Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Google Sites pada Materi IPAS Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita untuk Peserta Didik Kelas 4 SD YP Nasional Surabaya

  • Leony Eka Pratiwi Pratiwi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Retno Danu Rusmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • H. Rufi'i Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Google Sites, Materi Ipas, Peserta Didik Kelas 4 SD YP Nasional Surabaya

Abstract

Penelitian ini meneliti dan mengembangkan bahan ajar berbasis Google Sites dengan materi IPAS untuk siswa kelas 4 SD menggunakan langkah-langkah dari Borg & Gall (1983). Sebelum dilakukan uji coba produk, validasi dilakukan oleh ahli media dan materi. Hasil validasi menunjukkan bahwa setelah revisi, ahli media menilai aspek kelayakan kegrafikan dan kelayakan bahasa dengan kategori layak dan sangat layak, sedangkan ahli materi menilai aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, dan aspek penilaian kontekstual semuanya dengan kategori layak. Setelah validasi, guru menilai efektivitas bahan ajar ini dan memberikan kategori sangat layak. Uji coba terhadap siswa dilakukan secara perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar, dengan hasil kategori layak untuk uji coba perorangan, dan kategori sangat layak untuk uji coba kelompok kecil dan besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Google Sites dengan materi IPAS sangat layak digunakan untuk siswa kelas 4 SD.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmadi, A., Uhbiyati, N. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Alhamuddin, A. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, Vol. 1 (2), 48-58.

Aliffuddin, M. N., Taufik, A., Adiastuty, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Internet Interaktif Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Program Linear Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 205–206.

Anik, Ghufron. 2007. Panduan Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan. dan Pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Arifin, Z. 2013. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Assidiqi & Sumarni. (2020). Analisis Bahan Ajar melalui Media website di kalangan SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 2.

Borg, Walter., Gall, Meredith. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Branch, R. M. 2009. Instructional design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Creswell, J. W., Creswell, J. David. 2018. Research Design Qualitative, Quantitative, and Methods Approaches: 5 Edition. United Stated of America: SAGE.

Fakih, Khusni, M., Munadi, M., Matin, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 12 (1), 60–71.

Geralch., Ely. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Google Sites untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Undiksha, Vol. 2 Hal 12.

Hadidi dan Setiawan. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Metode Digital di kalangan Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi, Vol. 3 (1).

Hamdani, H. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Herlinawati, Hani. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Google Sites. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 1 Hal 41.

Hmelo-silver, C. E. (2018). Twelve Tips for Fostering Students’ Lifelong Learning Skills. Medical Teacher, Vol. 40 (6), 546-551.

Irfandi, Muhammad. 2015. Pengembangan Pembelajaran. Medan: Universitas Negeri Medan.

Japrizal, J., Irfan, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Covid-19 di SMK Negeri 6 Bungo. Jurnal Vokasi Informatika, 100-107.

Juwantara, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, Vol. 11.

Krisnayudha, M. R., Adiarta, A., Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay dalam Materi Menerapkan Elektronika Dasar pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, Vol. 8 (1), 23-30.

Kristianto dan Rahayu. (2020). Pengembangan Media Website Berbasis Google Sites pada Materi Statistika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4 (4).

Kukuh, Kusumah. (2020). Pengembangan metode pembelajaran Melalui digital. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Kurniawati, Wati., Karsana, Deni. (2020). Aspek Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia oleh Siswa Sekolah Dasar di Kota Medan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, Vol. 9 (2).

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Majid, A. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryadi, Naomi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital. Jurnal Ilmiah, Vol. 4.

Nasrah dkk. 2021. Pembelajaran IPA untuk PGSD/PGMI. 1st edn. Yogyakarta: Nuta Media.

Nazarudin, M. 2007. Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah umum. Yogyakarta: Teras.

Ni'matuzahroh, Prasetyaningrum, S. 2018. Observast: Teori dan aplikasi dalam psikologi (1st ed.). Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.

Nurfadilah, N.S. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Google Sites dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa pada Pembelajaran Materi Penyajian Data. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol. 6 (5).

Panggabean, S., Nasution, E., Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru SMP dan SMA Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2 (2), 238-247.

Piaget, J. 2013. The Construction of Reality in the Child. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315009650

Prasetyo, H. 2014. Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Akademi Pariwisata Yogyakarta: Jurnal Media Wisata.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Putra, N. 2012. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu

Putri, L. A., Panggabean, S. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], Vol. 1 (1), 41-45.

Rahmatilah, Siti Alfiyana. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites pada Pembelajaran SBDP Kelas IV di Sd 1 Dasan Geres. Academy of Education Journal, Vol. 14 (2).

Rayanto, Y. H., Sugiarti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek (1st ed.). Lembaga Academic & Research Institute.

Rizal, Arsyad. (2021). Pengembangan Alat Pembelajaran Berbasis Digital pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal STIKIP Persada Khatulistiwa, Vol. 2 hal 13.

Rivai, Ahmad. (2019). Pendidikan Berbasis Media dengan Aplikasi Google Sites di Jawa Timur. Jurnal Manajemen, Vol. 1 hal 60.

Rustaman, N., dkk. 2015. Materi dan Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Saputra, M. E. Y., Effendi, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI Titl di SMKN 2 Payakumbuh. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, Vol. 3 (4), 252-257.

Setiawan, H., Nurkancana, W. (2019). Developing Local Curriculum Based on Character Education: A Study of Local Content in Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1387 (1).

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, P. R. 2019. Konsep Dasar IPA. 1st edn. Bandung: Yiesa Media Karya.

Suryanto. 2022. Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar. Jawa Timut: CV. AE Media Grafika.

Suryadi. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Google Sites pada Materi Segitiga dan Segiempat. International Journal of Graduate of Islamic Education, Vol. 2.

Susanti, D., Apriani, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Tema Cita-Citaku Menggunakan Media Audio Visual pada Kelas IV MIN 1 Kota Padang. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, Vol. 3 (2).

Susanti, E. 2018. Konsep Dasar IPS. Medan: Widya Puspita.

Thiagarajan, S. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A sourcebook.

Woolfolk, A. 2016. Educational Psychology (13th ed.). Pearson.

Published
17-08-2024
How to Cite
Pratiwi, L. E. P., Retno Danu Rusmawati, & H. Rufi’i. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Google Sites pada Materi IPAS Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita untuk Peserta Didik Kelas 4 SD YP Nasional Surabaya. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3639-3656. https://doi.org/10.58230/27454312.1010