee-, 2(2), 137. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Sinaga, M. H. P. (2022). Perngembangan Model Layanan Konsultasi Berbasis Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa Sma Di Kota Semarang. http://repository.uinsu.ac.id/15555/, 28.

Susanto, E. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Metode Pembelajaran Guru Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Semester I MA Nurul Mutaqin Penumangan Baru Tahun Pembelajaran 2011-2012. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2227

Syahropi, H. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Tipe Permainan Panah Soal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kepenuhan. Jurnal Edu Research, 9(2), 10–13. https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.702

Uno, H. B. (2019). TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Bumi Aksara.

Published
14-08-2024
How to Cite
Annisa Misyazara Naryani, & M. Harwansyah Putra Sinaga. (2024). Pengaruh Layanan Konsultasi terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI MAN Karo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3601-3612. https://doi.org/10.58230/27454312.1021